Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Meningkatkan Penghasilan Tambahan Bagi Konten Kreator
Artikel
Social Media Marketing

Cara Meningkatkan Penghasilan Tambahan Bagi Konten Kreator

Punto Wicaksono08 Apr 234 menit membaca

Bagaimana cara mendapatkan uang tambahan dari internet? Ada banyak cara mendapatkan uang tambahan dari internet, seperti memanfaatkan platform media sosial, membuat konten berbayar, menjual produk atau jasa, membuka jasa konsultasi, dan sebagainya. Baca ulasan lengkapnya di artikel QuBisa kali ini, yuk.

Cara Meningkatkan Penghasilan Tambahan bagi Konten Kreator

1. Memanfaatkan Platform Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama di era digital saat ini. Fungsinya tak lagi untuk berjejaring, melainkan menjadi media yang efektif untuk melakukan promosi dan pemasaran.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memajang karyamu dan mulai mempromosikannya, siapa tahu dengan cara ini akan ada banyak brand yang minta dibuatkan konten. Ini bisa jadi cara yang bagus untuk meningkatkan penghasilanmu atau bahkan menjadi penghasilan tambahan. 

2. Membuat Konten Berbayar

Selain memanfaatkan platform media sosial, konten kreator juga dapat membuat konten berbayar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Konten berbayar dapat berupa konten video, review atau ulasan produk, infografis, foto produk, dan sebagainya. 

3. Menjual Produk atau Jasa

Sebagai konten kreator, pastinya kamu punya keahlian tertentu yang membedakanmu dengan kreator lain. Misalnya kamu mampu menghasilkan foto-foto yang bagus, maka cobalah menawarkan jasa fotografi untuk acara wisuda atau nikahan, atau bikin foto produk untuk pemilik usaha kecil.

Selain itu, kamu juga bisa lho menjual foto hasil jepretanmu di berbagai platform foto berbayar, misalnya di Canva, freepik, shutterstock, dan sebagainya.

Lalu kalau kamu seorang web builder yang punya kemampuan SEO (Search Engine Optimization), kamu juga bisa menawarkan paket jasa pembuatan website beserta optimasi SEO untuk websitenya. Dengan cara ini, kamu bisa memaksimalkan kemampuanmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

buatlah kontenmu jadi lebih bernilai

4. Buat Kontenmu Lebih Bernilai

Untuk meningkatkan penghasilan sebagai konten kreator, buatlah kontenmu jadi lebih bernilai. Misalnya, untuk pembuatan artikel website. Kamu tidak hanya sekadar menulis artikel seperti yang dilakukan kebanyakan penulis lainnya.

Namun, buatlah artikel yang berkualitas, informatif, dan bermanfaat bagi pembaca. Pastikan artikelmu bisa jadi solusi untuk mengatasi permasalahan audiens sekaligus isinya mudah dipahami.

Cara lain untuk membuat konten jadi bernilai, tambahkan keterampilan SEO sebagai pelengkap sehingga konten buatanmu, terutama artikel, bisa dengan mudah mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. 

Prinsipnya, semakin bernilai dan berkualitas konten yang kamu buat, maka pengguna jasamu juga akan berani membayar mahal untuk setiap konten-konten yang mereka beli dari kamu.

5. Gunakan Strategi Pemasaran yang Efektif

Punya kemampuan membuat konten saja tidak cukup lho untuk mendapatkan penghasilan. Kamu juga harus bisa menjual kemampuan tersebut sehingga dikenal banyak orang, dan akhirnya mereka menggunakan jasamu.

Untuk itu, coba gunakan strategi pemasaran yang efektif untuk membangun personal branding. Misalnya melalui LinkedIn atau platform media sosial lain. Lebih bagus lagi kalau kamu juga memiliki website pribadi yang bisa menjadi media menayangkan hasil karyamu. 

6. Diversifikasi Sumber Penghasilan

Karena kebanyakan konten kreator kerjanya sebagai freelancer dengan penghasilan yang tidak pasti, maka jangan bergantung hanya pada satu sumber penghasilan saja. Kamu mesti mengembangkan dan membangun beberapa sumber penghasilan lain. 

Contohnya, selain sebagai penulis artikel, kamu juga bekerja sebagai editor freelance. Selain membuat berbagai konten untuk media sosial, kamu juga bekerja sebagai influencer

Bahkan, kamu bisa pula mencoba mendapatkan pasif income dari bisnis afiliasi, membuka kursus online berbayar, atau jadi pengajar di QuBisa. Dengan cara ini, kamu dapat memaksimalkan potensi penghasilan dan melindungi diri dari fluktuasi pendapatan.

Membangun kemitraan dengan brand

7. Jalin Kemitraan dengan Brand atau Produsen

Membangun kemitraan dengan brand atau produsen membuka banyak peluang kerja sama yang bisa mendatangkan penghasilan bagi konten kreator. 

Maka, jangan segan untuk mengirimkan proposal dan portofolio hasil karyamu kepada mereka, sekaligus menawarkan jasamu. Siapa tahu ketika mereka membutuhkan konten, mereka tak segan untuk menghubungimu untuk bekerja sama. 

8. Fokus pada Audience Engagement

Engagement dengan audiens adalah kunci untuk membangun basis penggemar yang setia dan meningkatkan penghasilan sebagai konten kreator. 

Berinteraksi secara aktif dengan audiens melalui komentar atau pertanyaan di media sosial, atau bahkan mengadakan streaming langsung untuk menjawab pertanyaan mereka bisa menjadi jalan untuk meningkatkan engagement.

9. Berkolaborasi dengan Konten Kreator Lain

Berkolaborasi dengan konten kreator lain juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan membuka banyak peluang untuk mendapatkan uang dari internet. Jangan segan untuk berbagi pengetahuan dan peluang. Bisa jadi dengan cara ini, kamu akan mendapatkan lebih banyak peluang baik yang berpotensi mendatangkan penghasilan.

Terakhir, selalu fokus pada memberikan nilai tambah bagi audiens, karena penggemar yang setia adalah kunci dari kesuksesan jangka panjang sebagai konten kreator. Selanjutnya supaya ada lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, baca juga artikel berikutnya tentang Tips Sukses Jadi Konten Kreator Banyak Cuan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua