webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Penyebab Penyakit Diabetes

General Health | 23 Jul 3 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Selengkapnya Sembunyikan
Penyebab Penyakit Diabetes

Berdasarkan website kemenkes dijelaskan pengertian diabetes melitus atau disingkat DM. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan sindrom metabolik yang sudah sangat parah atau kronis. Penyakit ini ditandai dengan naiknya kadar gula darah disertai gangguan metabolisme sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan insulin. Apa yang jadi penyebab penyakit diabetes?

Penyebab Penyakit Diabetes

Tingginya kadar gula dalam darah menjadi penyebab utama seseorang bisa terdiagnosis penyakit diabetes. Penyakit ini juga kerap disebut sebagai kencing manis oleh orang awam. Secara keseluruhan, diabetes dibedakan menjadi dua jenis yang ternyata memiliki faktor pemicu berbeda. Nah, supaya bisa cari tahu penyebab diabetes secara tepat, berikut adalah penjelasan dari kedua jenis diabetes dan faktor pemicunya.

Dua Tipe Diabetes dan Penyebabnya

Diabetes Tipe-1

Dalam diabetes tipe-1, penyakit ini muncul karena sistem kekebalan tubuh penderita justru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Karena itu akhirnya kadar glukosa darah meningkat dan membuat organ tubuh rusak. 

Tak heran kalau dalam kondisi tipe-1, diabetes adalah penyakit autoimun. Lantas apa penyebab diabetes tipe-1? Ada beberapa faktor risiko yang memicunya, yakni:

  • Faktor keturunan atau riwayat keluarga. Jika ada anggota keluarga mengidap diabetes tipe-1, besar kemungkinan akan diturunkan pada anaknya karena berkaitan dengan gen tertentu.
  • Masyarakat yang tinggal jauh dari wilayah Khatulistiwa seperti di negara-negara belahan bumi utara, lebih berpeluang besar mengalami diabetes tipe-1. Kenapa begitu? Kurangnya asupan vitamin D dari sinar matahari sehingga memicu autoimun.
  • Bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi susu sapi atau air yang mengandung natrium nitrat dan gluten sebelum usia empat bulan.
  • Lahir dari Ibu yang punya riwayat preeklampsia.
  • Lahir dengan penyakit kuning.
Penyebab diabetes tipe 1

Diabetes Tipe-2

Merupakan jenis penyakit diabetes yang sering ditemukan, diabetes tipe-2 disebabkan oleh kurang sensitifnya sel-sel tubuh terhadap hormon insulin. Karena resistensi inilah insulin yang diproduksi pankreas tak bisa bekerja maksimal. Setidaknya sekitar 90-95% penderita diabetes di dunia adalah tipe-2. Apa yang menyebabkannya? Berikut beberapa di antaranya:

  • Obesitas alias berat badan berlebihan sampai memiliki lemak perut yang banyak dan menyebabkan bertambahnya lingkar perut.
  • Jarang berolahraga dan jarang bergerak aktif.
  • Mempunyai keluarga penderita diabetes tipe-2.
  • Punya riwayat diabetes saat hamil.
  • Mengalami kondisi prediabetes karena kadar glukosa yang lebih dari normal, tapi belum tepat disebut sebagai diabetes. Pasien dengan prediabetes lebih berpeluang besar mengalami diabetes tipe-2 jika pola hidupnya buruk

Untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes, Anda bisa melakukan kebiasaan sehat. Pada platform belajar online QuBisa terdapat berbagai video microlearning menarik terkait pola hidup sehat, diet, dan cara mengatasi sindrom metabolik. Beberapa di antaranya, seperti:

Obesitas juga merupakan salah satu penyebab diabetes

Setelah mengetahui mengenai penyebab penyakit diabetes, dan cara mengatasinya, semoga Anda bisa segera membangun kebiasaan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat.

Artikel Terkait

Ke Atas