Unduh Aplikasi QuBisa
Rekomendasi Plugin SEO Friendly untuk Wordpress
Artikel
Web Development

Rekomendasi Plugin SEO Friendly untuk Wordpress

Punto Wicaksono24 Jan 236 menit membaca

Wordpress menjadi salah satu pilihan yang digunakan banyak orang saat mereka ingin membuat situs bisnis atau website. Guna memaksimalkan kinerja website dengan CMS Wordpress, dibutuhkan plugin SEO friendly untuk Wordpress. 

Plugin adalah perangkat lunak dengan kode dan fungsi tertentu guna menjalankan program tambahan dalam sebuah aplikasi. Plugin digunakan agar Wordpress dapat dioptimalkan kinerjanya dan mempengaruhi keberhasilan penerapan strategi SEO sehingga website mudah ditemukan di  mesin pencarian, seperti Google.

Plugin SEO Friendly untuk Wordpress

Jika saat ini Anda sedang membangun website dengan menggunakan CMS Wordpress, sebaiknya pilih hanya menggunakan plugin yang SEO friendly. Berikut ini beberapa rekomendasi plugin SEO friendly untuk Wordpress:

Yoast SEO

Plugin dengan rating bintang 5 ini memang menjadi pilihan banyak pengguna. Fiturnya lengkap, seperti SEO analisis, url permalink, meta deskripsi, focus keyword, sitemap, hingga SEO score. Itu sebabnya, tak heran Yoast SEO menjadi andalan pengguna website berbasis Wordpress mengingat kinerja situs, apalagi kalau digunakan sebagai situs bisnis, akan menjadi semakin maksimal dan bisa membuat situs mampu bertahan di halaman pertama pencarian.

Plugin Yoast SEO

Google XML Sitemaps

Agar cepat terindeks mesin pencari, Google XML Sitemaps adalah salah satu plugin yang akan mempercepat proses indexing. Sitemaps dalam XML ini akan cepat ricek halaman web yang baru diposting. Artinya, konten yang baru Anda posting menjadi lebih mudah di-crawling Google sehingga potensi untuk mendapatkan page rank Google semakin besar. Jika website bisnis maupun website personal berada di halaman pertama Google, tentu dapat meningkatkan traffic, menjangkau lebih banyak audiens atau pembaca situs, dan bisa meningkatkan konversi jika situs tersebut berbentuk website bisnis atau e-commerce

All in One SEO

Plugin SEO friendly untuk Wordpress berikutnya adalah All in One SEO Pack atau biasa disebut AIO SEO Pack. Plugin ini memiliki rating tak kalah bagus dengan Yoast SEO. Dengan 4,5 bintang, plugin ini menarik minat para pengguna Wordpress. Beberapa fitur andalannya, seperti mendukung Google Analytics, auto meta tag dan XML Sitemap. Hal paling utama, kalau sudah menginstal Yoast SEO, Anda tak perlu lagi melakukan instalasi AIO SEO Pack, karena biasanya akan error, mengingat fungsi kedua plugin ini kurang lebih sama.

Rank Math

Plugin Rank Math ada yang free dan pro, serta telah dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Keunggulan tools SEO yang satu ini, antara lain dipercaya lebih powerfull, watermark, Google trend data, Google news sitemap, serta import schema. Bukan hanya itu, Rank Math memiliki fitur advance SEO analytics yang mumpuni dan berfungsi untuk mengetahui penurunan ranking atau cek ranking kata kunci.

Broken Link Checker

Link rusak akan terdeteksi sebagai spamming dan bisa menurunkan kinerja website. Itulah sebabnya, Anda butuh alat pelacakan yang dikenal dengan nama Broken Link Checker. Nah menggunakan plugin Broken Link Checker ini, Anda bisa melakukan analisis dan evaluasi semua link yang ada di dalam website Anda, baik link dari postingan maupun pada halaman komentar.

Salah satu cara meningkatkan SEO website dengan menghilangkan link rusak agar web bersih. Broken link ini seperti penyakit. Jika tidak dihilangkan akan memperburuk performa situs web dan membuat website sulit mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Plugin SEMRush

SEOPress

Tampilan sederhana dengan penggunaan mudah membuat plugin ini menjadi pilihan pengguna Wordpress, karena memiliki pengaturan terbaik dalam meta title, XML sitemap, image, open graph support, dan description.Penggunaan secara optimal pada plugin bakal menambah kemudahan pengguna lain saat mencari kata kunci di mesin pencarian.

SEMRush

Kata kunci menjadi hal terpenting ketika menulis untuk sebuah situs web. Kata kunci akan memudahkan pengguna internet menemukan website Anda, ketika mereka mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian. Nah, plugin yang satu ini menampilkan banyak data dalam kata kunci yang dibutuhkan website berbasis Wordpress.

Selain untuk membantu penerapan strategi SEO yang lebih baik melalui riset kata kunci yang tepat sasaran, perangkat lunak ini juga dapat membantu Anda memaksimalkan penerapan strategi marketing melalui penyebaran konten marketing yang sudah dilengkapi dengan keyword tertentu.

Anda masih membutuhkan ulasan lain terkait website bisnis dan SEO? Di aplikasi belajar online QuBisa, tersedia berbagai kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau, yang dapat membantu Anda membangun website bisnis yang berkualitas. Beberapa kursus online yang bisa Anda ikuti, antara lain:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua