Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat Mengikuti Program Magang bagi Mahasiswa
Artikel
Career Development

Manfaat Mengikuti Program Magang bagi Mahasiswa

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu14 Feb 235 menit membaca

Bagi mahasiswa, keuntungan magang adalah kesempatan untuk merasakan langsung dunia kerja profesional. Pengalaman magang akan menjadi nilai tambah ketika Anda melamar pekerjaan dan harus bersaing dengan banyak pencari kerja lainnya. Perusahaan akan lebih melirik Anda ketimbang kandidat lain yang tidak punya pengalaman magang. Ini karena Anda dinilai lebih siap memasuki dunia kerja.

Namun sebenarnya seberapa penting sih program magang bagi mahasiswa? Lalu biasanya pada semester berapa mahasiswa menjalankan magang? Berikut penjelasan lengkapnya, serta manfaat apa saja yang didapat mahasiswa dengan mengikuti program magang.

Apakah Magang itu Penting untuk Mahasiswa?

Mengikuti program magang adalah penting bagi mahasiswa. Selain sebagai syarat kelulusan, magang juga menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan yang Anda dapat di bangku kuliah. Apalagi, selama kuliah Anda hanya mendapat asupan teori. Padahal kenyataannya, di dunia kerja, tidak hanya teori kuliah yang dibutuhkan, melainkan juga keterampilan, keahlian, dan kemampuan beradaptasi. Nah ini semua bisa Anda dapat dengan mengikuti program magang.

Magang untuk Mahasiswa Semester Berapa?

Sebenarnya setiap perguruan tinggi atau universitas punya kebijakan masing-masing tentang kapan pelaksanaan magang. Namun umumnya, magang dilaksanakan pada semester-semester akhir misalnya semester 5 atau 6. Selain itu, magang sifatnya wajib sebagai salah satu syarat kelulusan. Namun, di luar memenuhi syarat kelulusan, Anda sebenarnya juga bisa mencoba magang untuk mengisi waktu liburan semester misalnya.

Program magang bagi mahasiswa

7 Manfaat Mengikuti Program Magang bagi Mahasiswa

Sebaiknya jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan magang. Pertama, karena mencari tempat magang tidaklah mudah. Kedua, Anda akan mendapat banyak manfaat dari magang. Adapun keuntungan atau manfaat mengikuti program magang adalah sebagai berikut:

1. Kesempatan untuk Menerapkan Ilmu Selama Kuliah

Selama kuliah, ilmu yang Anda dapat sebagian besar adalah teori. Lewat magang Anda berkesempatan menerapkan ilmu yang Anda dapat di dunia kerja profesional. Dengan begitu Anda bisa memadukan konsep keilmuan dengan praktik langsung di dunia kerja.

2. Menambah Relasi dan Membangun Koneksi di Dunia Kerja

Selanjutnya, manfaat magang adalah memberi Anda kesempatan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Ini merupakan kesempatan bagus untuk menambah dan membangun relasi di bidang industri yang akan Anda geluti kelak. Sehingga ketika lulus kuliah, Anda punya banyak koneksi yang mungkin bisa membantu Anda memasuki dunia profesional.

3. Belajar Bersosialisasi secara Profesional

Semasa kuliah Anda mungkin hanya berinteraksi dengan kawan yang seusia. Nah, memasuki dunia kerja, Anda akan bertemu banyak orang lintas usia, jabatan, dan profesi. Tentu cara bersosialisasinya akan berbeda. Dengan magang, Anda akan belajar bagaimana bersosialisasi di dunia kerja profesional.

4. Menambah Pengalaman dan Mengenal Dunia Kerja

Dunia kerja tentu sangat berbeda dengan dunia kampus. Mulai dari budaya, sistem, kewajiban, dan tanggung jawabnya jelas berbeda. Oleh karena itu keuntungan mengikuti program magang selain menambah pengalaman juga membantu Anda mengenal dunia kerja, sehingga Anda tidak terkaget-kaget ketika memasuki dunia kerja sesungguhnya.

5. Melatih Kemampuan Problem Solving

Keuntungan mengikuti program magang lainnya adalah dapat melatih kemampuan Anda memecahkan masalah atau problem solving. Mengingat persoalan yang Anda hadapi di dunia kerja akan lebih rumit dibanding masa kuliah. Anda bisa belajar memecahkan masalah dengan bimbingan senior atau mentor di kantor.

6. Belajar Manajemen Waktu

Setiap perusahaan memiliki peraturan sendiri terkait tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan atau proyek. Selain itu, perusahaan juga menerapkan aturan jam kerja yang wajib Anda patuhi. Mulai dari jam masuk dan pulang kantor, waktu istirahat, dan sebagainya. Nah, dengan magang Anda jadi belajar manajemen waktu agar pekerjaan juga bisa rampung sesuai tenggat yang ditentukan.

7. Membuka Kesempatan untuk Langsung Kerja Setelah Lulus

Sering terjadi, perusahaan meminta anak magangnya menjadi karyawan setelah lulus kuliah. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan magang. Tunjukkan performa, sikap, dan kontribusi terbaikmu selama magang.

Terpenting, manfaat magang adalah kesempatan Anda mengenal dunia kerja, memperkaya wawasan, keterampilan, sekaligus membangun jejaring profesional. Oleh karena itu, ikutilah program magang dengan sungguh-sungguh, supaya peluang Anda direkrut sebagai karyawan setelah lulus semakin besar. Selain itu QuBisa juga punya tips lain agar Anda bisa otomatis direkrut oleh perusahaan multinasional, penasaran? Simak webinar berjudul: Bagaimana Cara Agar Langsung Direkrut oleh Perusahaan Multinasional.

 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua