Unduh Aplikasi QuBisa
Motivasi Diri Sendiri dengan Metode Self Hypnosis
Artikel
Psychology

Motivasi Diri Sendiri dengan Metode Self Hypnosis

Monica Anggen24 Jan 235 menit membaca

Dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi diri sendiri sangat dibutuhkan. Baik pada saat bekerja, belajar, maupun kegiatan lainnya. Motivasi diri sendiri sangat membantu mencapai apa yang Anda inginkan. Kemudian menjadi sumber semangat dalam mengerjakan sesuatu dan membantu Anda mendapatkan energi positif.

Ada beberapa cara motivasi diri yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah melalui metode self hypnosis. Self hypnosis adalah praktik hipnosis, di mana Anda dapat memberikan sugesti positif terhadap diri Anda sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini!

Pengertian Self Hypnosis

Self hypnosis adalah praktik paling sesuai untuk Anda yang ingin belajar memegang kendali atas diri sendiri. Karena sifatnya yang individual (tanpa memerlukan bantuan terapis), Anda dapat mengatur pikiran dan reaksi Anda baik secara fisik maupun emosional. Selama praktik self hypnosis ini dilakukan.

Sadar ataupun tidak, dalam kehidupan sehari-hari Anda telah berada pada situasi yang dibutuhkan untuk melakukan self hypnosis. Pernahkah Anda sangat menikmati buku yang sedang dibaca? Atau pernahkah Anda sangat fokus dengan film yang sedang ditonton, sehingga tidak sadar dengan apa yang terjadi di sekitar Anda?

metode self hypnosis

 

Nah, menurut para praktisi, keadaan ini disebut ‘everyday trance’ atau keadaan psikologis yang sangat rentan terjadi sehari-hari. Dengan situasi ini, Anda dapat menerima berbagai macam sugesti positif yang dapat digunakan sebagai motivasi diri sendiri.

Selain untuk motivasi diri sendiri, self hypnosis juga dapat berfungsi sebagai visualisasi pengembangan diri Anda. Dengan hipnosis, Anda dapat mengenal potensi diri, membangun kualitas diri, dan menahan rasa sakit. Kemudian bisa mengelola stres, dan meningkatkan performa kerja. 

Cara melakukan self hypnosis juga sangat mudah. Dengan catatan jika Anda dapat memfokuskan diri  selama praktik hipnosis berlangsung.

Apakah Self Hypnosis Sama dengan Meditasi?

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah hipnosis diri sendiri sama dengan meditasi yang sering dilakukan setiap hari? Menurut Lindsay B. Yeates dalam jurnalnya yang dipublikasikan di Australian Journal of Clinical Hypnotherapy & Hypnosis, hipnosis diri sendiri sangat mirip dengan meditasi. Kedua praktik ini melibatkan keadaan yang tenang dan rileks. Yang membedakannya adalah tujuan pelaksanaannya.

Self hypnosis cenderung memiliki tujuan tertentu dalam pelaksanaannya, yang dilibatkan dalam pikiran Anda. Tujuan ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan motivasi diri sendiri. Sedangkan meditasi tidak memiliki tujuan tertentu. 

Meditasi hanya terfokus untuk menenangkan diri dan menghadirkan diri Anda sepenuhnya saat itu juga. Namun, baik self hypnosis dan meditasi, keduanya dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental atau self healing.

Cara Melakukan Self Hypnosis dengan Benar

Self hypnosis dapat dilakukan dengan sederhana dan sangat aman, karena Anda memegang kendali atas diri sendiri, sepanjang berlangsungnya proses hipnosis. Anda hanya memerlukan tempat yang tenang untuk memasuki keadaan ‘trance’ sebelum menghipnosis diri sendiri. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti dalam melakukan self hypnosis.

Sediakan Ruangan yang Nyaman

Untuk menghadirkan fokus selama hypnosis, Anda memerlukan suatu ruangan yang nyaman dan tenang, serta jauh dari distraksi yang mungkin akan mengganggu proses self hypnosis Anda. Ruangan ini sangat berperan penting untuk memasuki kondisi ‘trance’.

Ambil Posisi yang Nyaman

Tentukan posisi Anda sebelum melakukan hipnosis diri sendiri. Apakah Anda lebih nyaman sembari duduk bersandar, tidur terlentang atau berdiri. Pastikan Anda duduk di kursi yang empuk dan tidur dengan posisi senyaman mungkin, kaki tidak menyilang. Gunakan pakaian yang longgar dan pastikan Anda tidak dalam keadaan sangat kenyang atau lapar.

Menghilangkan Ketegangan dengan Induksi Hipnosis

Pelan-pelan Anda akan memasuki keadaan hipnosis dengan menggunakan teknik relaksasi otot. Dengan teknik ini, Anda dapat fokus pada ketegangan yang tersimpan di tubuh dan melepaskannya secara berurutan. Pejamkan mata Anda, atur pernafasan, dan berkonsentrasi.

Mulailah menghilangkan ketegangan dari tangan dan lengan. Kemudian lanjut ke bagian punggung, bahu, leher, perut dan dada, serta bagian kaki. Anda dapat memvisualisasikan ketegangan Anda yang menguap atau menghilang. Relaksasi otot adalah titik awal yang sangat baik untuk memulai self hypnosis.

Memberikan Sugesti ke Alam Bawah Sadar Anda

Dengan keadaan yang fokus dan rileks, Anda dapat memberikan perhatian lebih dalam dan memberikan sugesti pada diri Anda, sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Mulailah berikan energi positif kepada diri Anda dengan kalimat yang sederhana. 

Misalnya seperti “saya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik”, “saya rajin dan dapat bekerja dengan baik”, “saya akan berusaha untuk mengerjakan semuanya tepat waktu”, “saya cerdas, kreatif, percaya diri dan bersemangat”, dan lain sebagainya. Katakan sugesti ini dengan lembut.

Persiapan Kembali ke Keadaan Normal

Setelah merasa puas dengan sugesti positif yang diberikan, sekarang saatnya Anda kembali ke keadaan normal dan sadar. Anda dapat menghitung hingga angka lima, sambil mengatakan pada diri Anda bahwa Anda menyadari keadaan di sekeliling. Pada hitungan kelima, buka mata Anda perlahan-lahan sambil merasakan kesadaran pada seluruh tubuh Anda. 

motivasi diri dengan self hypnosis

Self hypnosis adalah praktik yang sangat baik untuk motivasi diri sendiri. Teknik ini sangat aman dilakukan dan sederhana, jika Anda dapat memfokuskan diri Anda saat mengaplikasikannya. Hipnosis diri sendiri juga dapat dilakukan untuk membangun kualitas diri Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu ruangan dan posisi yang nyaman, merelaksasi otot-otot Anda, sugesti ke diri sendiri, dan sadar kembali.

Metode hipnosis diri sendiri, self healing, dan cara mengatasi stres, bisa Anda pelajari di kursus online gratis, dan webinar gratis di QuBisa. #BelajarGakRibet dengan QuBisa karena Anda dapat mengaksesnya melalui website maupun mobile. Selain itu, Anda juga bisa upgrade skill melalui program keterampilan digital milenial (KDM), keterampilan sukses milenial (KSM), dan QuBisa Goes to Campus.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua