Unduh Aplikasi QuBisa
Kenali Potensi Diri untuk Pengembangan Karir
Artikel
Personal Development

Kenali Potensi Diri untuk Pengembangan Karir

Monica Anggen24 Jan 234 menit membaca

Pengembangan karir selalu selaras dengan pengelolaan potensi diri. Potensi diri manusia sangat luas. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengenal dirinya dengan baik. Potensi diri adalah hal-hal besar yang terpendam di dalam diri dan belum digunakan, bahkan tak jarang malah tidak disadari bahwa kekuatan itu ada. Jika Anda ingin sukses dalam berkarir, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah kenali potensi diri untuk pengembangan karir Anda. 

Peter Guber, CEO Mandalay Entertainment Group, mengatakan bahwa kesuksesan karir seseorang, apa pun profesi dan bidang yang dijalani, bergantung pada kemampuannya untuk memimpin, mengelola, dan membangun hubungan baik dengan kolega. 

Pengalaman Peter Guber selama memimpin perusahaan yang bergerak di industri hiburan di Amerika, mengajarkan kepadanya bahwa ada banyak potensi yang harus digali dan diasah dalam diri untuk mencapai puncak keberhasilan karir sesuai versi Anda. 

Cara Mengenali Potensi Diri untuk Pengembangan Karir

Sejalan dengan pendapat Peter Guber, sebenarnya telah jelas. Jika ingin mengenali potensi diri, Anda harus terlebih dahulu mengenal diri Anda dengan baik. Memang, prosesnya tidak sebentar. Bisa jadi, Anda butuh upaya seumur hidup untuk memahami siapa diri Anda sebenarnya. Namun, ketika Anda berhasil mengenal diri sendiri, saat itulah Anda akan tahu potensi diri dan kekuatan seperti apa yang Anda miliki, tapi belum diaktualisasikan. 

Lantas, bagaimana caranya mengenali potensi diri untuk meningkatkan personality, yang juga dapat membantu dalam pengembangan karir menjadi lebih cemerlang? Qubisa platform belajar online Indonesia, kali ini akan mengajak Anda secara bersama-sama untuk mengenali diri Anda. 

Caranya, dengan menjawab beberapa pertanyaan pada artikel kali ini. Jika bisa menjawab dengan benar, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi potensi diri yang bisa dikembangkan.

Seberapa Besar Anda Mengenali Diri Anda?

Ini pertanyaan yang paling krusial. Sejauh mana, Anda memahami diri sendiri. Memahami di sini berhubungan dengan seberapa tahu Anda terhadap hal yang diinginkan dalam hidup. Kemudian, apa tujuan Anda dalam karir? Apa yang sudah dilakukan untuk pengembangan dan merencanakan karir? Bagaimana cara Anda mengelola stres? Apakah kehidupan pribadi Anda sudah seimbang dengan karir? 

Jika Anda belum memiliki jawaban untuk semua pertanyaan di atas, Anda tidak perlu khawatir. Mulailah mengenali potensi diri yang ada dalam diri Anda mulai saat ini. Dalam hidup ini, tidak ada yang namanya terlambat untuk mengenal diri sendiri. 

Anda bisa berlatih setiap hari dengan bertanya kepada diri Anda mengenai pertanyaan yang belum pernah Anda tanyakan sebelumnya. Terkadang, orang lain justru lebih mengenal diri Anda daripada diri Anda sendiri. Hanya saja, Anda harus paham, Anda memiliki peran penting dalam menggali potensi diri yang ada.

gali potensi diri untuk meningkatkan karir

Apa Pencapaian Tertinggi yang Ingin Anda Raih?

Dalam hal pengembangan karir, Anda harus punya top priority goals atau target prioritas yang ingin diraih setiap tahunnya. Tentukan pencapaian Anda mulai dari yang rendah hingga ke pencapaian tertinggi. Pencapaian tertinggi bisa dikatakan ukuran sukses untuk Anda.

Target sukses ini tentunya harus sebanding dengan potensi yang Anda miliki. Semakin tinggi tingkat kesuksesan, semakin banyak potensi diri yang harus digali, termasuk kemampuan intrapersonal dan interpersonal

Mulailah menentukan pencapaian karir Anda beserta target waktunya. Misalnya, jika posisi Anda saat ini adalah seorang supervisor, maka Anda bisa menargetkan 2 tahun lagi akan menjadi manager, dan seterusnya. Buatlah tenggat waktu untuk diri Anda sendiri dan langkah-langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya. 

Pada tahap ini, alangkah baiknya pula jika Anda memahami top priority goals dan top priority initiatives itu apa. Kemudian, cari tahu tantangan yang membuat Anda sulit mencapai tujuan dan siapkan pula solusinya. Memang kadang, tujuan baru bisa tercapai setelah Anda mampu mengatasi masalah. Selanjutnya, buatlah rencana dan temukan cara efektif agar tujuan Anda dapat tercapai.

pengembangan diri dengan optimalkan potensi diri

Apa Kekuatan dan Kelemahan Anda?

Pada tahap ini, Anda perlu mengenal elemen penting dalam evaluasi diri. Melakukan evaluasi diri juga penting karena dari sini Anda bisa mengenali kekuatan dan kelemahan Anda. Kekuatan terbesar dalam diri Anda akan menjadi senjata utama dalam menggali potensi diri untuk pengembangan karir. Kekuatan inilah yang nantinya bisa digunakan untuk menaklukkan kelemahan-kelemahan Anda.

Tidak hanya kekuatan, Anda juga harus menyadari kelemahan diri agar dapat mengatasinya dengan baik. Ada salah satu artikel yang dilansir dari portal Chron. Di dalam artikel tersebut diulas mengenai konsep diri positif dan negatif ternyata dapat mempengaruhi keputusan karir Anda. Sebab, kelemahan ini bisa saja membuat diri Anda beranggapan bahwa potensi diri yang dimiliki terbatas.

Apa Strategi yang Akan Digunakan untuk Mengatasi Kekurangan Anda?

Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dalam diri Anda, saatnya Anda menentukan langkah berikutnya. Langkah yang diambil tentu saja harus dapat mengatasi kelemahan yang ada, sekaligus dapat meningkatkan kekuatan. 

Misalnya, kekurangan atau kelemahan Anda adalah kurang mampu dalam hal negosiasi. Untuk meningkatkannya, Anda perlu mempelajari semua hal terkait negosiasi, bisa dengan membaca buku, mengikuti pelatihan personal development, ikut kursus online, baik kursus online gratis maupun kursus online berbayar, dan sebagainya. 

Bahkan saat ini, telah tersedia banyak webinar Indonesia yang diselenggarakan dengan tujuan peningkatan kemampuan dan sumber daya manusia. Sambil belajar, terus pula berlatih. Anda juga bisa menerapkan hasil belajar Anda secara langsung saat melakukan negosiasi dengan klien.

Di saat yang sama, pelajari pula strategi bekerja lebih sedikit dan hasilnya lebih banyak. Misalnya dengan melakukan delegasi tugas. Selain itu, Anda juga harus tahu cara menggunakan kekuatan Anda dengan bijak. Misalnya, Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi, Anda bisa mencoba mengambil tanggung jawab baru yang lebih menantang, seperti menjadi pemimpin yang membangun tim.

belajar hal baru untuk menggali potensi diri

Apakah Usaha yang Anda Lakukan untuk Meningkatkan Karir?

Anda harus punya timetable untuk pengembangan karir. Ini adalah tips karir yang harus Anda lakukan supaya Anda memiliki pandangan yang jelas tentang jenjang karir yang diinginkan. Jika sudah mempunyai timetable, Anda bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu menentukan usaha apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Faktanya, potensi diri manusia selalu sejalan dengan pengembangan karir. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menggali potensi diri. Anda bisa mulai mengikuti seminar, workshop, webinar, belajar tentang mengoptimalkan potensi diri untuk mendukung prestasi yang ingin diraih, dan sebagainya. Jangan lupa, Anda juga bisa mengambil paket kursus pengembangan diri yang akan membantu Anda mengenali potensi diri Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua