Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Fungsinya
Artikel
Personal Development

Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Dalam kehidupan bermasyarakat, ada yang dinamakan etika. Etika adalah aturan atau norma yang mengatur tentang tingkah laku manusia. Etika berfungsi mengatur sikap seseorang kepada orang lain, sehingga tercipta keadaan lingkungan yang harmonis. Individu yang beretika secara tidak langsung sedang menunjukkan intelektualitasnya.

Ada bermacam jenis etika yang bisa Anda jumpai di lingkungan sekitar Anda. Mulai dari etika berteman, etika berprofesi, etika dalam bekerja, etika bisnis, etika berkomunikasi, dan lainnya. Contoh etika sederhana yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah menggunakan magic word. Mengucapkan salam, meminta maaf, dan mengucapkan terima kasih.

Pengertian Etika Menurut Para Pakar

Pengertian Etika Menurut Aristoteles

Filsuf asal Yunani yang merupakan murid dari Plato ini mendefinisikan etika menjadi 2 bagian berbeda. Ada terminius technicus serta manner and cutom. Terminus technicus adalah etika yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan tentang perbuatan manusia. Sementara manner and cutom artinya etika yang berkaitan dengan tata cara dan adat kebiasaan yang melekat pada diri manusia.

W.J.S. Poerwadarminta

Sebagai salah satu tokoh sastra di Indonesia, Wilfridus. J. S Poerwadarminta menerangkan bahwa etika adalah ilmu pengetahuan tentang perbuatan maupun perilaku manusia, yang sisi baik dan buruknya ditentukan oleh pribadinya sendiri.

H. A. Mustafa

Etika artinya ilmu yang menyelidiki perilaku baik dan buruk, yang memperhatikan sejauh mana perbuatan manusia diketahui oleh akal pikirannya sendiri.

karakteristik etika

Louis O.Kattsoff

Hakikatnya, etika cenderung berhubungan dengan asas-asas pembenaran dalam relasi tingkah laku yang terjadi antar manusia.

Ahmad Amin

Etika merupakan ilmu yang berkenaan dengan arti baik dan buruk dan hal yang seharusnya dilakukan manusia. Etika juga menyatakan tujuan yang harus manusia capai dari setiap perbuatannya.

Pendapat K. Bertens tentang Etika

K. Bertens berpendapat bahwa etika adalah nilai moral dan norma yang menjadi pedoman bagi individu maupun kelompok. Etika mengatur tindakan atau perilaku manusia dalam bermasyarakat. Etika juga berkaitan dengan moral dan kode etik.

Sumaryono

Etika berarti suatu kebenaran dari tindakan atau perilaku manusia terkait kodrat yang memang melekat pada diri manusia sendiri.

Ciri-ciri Etika

Etika memiliki karakteristik yang membedakannya dengan norma lain, seperti:

  • Etika akan tetap berlaku meski tidak ada orang lain yang melihat Anda.
  • Etika memiliki sifat absolut atau mutlak.
  • Terdapat cara pandang dari segi batiniah manusia di dalam etika.
  • Etika berkaitan dengan perbuatan atau perilaku manusia.

Tujuan Etika

Tujuan etika adalah memberitahu orang tentang bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik. Tujuan etika lainnya ialah mengarahkan masyarakat ke kehidupan yang lebih tertib, harmonis, dan damai. Terpenting, tujuan etika ialah membuat kita menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan responsif. 

fungsi etika dalam kehidupan

Fungsi Etika

Berikut adalah beberapa fungsi etika dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Menjadi wadah untuk mendapatkan pandangan kritis yang berhadapan dengan berbagai moral membingungkan.
  • Memperlihatkan keterampilan seseorang dalam berpikir jernih.
  • Pembeda untuk hal yang bisa diubah dan tidak bisa diubah.
  • Bisa menyelidiki suatu konflik hingga ke akarnya.
  • Membantu individu terkait konsistensi.
  • Membantu menyelesaikan konflik, baik moralitas maupun berbagai konflik sosial lainnya.

Agar bisa berpikir jernih dan positif, sehingga bisa membantu menyelesaikan konflik, Anda dapat mempelajari berbagai kursus online gratis, kursus online berbayar harga terjangkau, hingga microlearning di QuBisa. Platform belajar online Indonesia yang menjadi salah satu platform pelatihan Prakerja. Berikut beberapa microlearning yang menarik untuk Anda ikuti:

Demikian pengertian etika menurut para ahli disertai ciri-ciri dan fungsi etika dalam kehidupan. Jika Anda ingin dikenal sebagai orang yang beretika baik, maka perhatikanlah norma yang berlaku di lingkungan Anda. Mulai dari lingkungan masyarakat, keluarga, hingga lingkungan kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua