Unduh Aplikasi QuBisa
Segmentasi Pasar dalam Penerapan Strategi Marketing
Artikel
Strategy

Segmentasi Pasar dalam Penerapan Strategi Marketing

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Segmentasi dalam strategi marketing merupakan suatu cara yang digunakan perusahaan untuk membagi konsumen dalam beberapa kategori tertentu sesuai target market yang hendak dijangkau perusahaan. Tujuan segmentasi pasar adalah mengelompokkan calon pelanggan berdasarkan kebutuhan, karakteristik, dan perilaku pelanggan. Pembagian ini membuat proses pemasaran menjadi lebih terarah dan mempermudah evaluasi yang akan dilakukan nantinya.

Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Melakukan Segmentasi Pelanggan

Aspek Demografi

Pengelompokkan segmentasi marketing harus memperhatikan aspek demografi. Pada aspek ini ada umur, pendapatan, pendidikan, ras, dan jenis kelamin. Pengelompokkan pelanggan berdasarkan aspek demografi biasanya terbagi pula menjadi beberapa kategori prioritas. Contoh, pelanggan yang masuk dalam kategori generasi milenial dengan pola perilaku tertentu dan tinggal di kota atau daerah tertentu.

Aspek Psikografis

Pengelompokkan pelanggan berdasarkan aspek psikografis adalah pengelompokkan yang membagi target market berdasarkan kelas sosial. Contohnya, produk bisnis Anda adalah fashion, maka Anda perlu menyasar target pasar dari kalangan dengan kepribadian dan gaya hidup tertentu sesuai dengan produk yang hendak Anda tawarkan. Dari pengelompokkan ini nantinya Anda bisa memprediksi seberapa besar tingkat konsumtif calon konsumen yang mau Anda jangkau.

Aspek Perilaku

Aspek berikutnya ialah aspek perilaku yang memungkinkan Anda membagi calon pelanggan berdasarkan perilaku mereka dalam berbelanja dan menggunakan uang yang mereka miliki. Pada aspek ini, Anda juga perlu mencari tahu mengenai perasaan mereka saat berbelanja serta loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk, jasa, atau layanan dari bisnis Anda.

 aspek penting dalam segmentasi salah satunya memahami perilaku pelanggan

Tujuan Segmentasi Pasar

Meningkatkan Pelayanan 

Konsumen akan memperhatikan empat hal saat akan membeli sesuatu, yaitu kualitas, harga,  pelayanan, dan ketepatan waktu. Tujuan segmentasi pasar untuk membantu meningkatkan pelayanan agar terus menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi pelanggan loyal.

Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Di dalam pemasaran, proses jual beli akan menjadi lebih terarah dengan menerapkan segmentasi pasar terlebih dahulu. Anda selaku pemilik usaha akan menjadi lebih mudah dalam menentukan harga, cara melakukan promosi, bahkan cara mendistribusikan produk sehingga pelanggan mudah mendapatkan produk Anda. Dengan cara ini, Anda bisa sekaligus melakukan penghematan dalam hal penggunaan dana operasional perusahaan. Dampak baik berikutnya, perusahaan tentu saja meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Membantu Perencanaan Bisnis dan Evaluasi Target

Tujuan market research dalam segmentasi pasar sebenarnya untuk membantu Anda membuat perencanaan pemasaran yang lebih tepat sasaran, merencanakan pengembangan bisnis, bahkan untuk melakukan evaluasi demi melihat strategi mana yang bisa dijalankan dengan efektif dan strategi pemasaran mana yang ternyata tidak memberi hasil yang baik sehingga perlu diperbaiki.

Mengenali Saingan

Segmentasi pasar juga bertujuan untuk membantu pebisnis mengenali pesaing. Anda jadi bisa melihat celah kelebihan dan kekurangan dari kompetitor, kemudian melakukan evaluasi dan adaptasi sehingga menghasilkan strategi baru yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Tujuan akhir yang akan Anda dapatkan dari mengenali kompetitor, Anda bisa menarik perhatian calon pelanggan dengan cara yang lebih baik, dan Anda pun bisa meningkatkan penjualan produk Anda.

segmentasi dalam strategi marketing dengan mengenali pesaing

Ciri-Ciri Segmentasi Pasar yang Efektif

  • Terukur, artinya bisa diukur dan terbukti dari hasil penelitian data yang akurat. Survei dilakukan bertahap dari segmentasi pasar yang telah dibagi ke dalam beberapa kategori. Lakukan dengan jangka waktu tertentu, misalnya dalam waktu 3 bulan.
  • Terjangkau, artinya efektif dapat membantu menghilangkan pembatas antara produsen dan konsumen. Segmentasi yang Anda lakukan harus mampu memberikan ruang kepada konsumen untuk memberikan feedback, mengingat umpan balik dari pelanggan ini bisa mempengaruhi kemajuan bisnis kedepannya.
  • Berpengaruh, memiliki pemahaman bahwa proses segmentasi pasar memiliki pengaruh terhadap keuntungan bisnis dan perubahan proses yang dijalankan. Itulah sebabnya, Anda perlu melakukan analisis data secara detail sampai didapatkan bagaimana cara memperoleh keuntungan.
  • Realistis, artinya efektif untuk membantu merealisasikan atau mewujudkan rencana bisnis. Caranya, Anda perlu mengumpulkan sebanyak mungkin data yang akurat dengan berbagai variabel sesuai kebutuhan perusahaan.

Tujuan segmentasi pasar yang paling utama adalah mengelompokkan calon pelanggan berdasarkan kriteria tertentu sehingga Anda bisa berfokus hanya pada pelanggan yang potensial saja dalam memberi keuntungan bagi perusahaan Anda. Cara ini dianggap bisa meningkatkan efektivitas strategi marketing yang Anda lakukan, membuat promosi dan kegiatan pemasaran lebih terarah, menghemat biaya operasional marketing, dan akhirnya mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua