Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dalam Kepemimpinan

Leadership | 17 Feb 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dalam Kepemimpinan

Kemampuan berpikir logis sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Mengapa begitu? Karena dengan kemampuan berpikir logis, akan membantu Anda untuk bernalar, tak terkecuali saat membuat keputusan penting, memecahkan masalah, menghasilkan ide-ide kreatif, dan juga menetapkan sebuah tujuan. 

Tak bisa dipungkiri, seorang pemimpin seringkali menemui tantangan dalam menjalankan tugasnya. Itu sebabnya, diperlukan kemampuan untuk dapat berpikir secara masuk akal, logis, dan bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Semakin kuat keterampilan berpikir logis yang dimiliki, maka Anda akan semakin mudah menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam sebuah kepemimpinan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian menggunakan nalar secara umum.

Pengertian Berpikir Logis

Cara berpikir seseorang dalam proses mewujudkan ide, rencana, argumen, maupun cita-cita, yang saat pelaksanaannya dipengaruhi oleh perasaan atau pandangannya tentang sesuatu secara umum merupakan pengertian pola pikir. Dengan kata lain, pola pikir ada hubungannya dengan perasaan dan perilaku.

Sedangkan logis, merupakan proses berpikir yang rasional atau dengan logika. Logika di sini, bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir secara benar. Untuk berpikir secara benar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu berpikir secara masuk akal dan berpikir sistematis, atau dikenal juga dengan sebutan system thinking.

Dapat diambil kesimpulan, berpikir logis artinya kemampuan untuk menarik kesimpulan yang benar menurut aturan logika dan dapat membuktikan kesimpulan tersebut berdasarkan pengetahuan atau ilmu yang sudah diketahui. 

Ada dua jenis cara berpikir dengan nalar, yaitu berpikir induktif dan berpikir deduktif. Berpikir induktif biasanya dimulai dari hal-hal khusus, kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Sedangkan, berpikir deduktif merupakan metode berpikir yang umumnya dimulai dari hal-hal yang lazim terlebih dahulu, baru ditarik kesimpulan pada hal-hal yang khusus.

Mengapa Penting Memiliki Kemampuan Berpikir Logis?

Memiliki kemampuan berpikir yang masuk akal sangat penting, terutama kalau Anda sebagai seorang pemimpin. Beberapa alasan yang melatarbelakanginya, antara lain:

  1. Membuat Anda dapat berpikir dengan tepat, sehingga mampu mengambil suatu tindakan dengan tepat, dan juga lebih efisien.
  2. Membuat pola pikir menjadi lebih tajam dan berkembang, sehingga mampu menganalisis permasalahan secara runtut dan ilmiah.
  3. Meningkatkan kemampuan berpikir abstrak, cermat, dan lebih objektif.
  4. Dapat membedakan pemikiran yang keliru.
  5. Mampu berpikir secara rasional, kritis, dan juga lebih koheren.

Cara Membangun Keterampilan Berpikir Logis

Meluangkan Waktu untuk Hobi yang Bersifat Kreatif

Menggambar, melukis, menulis, dan memainkan musik merupakan beberapa contoh hobi yang mampu mendorong pemikiran logis. Kegiatan ini akan membantu Anda dalam  mengembangkan kemampuan pemecahan masalah agar bisa menjadi lebih baik sebagai seorang pemimpin. 

Selain mampu mendorong kemampuan bernalar, dengan melakukan hobi yang bersifat kreatif, Anda bisa mengurangi stres. Ketika tingkat stres Anda dapat dikendalikan, maka Anda lebih mudah fokus, pikiran jadi lebih jernih, dan Anda pun jadi bisa melihat segala sesuatunya dengan cara pandang baru. Hasil berikutnya, Anda jadi lebih gampang membuat keputusan logis.

Berlatih Bertanya

Sering mengajukan pertanyaan terkait hal apa pun menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan berpikir logis. Dengan mengajukan pertanyaan, maka akan menolong Anda untuk melihat situasi secara detail. 

Mengajukan pertanyaan biasanya juga dapat menghasilkan penemuan baru terhadap suatu hal, sehingga mendorong Anda untuk terus mengetahui banyak hal. Cara ini bisa membuat Anda mengambil keputusan secara adil dalam mengatasi masalah. Namun ingat, adil itu tidak berarti sama rasa dan sama rata.

Lebih Baik dalam Bersosialisasi dengan Orang Lain

Tanpa Anda sadari, ketika membangun hubungan dengan orang lain, secara tidak langsung hal tersebut dapat memperluas sudut pandang Anda. Kemampuan berpikir logis akan lebih mudah berkembang, ketika Anda mempelajari perspektif atau cara lawan bicara menilai sesuatu. Semakin banyak Anda mempelajari, semakin Anda memiliki banyak variasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Salah satunya, terlibat aktivitas dalam kegiatan di perusahaan, ikut organisasi yang di dalamnya banyak para pemimpin sukses, atau pergilah menikmati kopi atau makan siang bersama secara teratur dengan relasi, rekan kerja, atau calon klien Anda.

Mempelajari Keterampilan Baru

Mempelajari keterampilan baru bisa Anda lakukan untuk mempertajam kemampuan berpikir logis. Misalnya, belajar bahasa asing yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya, mempelajari framework thinking, dan sebagainya. 

Mempelajari hal baru seperti ini otomatis memaksa diri Anda sendiri untuk memusatkan perhatian dan pikiran untuk menemukan cara terbaik dalam mempelajarinya, hingga kemudian Anda bisa menguasai keterampilan baru ini dengan baik. 

Ada proses yang akan Anda lalui dari mulai belajar di hari pertama hingga akhirnya benar-benar menguasai keterampilan baru ini. Proses yang Anda lalui tentu membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang cermat. Nah, dengan mempelajari keterampilan baru ini, maka pola pikir Anda pun semakin terlatih.

Mempertimbangkan Hasil dari Sebuah Keputusan

Saat Anda mengambil keputusan, ada baiknya untuk mempertimbangkan dampak dari keputusan tersebut di kemudian hari. Karena dengan Anda memikirkan dampaknya, secara tidak langsung Anda sedang berlatih untuk berpikir logis. Intinya, seorang pemimpin perlu cerdas menganalisis permasalahan dan jitu dalam pengambilan keputusan.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam sebuah kepemimpinan. Anda dapat melatihnya setiap hari demi bisa menjadi pemimpin yang baik dan pemimpin yang melayani. Di saat yang sama, Anda bisa menjadi navigator perubahan yang akan membawa tim Anda mencapai kesuksesan.

Artikel Terkait

Ke Atas