7 Alasan Pemasaran di Facebook Masih Efektif Dilakukan

Social Media Marketing | 11 Okt 4 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
7 Alasan Pemasaran di Facebook Masih Efektif Dilakukan

Hingga saat ini, Facebook marketing masih banyak dijadikan jurus jitu sukses jualan online, bahkan dianggap masih dianggap sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena Facebook menjadi platform media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Bahkan Facebook mempermudah pebisnis dengan menyediakan fitur marketplace, sehingga penjual bisa menjalankan bisnis online di Facebook marketplace.

Ada banyak cara jualan di Facebook, mulai dari cara tradisional dengan memajang foto atau video barang jualan di beranda, atau menggunakan berbagai teknik marketing Facebook. Banyak juga yang menggunakan tools Facebook marketing supaya lebih maksimal hasilnya.

Alasan Kenapa Facebook Marketing Masih Menguntungkan

Sekarang makin banyak media sosial baru yang bermunculan. Semuanya bisa digunakan sebagai media promosi melalui media sosial. Tetapi kenapa Facebook masih bisa diandalkan untuk berjualan? Inilah beberapa alasannya:

Media Sosial dengan Banyak Pengguna

Sama halnya saat Anda menjalankan bisnis secara offline atau menggunakan toko fisik, Anda pasti memilih lokasi toko yang ramai dengan lalu lalang orang. Begitupun saat menjalankan pemasaran secara digital, tentu Anda akan memilih platform berjualan online yang banyak penggunanya. Nah, Facebook merupakan salah satu media digital yang ramai, di mana banyak orang terhubung dan saling berinteraksi. Ada sebanyak 2 miliar pengguna tercatat memiliki akun Facebook di dunia. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 100 juta orang menggunakan FB.

keuntungan jualan online atau promosi di facebook itu gratis tanpa biaya apa pun

Gratis Alias Tanpa Biaya

Sebagai pebisnis, Anda pasti memperhitungkan arus keluar masuk uang dan meminimalkan penggunaan modal untuk biaya operasional. Ini wajar, karena bisnis yang untung memungkinkan umur bisnis jadi lebih panjang.

Dengan memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan berjualan online, Anda bisa menekan biaya marketing karena Facebook dapat digunakan secara gratis atau tanpa biaya. Anda cukup rajin posting konten secara rutin di Facebook untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Sangat Mudah untuk Diakses

Siapapun bisa menggunakan Facebook, tanpa  batas wilayah, gender, demografi, budaya, dan sebagainya. Cukup membuat akun dan tak sampai 15 menit akun Facebook tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Itulah mengapa jumlah penggunanya makin banyak dari hari ke hari. Agar bisa menjual lebih banyak, tak ada salahnya Anda melengkapi strategi penjualan yang Anda lakukan dengan tools Facebook marketing.

Bisa Dikustomisasi

Facebook adalah platform media sosial yang dilengkapi berbagai fitur marketing, serta dapat dikostumisasi atau di-setting sesuai dengan kebutuhan. Contohnya adalah Facebook fanpage. Lakukan beberapa pengaturan untuk membuatnya jadi lebih menarik dan bisa menjangkau lebih banyak target market menyukai fanpage tersebut.

24/7 Terhubung dengan Konsumen

Akses yang mudah dan gratis membuat Facebook menjadi media jualan online yang potensial untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Hal ini karena Facebook membuat bisnis Anda bisa 24 jam dan 7 hari dalam seminggu terus terhubung dengan konsumen

Pelanggan bisa kapan saja berselancar di Facebook dan menemukan produk atau layanan bisnis Anda. Ketika konversi penjualan terjadi, Anda tinggal mengumpulkan dan mencatat pesanan. Dengan kata lain, Facebook memungkinkan bisnis Anda bisa terus berjalan tanpa jeda, bahkan saat Anda tidur, promosi dan penjualan terus berjalan.

berjualan di media sosial bisa 24 jam sehari

Lebih Mudah Berinteraksi dengan Target Market

Ketika menggunakan Facebook, Anda bisa memanfaatkan layanan interaksinya yang interaktif dan user friendly, mulai dari tersedianya kolom komentar, percakapan lewat inbox, bahkan bisa pula membuat konten jualan di story Facebook. Pebisnis bisa berjualan dengan nyaman di Facebook dan pelanggan juga mudah berbelanja langsung melalui Facebook marketplace.

Bisa Memasang Iklan

Hal menarik lainnya yang membuat Facebook masih ampuh untuk jualan karena tersedia fitur iklan berbayar untuk memaksimalkan penjualan yang lebih luas. Selain itu, Facebook sekarang terhubung dengan Instagram dan Whatsapp, sehingga Anda bisa maksimalkan promosi produk Anda dengan pasar yang menjadi target market bisnis Anda.

Demikian 7 alasan mengapa Facebook marketing masih sangat efektif dan bisa membantu Anda meningkatkan penjualan.

Artikel Terkait

Ke Atas