Unduh Aplikasi QuBisa
Pola Pikir Agile dalam Dunia Kerja untuk Capai Sukses
Artikel
Career Development

Pola Pikir Agile dalam Dunia Kerja untuk Capai Sukses

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Di dunia kerja, penting bagi Anda untuk memiliki pola pikir agile. Pengertian agile adalah lincah atau tangkas. Jadi, pola pikir agile adalah kemampuan dalam menghadapi permasalah dunia kerja dengan tangkas dan lincah. 

Pada artikel QuBisa aplikasi belajar online terbaik, Anda bisa menemukan tips menggunakan pola pikir agile atau lincah dalam dunia kerja untuk mencapai sukses. Cara ini akan membuat Anda tumbuh, secara fisik, mental, maupun perkembangan diri yang lebih baik sehingga bisa mengembangkan karir ke posisi yang lebih tinggi.

Menggunakan Pola Pikir Agile dalam Dunia Kerja untuk Capai Sukses

Kolaborasi

Kolaborasi disebut juga kerjasama tim. Kerja sama tim adalah kunci dalam membangun perusahaan yang kuat dan membuat flywheel perusahaan bisa terus berputar. Selain itu tentu saja kesuksesan kolaborasi ini harus didukung dengan adanya talenta dan SDM unggul.

Menjadi orang yang memiliki mindset agile dan growth mindset akan membuat Anda bisa berkolaborasi dengan banyak sumber daya. Fakta yang tak bisa dipungkiri, Anda tidak selamanya bisa bekerja sendiri. Bekerja dalam tim justru akan meringankan beban kerja Anda, menghasilkan pekerjaan yang lebih baik, dan bisa cepat mengatasi masalah. Ingat, kata pepatah, two heads are better than one.

Trust and Support

Pola pikir agile selalu dibarengi dengan kepercayaan dan dukungan. Dalam bekerja, Anda harus bisa dipercaya dan memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk melakukan tugas tertentu. 

Kepercayaan selalu diikuti oleh dukungan, di mana Anda bisa support bawahan atau rekan kerja lain agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan akurat dan tepat waktu. Kepercayaan dan dukungan akan menjadi motivasi tim untuk terus memberikan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan.

Miliki kepercayaan dalam bekerja

Komunikasi Secara Langsung

Komunikasi dalam bekerja memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, jika Anda memiliki pola pikir agile, disarankan untuk berkomunikasi secara tatap muka, baik secara langsung maupun dengan menggunakan teleconference, virtual meeting atau meeting zoom

Hal ini akan membangun hubungan kerja yang lebih dekat ketimbang berhubungan melalui surel atau pesan daring lainnya. Dengan komunikasi secara langsung baik dengan atasan maupun rekan kerja, Anda akan bisa melihat ekspresi wajah dan gerak tubuh lawan bicara, sehingga Anda bisa memahami apa yang lawan bicara Anda rasakan. 

Di platform e-learning dan aplikasi belajar online terbaik QuBisa, tersedia berbagai tips berkomunikasi di tempat kerja yang bisa Anda pelajari dalam bentuk keterampilan sukses milenial, webinar gratis, maupun kursus online gratis dan kursus online biaya terjangkau. Beberapa tips atau cara meningkatkan kemampuan komunikasi yang bisa Anda pelajari, antara lain:

Percepatan Perkembangan

Menjadi agile, berarti harus bisa mengikuti percepatan perkembangan yang ada di industri. Hal ini dibuktikan dengan pekerjaan yang Anda hasilkan secara konstan atau rutin. Dengan mengikuti arus percepatan perkembangan, Anda akan menghasilkan inovasi-inovasi secara terus menerus di perusahaan Anda.

Inisiatif

Miliki juga inisiatif dalam bekerja untuk mencapai sukses

Dalam bekerja, Anda harus mampu inisiatif melakukan pekerjaan tanpa harus menunggu diperintahkan oleh atasan. Artinya, pola pikir agile menuntut Anda untuk memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan dan mengelola diri Anda sendiri. Anda harus bisa menentukan skala prioritas pekerjaan Anda. 

Prinsipnya, pola pikir agile adalah kemampuan Anda membawa diri dengan baik dalam kehidupan, terutama dalam dunia kerja dan di tempat kerja. Dengan pola pikir agile, Anda bisa meraih kesuksesan karir, berpeluang mendapatkan promosi jabatan, naik gaji, atau bahkan jadi lebih cepat meraih apa yang Anda cita-citakan. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua