Pengenalan Bahasa Pemrograman Java untuk Pemula

IT & Software | 22 Mar 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Pengenalan Bahasa Pemrograman Java untuk Pemula

Anda tentu sering menggunakan aplikasi, baik itu di handphone maupun laptop. Tapi, pernahkah Anda berpikir, bagaimana cara membuat aplikasi tersebut? Aplikasi – aplikasi yang Anda gunakan sekarang, menggunakan bahasa pemrograman dalam pembuatannya. Bahasa pemrograman banyak macamnya, salah satu yang sedang populer sekarang ini adalah bahasa pemrograman java.

Bagi Anda yang berkeinginan menciptakan aplikasi dari bahasa ini, ada baiknya Anda cari tahu tentang pengenalan bahasa pemrograman Java untuk pemula.

Apa Itu Bahasa Pemrograman Java?

Bahasa pemrograman java, atau java programming, merupakan bahasa yang sudah dikembangkan sejak tahun 1995 oleh Sun Microsystems. Bahasa ini bersifat multiplatform. Setiap kode program bahasa Java yang dituliskan, dapat dijalankan di platform yang berbeda-beda tanpa harus ditulis ulang kembali.

Karena dapat dijalankan di berbagai platform, membuat bahasa Java dapat digunakan untuk membangun beragam aplikasi, dari mulai desktop, mobile development, web development, sampai perangkat seperti microprocessor. Tapi tentu saja sebelum Anda bisa membangun aplikasi menggunakan pemrograman Java, kuasai dulu Java Fundamental Programming.

Anda bisa mempelajari berbagai materi programming dengan mengikuti kursus online di berbagai platform, seperti di Qubisa platform belajar online Indonesia. Pada platform ini, selain bisa belajar bahasa pemrograman, Anda juga bisa belajar tentang Human Resource, Keterampilan Digital Milenial, Keterampilan Sukses Milenial, Pengembangan Diri, dan sebagainya.

Mengapa Harus Java?

Berikut ini alasan kuat kenapa Anda perlu menguasai dan menggunakan Java programming, di antaranya adalah:

Mudah Dipelajari

Sebelum ada bahasa Java, bahasa C dan C++ sudah terlebih dulu hadir dan digunakan untuk memprogram sistem atau aplikasi. Bahasa C ini dapat dibilang bahasa tingkat tinggi yang mudah dipahami oleh manusia, namun sintaks-nya cenderung rumit dan sulit untuk dihafal.

Karena hal itulah, bahasa Java hadir sebagai penyederhanaan bahasa C. Jadi, bagi Anda yang sudah familiar dengan bahasa C, pasti tidak kesulitan untuk mempelajari bahasa pemrograman Java ke depannya.

Berorientasikan Objek

Salah satu hal istimewa yang dimiliki Java adalah menggunakan konsep object oriented programming (OOP). Program tersebut nantinya merupakan gabungan dari banyak objek yang saling berkaitan.

Misalnya, Anda memiliki objek mobil. Di mobil masih ada bagian roda, mesin, kursi, dll. Begitu juga dengan program, objek yang besar merupakan gabungan dari objek – objek kecil yang tersusun.

Library yang Lengkap

Library merupakan kumpulan code yang dijadikan satu dan diberi nama package atau module. Library dapat Anda import dan gunakan ke program lain. Karena pengguna bahasa Java sudah banyak dan komunitasnya ada di mana-mana. Maka dari itu library bahasa ini pun mudah ditemukan dan sudah tersebar luas di internet.

Dengan menggunakan library, Anda akan semakin mudah dalam membuat program, karena hanya perlu melakukan impor saja, tidak perlu menulis ulang kodenya.

Struktur Bahasa Java

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya menggunakan bahasa Java, kali ini Anda bisa mulai mempelajari struktur dari bahasa tersebut. Kurang lebih terdapat 4 struktur pemrograman java. 

Deklarasi Package

Saat pertama kali membuat project, akan ada beberapa kode default pada project Anda. Kode pertama, yaitu untuk mendeklarasikan package atau module. Package merupakan folder yang berisi sekumpulan program Java. Package ini wajib ada, apalagi jika dalam pembuatan program atau aplikasi yang besar.

Import Library

Jika butuh library dalam pembuatan aplikasi, Anda perlu melakukan import terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, library merupakan kumpulan kode yang bisa Anda gunakan. Jadi, jika tidak melakukan import, kode tersebut tidak bisa Anda pakai dalam program tersebut.

Class

Konsep OOP yang digunakan oleh bahasa Java membuat Anda membutuhkan class. Nah, class inilah yang nantinya akan membungkus program dan menjadikannya objek.

Method Main

Setelah membuat class, selanjutnya Anda harus membuat method atau function. Di bagian ini, program Anda akan dieksekusi. Jadi bagian ini wajib ada agar program Anda dapat berjalan.

Contoh Pemrograman Java

Jika sudah mengetahui struktur pemrograman Java, selanjutnya Anda bisa belajar untuk membaca bahasa pemrograman Java seperti contoh di bawah ini. Dalam contoh ini, terdapat sintaks penulisan untuk package, import, dan class.

package com.example.bukudiary;

import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;

import android.os.Bundle;

import android.widget.Button;

public class MainActivity extends AppCompatActivity {

     @Override

      protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

      super.onCreate(savedInstanceState);

      setContentView(R.layout.activity_main);

      }

}

 

Nah, itulah kira-kira ulasan mengenai bahasa pemrograman Java dari mulai pengertian, alasan penting mengapa Anda harus menggunakan bahasa ini, struktur pemrograman Java, beserta contoh pemrograman Java.

 

 

 

 

Artikel Terkait

Langkah Mudah dan Cepat Belajar Edit Video dengan VSDC

Kebanyakan software edit video yang ada di internet rata-rata berbayar jika ingin menggunakan semua fitur yang tersedia secara bebas, dan harganya pun tidak murah

IT & Software | 22 Mar 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Mengenal Bahasa Python dan Manfaatnya

Bahasa Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi bersifat interpretatif, dan saat ini banyak diminati oleh praktisi IT di Indonesia.

IT & Software | 12 Mar 3 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani

Aplikasi Zoom dan Google Meet untuk Webinar dan Cara Penggunaannya

Sebelum melakukan aktivitas seminar jarak jauh lewat web, alias webinar melalui aplikasi online, Anda perlu mengetahui cara membuat webinar di Zoom dan Google Meet.

IT & Software | 07 Mar 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Artikel Populer


Topik Artikel

Ke Atas