Unduh Aplikasi QuBisa
10 Persiapan untuk Jadi Konten Kreator
Artikel
Social Media Marketing

10 Persiapan untuk Jadi Konten Kreator

Gilang Maulani19 Nov 235 menit membaca

Apakah kamu ingin jadi konten kreator? Jika iya, maka ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan untuk jadi konten kreator, seperti mempersiapkan peralatan dan gadget, mengasah kemampuan berpikir kritis, menguasai teknik menulis dan membuat konten, serta masih banyak lagi. Pelajari secara lengkap dengan membaca artikel ini sampai selesai.

10 Persiapan Jadi Konten Kreator yang Perlu Kamu Lakukan

1. Pelajari Cara Kerja Media dan Platform yang Mau Digunakan

Hal pertama yang wajib kamu siapkan terlebih dahulu adalah pengetahuan mengenai peran media dan cara kerja tiap platform yang mau kamu gunakan.

Dalam hal ini, kamu tak sekadar tahu jenis platform dan cara upload konten saja, tetapi juga harus tahu cara kerja platform, persyaratan, jangkauan, hingga algoritma terbarunya. 

Setelahnya, baru kamu belajar tentang cara produksi, komunikasi, serta teknik dan metode yang berkaitan dengan produksi konten. 

2. Menguasai Banyak Keterampilan

Sebagai konten kreator, kamu juga perlu memiliki beberapa keterampilan. Sebab, dalam satu waktu bisa saja kamu harus jadi penulis buku atau naskah, talent, dubber, hingga editor video. Selain itu, lengkapi juga kemampuan kamu dengan soft skill dan hard skill, serta pengetahuan mengenai konten, seperti beberapa artikel berikut:

3. Kemampuan Mewujudkan Ide Menjadi Konten

Konten kreator juga harus mampu memvisualisasikan bahasa iklan dalam suatu tayangan. Kamu akan dituntut bisa menyusun strategi konten yang mumpuni melalui teknik komunikasi yang baik. Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan tayangan yang presisi, baik dari segi visual maupun isi materi.

4. Menyiapkan Gadget dan Perangkat untuk Bikin Konten

Untuk bisa jadi konten kreator, kamu sudah tentu perlu perangkat untuk membuat konten, seperti kamera, smartphone, komputer, atau laptop. Pilih perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

Tak melulu mengutamakan harga, tetapi utamakan fitur dari perangkat yang bisa memudahkan kamu menciptakan berbagai konten yang interaktif, memikat, dan bermanfaat bagi audiens.

Kamu juga memerlukan koneksi internet yang lancar untuk mengunggah karya-karyamu. Semua ini tampak sederhana, namun tetap dibutuhkan pilihan yang cerdas menemukan provider internet yang bisa memberikan jaminan jaringan internet yang stabil.

5. Kemampuan Kolaborasi yang Baik

Memiliki jaringan kerja sama dengan berbagai pihak akan membuat kamu memiliki wawasan yang luas dan kesempatan untuk berkolaborasi. Dengan cara ini, kamu akan semakin dikenal oleh berbagai kalangan yang bisa jadi bukan segmentasi pasar kamu. 

Tetapi dari jaringan yang luas ini dan sesekali melakukan pekerjaan yang mungkin bukan bidang kamu, akan menciptakan suasana baru. Bahkan cara ini bisa membantu kamu menambah keterampilan baru yang mungkin akan berguna bagi peningkatan karirmu sebagai konten kreator.

6. Nice personality

Jadilah pribadi yang baik dan menyenangkan. Selain itu, kamu perlu bersikap profesional, disiplin, dan menghargai waktu. 

Kepribadian dasar ini akan mempengaruhi keberhasilanmu lebih dari 80%, sedangkan 20% di antaranya adalah keahlian hard skill.

7. Keterampilan Berpikir Kritis

Para konten kreator profesional menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi suatu masalah. Kekuatan berpikir kritis ini dapat berupa kemampuan pendekatan untuk mencari kesimpulan maupun jalan keluar dari masalah pekerjaan.

8. Menguasai Bahasa Iklan

Kemampuan dalam melakukan visualisasi produk ke bentuk bahasa iklan yang baik adalah keunggulan seorang konten kreator. Apalagi kalau kamu memiliki kelihaian dalam memengaruhi, mengajak dan mengubah pikiran seseorang dengan kata-kata. Inilah yang disebut manifestasi persuasi.

Cara terbaik untuk mempengaruhi audiens adalah dengan memasukkan emosi ke dalam tulisan sehingga bisa menyentuh perasaan mereka. Sebagai konten kreator profesional, nantinya kamu harus melek bahasa asing, misalnya memahami percakapan bahasa Inggris dan bahasa Korea. 

Terakhir, pastikan kamu fasih dalam menyebut nama brands, komposisi bahan, maupun istilah khas dalam konten tertentu.

9. Menguasai Teknik Menulis dan Membuat Konten

Kalau ingin menjadi konten kreator yang sukses, kamu perlu memiliki kemampuan menulis serta cara membuat konten yang baik dan menarik. 

Untuk itu, pelajari dan kuasai teknik penulisan yang baik, seperti penggunaan tata bahasa yang benar, pemilihan diksi dan gaya bahasa, serta penggunaan kata kunci yang tepat. 

Selain itu, gunakan kreativitas dalam membuat konten, seperti memilih gambar yang menarik, membuat infografis, atau membuat video pendek.

10. Memiliki Kepekaan Sosial

Cara Menjadi Konten Kreator yang Cerdas, kamu perlu memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial yang saat ini terjadi tak luput dari perhatian seorang konten kreator. Nuansa hiburan yang diberikan sebisa mungkin dapat mendekati kondisi sosial secara umum. Harapannya, respons audiens lebih positif dalam memberikan dukungan pada konten buatanmu.

Dengan mengetahui cara jadi konten kreator dan persiapan jadi konten kreator di atas, kamu sudah punya modal untuk menggapai impian menjadi seorang konten kreator profesional. Nah pada tahap selanjutnya, pelajari juga: Langkah Membuat Konten Video dan Cara Konten Kreator Dapat Penghasilan dan Besar Penghasilannya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua