Unduh Aplikasi QuBisa
Penyebab Marah dan Cara Mengatasinya
Artikel
General Health

Penyebab Marah dan Cara Mengatasinya

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Mengelola emosi memang gampang-gampang susah. Emosi adalah ekspresi normal yang dirasakan manusia, namun akan menjadi bumerang ketika emosi tidak bisa dikontrol dengan baik. Emosi yang dirasakan akan sangat berpengaruh terhadap tindakan Anda selanjutnya. 

Tindakan yang dilakukan ketika mengalami emosi positif dan negatif akan berbeda. Emosi yang baik membuat Anda bersemangat dan menghasilkan pekerjaan yang baik pula. Sebaliknya, emosi negatif membuat hari Anda bisa jadi berantakan. 

Penyebab Marah dan Cara Mengatasinya

Marah adalah hal yang manusiawi. Marah bisa saja terpicu oleh hal-hal tertentu. Ketika Anda marah terhadap suatu hal karena alasan tertentu, itu masih bisa dikatakan wajar. Yang tidak wajar adalah ketika Anda tidak bisa menahan amarah, sehingga emosi tersebut menjadi tidak terkontrol. Lagi pula, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam melampiaskan emosi. Ada yang melakukan tindakan di luar kendali dan ada yang hanya diam saja. 

Lantas apa penyebab seseorang bisa marah? Alasan orang marah bisa berbeda-beda tergantung situasi yang dialami. Salah satu penyebab orang marah adalah masalah personal, seperti manajemen stres yang buruk, kurang waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, pengelolaan waktu, gosip di kantor, mom shaming, cemburu, akibat sexual harassment, dan sebagainya.

Hal-hal seperti pelecehan, trauma masa lalu atau kejadian yang tidak menyenangkan lainnya juga bisa menyebabkan seseorang marah. Marah juga bisa dinilai dari kesehatan fisik di mana Anda mengalami masalah hormon yang tidak stabil. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa mengatasi amarah?

pahamilah masalah yang hadir agar bisa mengelola emosi dengan baik

Cara Mengatasi Marah atau Emosi yang Meledak-ledak

Pengertian marah adalah suatu perilaku yang muncul akibat rasa kecewa, tidak terima dengan suatu keadaan atau perlakuan orang lain, atau akibat suatu kesalahan, baik yang dilakukan diri sendiri, orang lain, maupun situasi. Untuk mengatasi marah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Berhitung dalam Hati untuk Menenangkan Diri

Adakalanya Anda marah untuk sesuatu yang terjadi tiba-tiba, baik karena orang lain atau karena diri Anda sendiri. Ketika hal ini terjadi dan Anda langsung merasakan amarah yang menggelora, segera diam dan mulailah berhitung dalam hati. Hitung terus tanpa batas angka tertentu sampai diri Anda merasa tenang baru berhenti.

Cari Penyebab Kenapa Anda Marah

Kadang Anda tak sadar apa yang membuat Anda marah. Nah, daripada Anda sendiri bingung kenapa harus marah, kemudian menghabiskan waktu dan tenaga untuk marah-marah tak jelas. Maka alangkah baiknya sebelum Anda marah, cari tahu dulu penyebab marah yang muncul dalam hati Anda dan pahami masalah yang hadir tersebut karena apa. Lalu pertimbangkan kembali, perlu tidak Anda marah?

melakukan kegiatan menulis untuk self healing bisa dijadikan sebagai cara mengatasi marah

Menulis untuk Self Healing

Sudah banyak referensi yang menyebutkan bahwa kegiatan menulis untuk self healing bagus dilakukan secara rutin. Kegiatan ini juga bisa Anda lakukan ketika merasa marah. Anda bisa menulis bebas, menulis puisi, atau hanya sekadar menuliskan kata-kata kemarahan Anda di buku atau jurnal akan jauh lebih baik daripada Anda menumpahkannya secara langsung ke orang lain atau ke diri Anda sendiri. Cara ini bisa mencegah masalah berikutnya yang mungkin terjadi akibat Anda tidak mengendalikan amarah Anda.

Berolahraga di Luar Ruangan

Saat Anda merasa hendak marah, segera ganti pakaian Anda dengan pakaian olahraga, kenakan sepatu olahraga. Lalu pergilah berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki, 

jogging, naik sepeda, atau berlari cepat. Ini merupakan cara terbaik mengeluarkan emosi negatif dengan cara positif, sekaligus bisa menerapkan pola hidup sehatpula dengan rajin berolahraga.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua