Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Talent Management dan Tujuannya dalam Perusahaan
Artikel
HR Management

Pengertian Talent Management dan Tujuannya dalam Perusahaan

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Ketika bekerja di sebuah instansi atau perusahaan, Anda akan sering mendengar istilah talent management. Biasanya, istilah ini digunakan pada bisnis yang memiliki banyak karyawan dengan pengelolaan yang terstruktur. Meski begitu, apakah Anda juga sudah memahami pengertian talent management dan tujuannya dalam perusahaan?

Pengertian Talent Management 

Talent management adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja para karyawan. Khususnya pada perusahaan yang melibatkan banyak sumber daya manusia (SDM). Secara lebih spesifik, talent dan business memiliki hubungan yang erat, karena sistem ini membantu perusahaan mengenali karyawan, sehingga lebih mudah menempatkan karyawan sesuai dengan bidangnya.

Tidak hanya digunakan untuk melihat sejauh mana performa setiap karyawan, fakta talent management terkadang digunakan pula dalam pengelolaan bakat serta pengembangan diri bagi karyawan.

Pentingnya talent management untuk pemenuhan business strategy sudah tak diragukan lagi. Sebab, akan membantu perusahaan mendukung para karyawan agar lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan. Di sisi lain, pekerja jadi memiliki kesempatan mengembangkan diri serta mengasah kemampuan yang dimiliki, dan akhirnya memberi dampak positif bagi pengembangan perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Tujuan Talent Management

Tujuan Talent Management

Ada dua parameter kunci talent management yang perlu diketahui, juga memahami dengan baik peran orang-orang yang ada di balik sistem ini. Dari sini nantinya, bisa diketahui bahwa tujuan adanya talent management untuk pengoptimalan talenta sejak proses perekrutan, hingga perusahaan mendapatkan kandidat yang memang berkualitas.

Pada penerapannya, cara penilaian ini bukan hanya diberlakukan bagi karyawan yang sudah bekerja di perusahaan, tapi juga bagi calon karyawan yang sedang direkrut. HRD bisa menggunakan sistem ini untuk melihat bakat dan kemampuan calon pegawai, kemudian menempatkan di bidang yang memang sesuai agar kinerjanya semakin maksimal.

Jika karyawan ditempatkan dalam bidang yang memang mereka sukai dan memiliki skill di bidang tersebut, maka mereka akan lebih nyaman bekerja, jadi lebih produktif, dan dapat memberi hasil kerja yang lebih baik bagi perusahaan.

Pentingnya Talent Management di Perusahaan

Tidak hanya bekerja saat proses perekrutan karyawan, talent management juga dibutuhkan untuk simple mapping organizational structure di mana kualitas talent dilihat dari kemampuan organisasi dalam mengelola sumber daya manusia yang dimiliki agar lincah bersinergi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Tentunya, kemampuan ini harus berakar pada kerangka (framework) pengetahuan yang benar dan tepat mengenai talent management agar program implementasi yang dilakukan sejalan dengan visi dan misi organisasi.

Pengertian Talent Management dan Tujuannya dalam Perusahaan

Selain itu, talent management memegang peranan penting dalam perencanaan karir. Hal ini karena perencanaan karir bermanfaat bagi karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan untuk menentukan jenjang karir, masa karir seseorang, hingga target-target individu yang harus dicapai untuk melangkah ke jenjang karir yang lebih tinggi lagi.

Perencanaan karir merupakan sebuah proses di mana seseorang merancang dan mengambil langkah yang ditempuh, untuk kemajuan karir mereka secara personal. Jenjang karir dan talent management saling memiliki keterkaitan. 

Di mana perencanaan karir membutuhkan informasi mengenai bakat dan kemampuan seseorang, yang kemudian dimasukkan dalam potensi jenjang karir yang akan didapat. Selain itu, perencanaan karir juga memungkinkan promosi jabatan, mutasi jabatan, dan memaksimalkan jabatan sesuai dengan potensi dari karyawan tersebut.

Talent management bisa dilakukan oleh internal perusahaan dengan melibatkan staf yang memang ahli dalam pengelolaan karyawan. Namun, Anda bisa juga menggunakan vendor dari luar yang bekerja sama untuk mengurus para pekerja. Hal ini, bisa memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen talenta, sistem karir dan suksesi di dalam perusahaan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua