Unduh Aplikasi QuBisa
Penyebab Orang Sering Kehabisan Waktu dalam Bekerja
Artikel
Career Development

Penyebab Orang Sering Kehabisan Waktu dalam Bekerja

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Pernahkah Anda merasa begitu bersemangat ketika memperoleh pekerjaan, tapi kemudian kebingungan sendiri karena tak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline? Rupanya kondisi ini banyak lho dialami orang di luar sana. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Ketika pekerjaan menumpuk hingga tidak bisa diselesaikan tepat waktu, maka hal utama yang harus Anda periksa, bagaimana penerapan manajemen waktu Anda? Apakah Anda sudah mengatur waktu kerja dengan baik dan efektif?

Penyebab Orang Sering Kehabisan Waktu dalam Bekerja

Manajemen waktu adalah hal paling penting bagi siapa pun dalam menyelesaikan pekerjaan. Ketika Anda tak mampu mengatur waktu dengan baik, bukan tak mungkin semua urusan bakal runyam, atau malah membuat Anda kehilangan kepercayaan klien. Tentu Anda tak menginginkan hal ini terjadi, kan? Untuk itu, Anda perlu tahu cara yang tepat untuk melakukan time management

Selain itu, coba cari tahu dulu alasan kurangnya waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Kemudian baru bisa mencari cara untuk melakukan berbagai perbaikan dalam hal mengatur waktu kerja yang efektif. Beberapa penyebab orang kehabisan waktu dalam bekerja, antara lain:

Tidak Berani Menolak Pekerjaan

Kebanyakan orang menerima berbagai pekerjaan tanpa mengukur kemampuan dan efektivitas waktu yang tersedia. Mereka menerima hanya demi mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, tanpa dibarengi kemampuan mengatur waktu. Akibat dari terus menerima pekerjaan dan tidak berani menolak pekerjaan, maka pekerjaan pun menumpuk dan akhirnya mengalami overscheduling yang malah bikin semua pekerjaan jadi kacau dan tidak sesuai deadline.

Supaya terhindar dari kondisi demikian, ada baiknya Anda belajar tegas dan berani ambil keputusan. Jika memang sudah di luar kemampuan diri, tolak pekerjaan yang datang dan katakan kepada klien terkait kemampuan Anda. Karena saat Anda tidak mampu menyelesaikan pekerjaan pada tenggat waktu yang telah ditentukan, kredibilitas Anda bisa diragukan lho.

ada baiknya Anda belajar tegas dan berani ambil keputusan

Tidak Memiliki Top Priority Goals dalam Hidup

Sebelum Anda mampu mengelola waktu, hal pertama yang harus Anda miliki adalah top priority goals atau tujuan yang ingin diraih. Dengan memiliki tujuan, Anda akan mempunyai motivasi kuat dalam bekerja sehingga pekerjaan sebanyak apa pun bisa Anda selesaikan dengan baik dan tepat waktu. 

Anda bakal jauh lebih fokus sehingga dapat mengatur waktu, sumber daya, dan akhirnya menjadi pribadi produktif. Maka, segeralah tetapkan tujuan yang ingin Anda capai, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Belum Memiliki Pengetahuan Mengenai Cara Mengelola Waktu

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, tentu Anda wajib tahu bagaimana cara mengelola waktu dengan efisien dan juga benar. Seperti yang Anda tahu, seorang karyawan jelas memiliki kewajiban pekerjaan yang bisa saja lebih dari satu dengan beragam deadline. Agar semua berjalan lancar dan tak ada yang terlewatkan, pengaturan waktu yang efektif dan efisien akan membantu Anda menyelesaikan setiap pekerjaan.

Beberapa rekomendasi kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa.com, dan bisa membantu Anda mempelajari cara mengatur waktu, antara lain:

Anda wajib tahu bagaimana cara mengelola waktu dengan efisien dan juga benar

Skala Prioritas Berantakan

Selain tujuan, skala prioritas juga menjadi faktor penting yang perlu Anda pelajari dengan baik supaya bisa mengelola waktu. Lewat tahapan ini, Anda akan tahu pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dulu, sehingga waktu kerja misalkan 8 jam kerja dalam sehari, bakal berlangsung benar-benar efektif. Biasanya rumusnya, lakukan tiga tugas utama terlebih dulu setiap harinya, baru selesaikan tugas-tugas lain.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua