Unduh Aplikasi QuBisa
Peran Blogger dalam Strategi Digital Marketing
Artikel
Digital Marketing

Peran Blogger dalam Strategi Digital Marketing

Punto Wicaksono21 Feb 244 menit membaca

Siapa itu blogger? Apa peran blogger dalam penerapan strategi digital marketing?

Peran blogger dalam strategi digital marketing sangat besar karena blogger mampu memengaruhi dan membangun citra sebuah merek atau produk di dunia maya. 

Melalui konten-konten yang mereka hasilkan, blogger mampu menjangkau audiens secara luas dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Simak penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel QuBisa ini sampai selesai.

Siapa Itu Blogger?.

Blogger bisa berarti platform untuk aktivitas blogging milik Google. Namun di sisi lain, bisa juga diartikan sebagai orang yang memiliki dan mengelola suatu blog atau website pribadi. 

Jadi, siapa itu blogger? Bisa dikatakan, blogger adalah seseorang yang secara rutin menulis dan mempublikasikan konten di platform seperti blog pribadi, media sosial, atau situs web tertentu. 

Mereka memiliki minat dan keahlian di berbagai bidang, mulai dari fashion, kuliner, teknologi, hingga kesehatan. Blogger sering kali memiliki pengikut setia yang mempercayai opini dan pandangannya terkait topik yang dibahas.

Sementara blog adalah jenis website yang berisi beragam informasi atau konten berbentuk tulisan yang umumnya dilengkapi foto maupun video. 

Istilah blog merujuk pada blog pribadi yang mirip dengan jurnal milik seseorang. Isinya bisa berupa pengalaman blogger, tips dan trik, review produk atau layanan, dan lainnya.

7 Peran Blogger dalam Penerapan Strategi Digital Marketing.

1. Membuat Konten Berkualitas.

Dunia maya atau internet dipenuhi bermacam-macam konten, tak terkecuali artikel yang memberikan berbagai informasi. Sayangnya tidak semua informasi yang dihadirkan merupakan informasi valid yang dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, blogger terkenal dengan kemampuannya dalam menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. 

Konten berkualitas adalah kunci utama dalam menarik perhatian audiens dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka.

Sebagai konten kreator, blogger juga memiliki peranan untuk mendukung internet sehat dan literasi digital

Caranya dengan menghadirkan artikel-artikel berkualitas dan menarik. Sudut pandang tulisan blogger yang lebih personal cenderung lebih jujur dan dapat dipercaya oleh publik.

2. Sharing Pengalaman .

Tidak dimungkiri jika tulisan personal yang dibagikan oleh blogger sering kali berisi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Ini tentu sangat bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Mengapa? Karena isinya lebih jujur dan pengalaman seperti ini jarang ditemukan di media massa serta website jenis lain.

Misalnya saja, pengalaman blogger saat mengurus perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) yang detail. 

Blogger menjelaskan prosedur dan rincian biaya yang dikeluarkan dari kacamata orang biasa yang mengalami sendiri proses tersebut. 

Tentu kontennya bisa membantu masyarakat sebagai gambaran atau simulasi dalam mengurus perpanjangan SIM. Hal ini akan berbeda jika ditulis oleh awak media atau wartawan.

Seorang blogger juga dapat menceritakan pengalaman terkait kehidupan sehari-hari, seperti masalah hubungan pertemanan, hubungan asmara atau relationship, mengurus anak, dan perihal memasak. 

Pengalaman yang terlihat sederhana bisa jadi sangat bermanfaat untuk orang lain.

3. Review Jujur Terkait Produk.

Peran blogger di era society 5.0 adalah memberikan review atau ulasan yang jujur terkait suatu produk maupun layanan. Ulasan blogger berbeda dengan iklan di media massa. 

Tulisan mereka lebih obyektif dan bisa menjadi informasi yang berharga bagi calon konsumen yang sedang mencari informasi tentang suatu produk sebelum membelinya.

Itulah sebabnya, ada banyak perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan blogger untuk mempromosikan suatu produk dengan membuat ulasan atau review di blog. 

Dengan catatan, kamu sebagai pemilik usaha harus memilih blogger yang sesuai dengan karakter produk atau niche blognya. Jangan lupa, minta blogger untuk mempromosikan tulisan mereka di media sosial, sehingga bisa sekaligus membangun brand awareness, social signal yang lebih baik, serta membuka peluang terjadinya konversi.

meningkatkan performa website

4. Meningkatkan Performa Website Bisnis.

Ketika seorang blogger membagikan konten yang relevan dengan bisnis tertentu, mereka juga secara tidak langsung membantu meningkatkan performa website bisnis tersebut. 

Backlink dari blog-blog terkenal dapat meningkatkan otoritas domain dan peringkat SEO suatu situs web.

5. Membantu Promosi dan Pemasaran.

Blogger sering kali menjadi mitra strategis dalam promosi dan pemasaran produk. Hal ini karena masing-masing blogger memiliki lingkaran pembaca yang berbeda dan bisa menjadi peluang bagi bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Melalui konten-konten yang mereka hasilkan, blogger dapat memperkenalkan produk, jasa, atau layanan kepada audiens dengan cara yang menarik, namun tetap spesifik, sekaligus dapat mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian.

6. Tautan Situs yang Berkualitas.

Tautan atau backlink dari blog yang berkualitas tinggi dapat memberikan dampak positif terhadap peringkat SEO suatu situs web. 

Blogger yang memiliki audiens yang besar dapat membantu meningkatkan visibilitas sebuah situs web melalui tautan-tautan yang mereka berikan.

7. Membangun Social Signal.

Interaksi antara blogger dan pembaca melalui komentar, like, dan share juga menjadi bagian dari social signal. 

Tak hanya dapat meningkatkan otoritas suatu situs web di mata mesin pencari, namun social signal yang kuat bisa sekaligus membangun komunitas yang loyal dan berpengaruh.

Kesimpulan.

Dalam dunia digital yang serba cepat dan kompetitif, peran blogger dalam penerapan strategi digital marketing cukup besar untuk membuat brand kamu memiliki visibilitas yang tinggi secara digital.

Kemampuan mereka dalam menciptakan konten yang menarik, memberikan review yang jujur, dan membangun hubungan dengan audiens membuat blogger menjadi aset berharga bagi setiap bisnis yang ingin sukses secara online. Jika kamu ingin menjadi blogger, berikut Skill yang Perlu Dimiliki Blogger Profesional.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua