Unduh Aplikasi QuBisa
Miliki Mental Orang Sukses dalam Dunia Bisnis
Artikel
Career Development

Miliki Mental Orang Sukses dalam Dunia Bisnis

Monica Anggen24 Jan 235 menit membaca

Dalam dunia pekerjaan, Anda perlu memiliki mental orang sukses agar dapat mencapai target yang ditetapkan. Kesuksesan setiap orang memang punya parameter berbeda. Ada yang ingin sukses secara karir, secara finansial, atau ingin menjadi profesional di bidang yang digelutinya.

Namun, apa pun tolok ukurnya, untuk menjadi sukses harus memiliki mental yang sama. Dibutuhkan kerja keras, komitmen dan kebiasaan baik untuk mewujudkan apa yang diimpikan. 

Untuk masuk ke dunia kerja misalnya, Anda perlu mental sekuat baja supaya mampu bertahan di perusahaan. Selain tahan banting, Anda juga harus percaya diri agar apa yang dikerjakan mendapatkan hasil maksimal.

Mental yang Harus Dimiliki Ketika Memasuki Dunia Kerja

Mengenal Diri Sendiri

Mental orang sukses dalam pekerjaan adalah mengenal diri sendiri. Kenali apa yang Anda suka, apa yang membuat bahagia, dan apa yang membuat Anda sedih. Bahkan cari tahu apa yang tidak disukai oleh Anda.

Dengan begini, Anda dapat menentukan passion. Jika bekerja sesuai passion, maka Anda akan melakukan yang terbaik dengan hati gembira. Hal ini akan membantu mencapai kesuksesan dengan lebih mudah.

mental orang sukses

Integritas

Integritas adalah keteguhan sikap yang direfleksikan pada perbuatan Anda, dengan menjunjung tinggi moral yang dipercayai. Integritas dalam bekerja adalah tindakan konsisten Anda dalam melaksanakan kebijakan perusahaan dan menjaga kode etik profesi.

Orang dengan integritas tidak akan terpengaruh hal negatif yang dapat mencela prinsipnya.  Melalui integritas pula, Anda akan merasa damai. Karena berjalan pada koridor yang diinginkan tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain. Oleh sebab itu, integritas sangat Anda butuhkan untuk menjadi orang sukses.

Optimis

Salah satu mental orang sukses yang wajib dimiliki adalah optimis. Optimis merupakan sikap di mana Anda dapat melihat suatu hal dengan baik dan bersemangat. Dengan begini Anda mampu melihat peluang yang ada. Anda pun akan selalu on track dalam melakukan apa yang Anda yakini benar.

Disiplin

Untuk menjadi sukses, Anda perlu melatih disiplin. Tindakan mematuhi sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku. Anda bisa mulai mendisiplinkan diri sendiri dengan mematuhi waktu yang telah Anda atur sedemikian rupa atau framework pekerjaan yang telah ditentukan.

Berpikiran Terbuka

Mental orang sukses lainnya adalah berpikiran terbuka. Open minded memungkinkan Anda menerima pendapat orang lain dan dapat melihat suatu permasalahan dari sudut pandang berbeda. 

Berpikiran terbuka juga berlaku saat Anda menerima kritikan dari orang lain. Kritikan ini akan bermanfaat bagi Anda untuk menentukan langkah, agar menjadi lebih baik.

Tips Melatih Mental dalam Dunia Bisnis

Melatih mental dalam dunia kerja memang perlu dilakukan. Setiap hari Anda harus menguatkan mental karena dalam pekerjaan Anda akan mengalami perubahan-perubahan baik yang sudah diprediksi maupun tidak. Kekuatan mental inilah yang mendorong Anda untuk siap siaga menghadapi segala permasalahan yang mungkin terjadi. 

Berikut beberapa tips melatih mental yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi challenge di masa yang akan datang.

melatih mental orang sukses

Kontrol Emosi Anda

Mental orang sukses tidak mudah tersinggung atau marah. Jadi, untuk melatih mental, mulailah dengan mengontrol emosi. Berusahalah untuk tenang dalam menghadapi setiap permasalahan sekalipun Anda sedang marah.

Kontrol emosi dapat diperhatikan dari nada berbicara dan gerak tubuh. Perhatikan cara Anda berbicara saat sedang emosi. Patricia Thompson, seorang pebisnis wanita asal Inggris, co-founder Cheveley Park Stud mengatakan bahwa jika Anda menghadapi situasi yang membuat marah, maka tarik nafas dalam-dalam, tahan sebentar kemudian hembuskan. Teknik pernafasan seperti ini akan membuat Anda menjadi tenang.

Lakukan Refleksi Diri

Untuk melatih mental, Anda harus melakukan refleksi diri secara berkala untuk mengetahui apa yang sudah dilakukan dengan baik dan apa yang belum dilakukan untuk sukses. Refleksi diri ini akan membantu Anda mengetahui langkah apa yang akan diambil untuk mencapai keinginan Anda. 

Lakukan Pengembangan Diri

Salah satu cara melatih mental orang sukses adalah dengan melakukan pengembangan diri atau personal development. Ikuti pelatihan atau seminar yang mampu meningkatkan keterampilan sukses milenial Anda, terutama soft skill. Soft skill sangat berperan penting untuk memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu, Anda perlu merencanakan pengembangan diri secara berkelanjutan.

Anda dapat meningkatkan skill ini melalui program keterampilan digital milenial, maupun QuBisa Goes to Campus yang bisa diakses melalui desktop ataupun mobile. Platform belajar online Indonesia ini pun menyediakan berbagai kursus online, webinar gratis maupun berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan diri.

Melatih Growth Mindset

Growth mindset merupakan pemikiran di mana Anda meyakini bahwa Anda bisa bertumbuh menjadi lebih baik, lebih cerdas, lebih berbakat, dan lain sebagainya, seiring dengan berjalannya waktu. 

Growth mindset mendorong Anda menggali potensi diri. Growth mindset menurut Carol Dweck, seorang profesor Ilmu Psikologi, Stanford University. Konsep ini akan membantu Anda melakukan perubahan dalam hidup ke arah lebih baik.

Untuk menjadi orang sukses di dunia profesional, Anda perlu memiliki mental orang sukses. Dalam menghadapi dunia kerja, Anda perlu mengenal diri Anda, memiliki integritas dan selalu optimis dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Selain itu, Anda juga perlu disiplin dan berpikiran terbuka.

Untuk melatih mental orang sukses ini, Anda bisa melakukannya dengan mengontrol emosi, refleksi diri secara berkala, melakukan pengembangan diri dan melatih growth mindset Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua