Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menulis Press Release yang Menarik
Artikel
Strategy

Cara Menulis Press Release yang Menarik

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Salah satu metode branding terbaik adalah menggunakan press release yang menarik. Yang mana dibuat, serta disusun oleh tim public relation atau PR di suatu lembaga, industri, maupun organisasi. Tujuannya untuk memberikan informasi formal kepada masyarakat melalui media massa, baik secara online atau offline.

Manfaat Siaran Pers

press release yang menarik

Press release atau siaran pers, dikenal juga dengan press rilis bisa disampaikan melalui koran, televisi, radio, ataupun situs web. Siaran pers dibuat guna mendapatkan publisitas, promosi, atau branding. Seperti misalnya, ketika ada perusahaan yang akan menyelenggarakan event, kebijakan, klarifikasi, promosi atau lainnya, dan dirasa perlu disampaikan kepada masyarakat, maka sebaiknya dilakukan press release.

Dari press rilis yang disampaikan, selain bisa membuat perusahaan, atau produknya jadi lebih dikenal, secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan atau trust, bahkan menambah customer baru. Mengapa begitu? Karena media massa memiliki traffic besar, tentunya bisa membawa brand awareness untuk perusahaan, produk atau, bisnis yang diperkenalkan.

Cara Menulis Press Release

Judul (Head)

Pada judul press rilis, maka harus mewakili isi di dalam artikel, atau berita yang akan disampaikan. Di dalamnya juga bisa ditambahkan nama lembaga, atau perusahaan yang akan mengeluarkannya. Bentuknya sendiri bisa berupa logo, atau nama perusahaan.

Teras Berita (Lead)

Sementara pada bagian teras berita, cara menulis siaran pers yang benar, mengedepankan subjek dengan menanggapi persoalan. Kemudian siapa yang akan melakukan apa, di mana tempatnya, kapan hal tersebut terjadi, mengapa, dan bagaimana. Pada bagian ini bisa disampaikan dalam bentuk uraian faktor ‘why’, dan ‘how’-nya. 

Isi (Body)

Di bagian isi, gunakan metode penataan piramida terbaik, sehingga bagian yang dikira sangat penting ditaruh di bagian atas. Baru kemudian dilanjutkan dengan bagian universal, serta informasi yang kurang berarti di bagian bawah. 

Tips Mendapatkan atau Membuat Press Rilis yang Baik

menulis press release yang menarik

Berikut ini agar bisa mendapatkan press release yang baik, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Cantumkan pernyataan “For Immediate Release”, atau “Untuk Ditayangkan Segera”, pada press rilis yang akan ditayangkan, atau disebar di media massa. Dengan mencantumkan kalimat tersebut, setidaknya siaran pers yang Anda buat bisa segera ditayangkan.
  • Jangan lupa mencantumkan kontak yang bisa dihubungi dalam setiap press rilis yang dibuat. Berikan kontak informasi yang detail, sehingga siapa pun yang mengetahui press release tersebut jadi tahu bagaimana cara menghubungi Anda. 
  • Pastikan judul dibuat dengan sangat menarik, dan singkat. Dengan begini siaran pers Anda dapat terlihat lebih menonjol, dan bisa menjadi daya tarik.
  • Selain berisi abstrak, sebaiknya sertakan juga data statistik. Namun, data yang dicantumkan harus dapat diverifikasi kebenarannya. Oleh sebab itu, harus berasal dari sumber yang bisa dipercaya.
  • Tips menulis press rilis berikutnya adalah, membuat artikel yang panjangnya cukup atau sedang, disertai dengan prinsip penulisan yang baik. Ada baiknya menghindari penggunaan istilah asing, dan fokuslah pada pembuatan paragraf berisikan informasi paling utama.
  • Tulislah press release yang mudah dimengerti, dan informatif. Beritahukan perihal siapa, apa, kapan, di mana, serta mengapa. Namun jangan lupa juga untuk menawarkan fakta, dan selalu menggunakan rumus cara menulis press rilis yang telah disebutkan di atas. 

Itu dia cara menulis press release yang menarik. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan. Namun, lambat laun Anda akan terbiasa membuat format tulisan khusus untuk siaran pers ini. Setidaknya dari press rilis yang baik, maka akan segera mendatangkan keuntungan bagi Anda, perusahaan, atau produk yang ditawarkan.

Selain press release, dalam meningkatkan bisnis Anda agar lebih menonjol dibandingkan kompetitor, jangan lupa untuk mencoba kursus online Strategi Digital Marketing untuk Memaksimalkan Penjualan yang ada di QuBisa. Harga kursusnya hanya Rp. 149.000 saja.

Di QuBisa, Anda juga dapat mengikuti kursus online gratis, dan webinar online untuk mengembangkan keterampilan digital milenial, dan keterampilan sukses milenial, bahkan personal branding yang dibutuhkan pada era industri 4.0, dan society 5.0.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua