Unduh Aplikasi QuBisa
5 Tips Meningkatkan Efektivitas dan Loyalitas Pelanggan
Artikel
Sales

5 Tips Meningkatkan Efektivitas dan Loyalitas Pelanggan

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Loyalitas pelanggan sangat dipengaruhi bagaimana brand memberikan pelayanan yang kualitas kepada para pelanggan. Oleh sebab itu, kepuasan pelanggan atau customer satisfaction seyogyanya menjadi perhatian bagi para pelaku usaha karena dapat meningkatkan efektivitas dan kinerja perusahaan.

5 Tips Meningkatkan Efektivitas dan Loyalitas Pelanggan

Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, setidaknya ada 5 faktor yang perlu dipenuhi untuk dapat membuat pelanggan menjadi semakin loyal pada produk, layanan, dan bisnis Anda. Ini 5 tips meningkatkan efektivitas dan loyalitas pelanggan.

Reliability

Reliability atau dapat diandalkan serta dapat dipercaya perlu Anda miliki untuk membangun customer loyalty. Pelanggan akan mendengarkan saran-saran dari Anda dan akhirnya memutuskan untuk menerima produk atau layanan yang ditawarkan.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan reliability, antara lain menjaga sikap dan perkataan di hadapan pelanggan, tidak mengumbar janji jika tidak yakin dapat ditepati, dan menjaga kualitas produk agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Anda juga sebaiknya berani bertanggung jawab jika ada kesalahan yang terjadi terkait produk dan layanan Anda.

Beberapa tips lain yang juga perlu Anda pelajari terkait pelanggan, antara lain:

dapat diandalkan dan dapat dipercaya

Assurance

Calon pelanggan membutuhkan adanya jaminan atau assurance untuk setiap produk maupun layanan yang digunakan. Jaminan tersebut, antara lain terkait jaminan pengembalian jika produk tidak sesuai pesanan dan jaminan servis dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, sangat penting untuk menjamin kebenaran informasi yang disampaikan pada iklan dengan kualitas produk yang sebenarnya.

Banyak bisnis yang berani memberikan jaminan uang kembali kalau produk tidak sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Hal ini untuk membangun kepercayaan pelanggan agar lebih yakin untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Tangible

Komponen berikutnya yang dapat meningkatkan efektivitas dan loyalitas pelanggan adalah tangible atau sifat berwujud. Jika produk atau layanan Anda tidak berwujud secara fisik, maka Anda dapat memberikan wujud lainnya, seperti gedung kantor yang terawat, gerai yang nyaman, tersedianya air minum gratis, dan lain-lain.

Perhatikan juga penampilan semua petugas yang melayani pelanggan. Busana yang dikenakan, riasan wajah, serta bahasa tubuh yang ditampilkan dapat menjadi bentuk tangible untuk meningkatkan efektivitas pelanggan.

Empathy

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda perlu membangun empati atau peduli kepada pelanggan. Pelanggan ingin dipahami dan dibantu mencari solusi atas permasalahan yang dialami terkait produk atau layanan Anda. Upayakan untuk memahami posisi pelanggan tersebut dan membantunya dengan sepenuh hati. 

Masalah yang dialami pelanggan bermacam-macam. Kadang-kadang, pelanggan mengeluhkan persoalan yang bukan wewenang Anda untuk mengatasinya. Alih-alih langsung mengabaikan, sebaiknya Anda berempati dan membantu mengarahkan pelanggan ke pihak yang berkaitan dengan masalahnya.

Bagaimana cara membangun empati? Ikuti saja kursus online gratis yang menyediakan berbagai materi pembelajaran daring di aplikasi belajar online QuBisa. Berbagai tema pengembangan diri, pengembangan bisnis, termasuk mengenai empati dan meningkatkan loyalitas pelanggan, sudah tersedia, di antaranya:

bangun empati atau peduli kepada pelanggan

Responsiveness

Komponen lainnya yang dapat meningkatkan efektivitas dan loyalitas pelanggan adalah responsiveness atau respons terhadap pelanggan. Dinamika bisnis sangat cepat dan pelanggan Anda tidak mau menunggu terlalu lama. Anda harus segera merespons pelanggan Anda sebelum mereka pindah ke kompetitor.

Ketika calon pelanggan menghubungi kontak layanan pelanggan dan bertanya tentang informasi produk, upayakan untuk segera menjawab pertanyaan tersebut. Demikian juga ketika ada keluhan pelanggan yang segera membutuhkan solusi, Anda perlu segera membuat keputusan solusi apa yang akan diambil. 

Itulah 5 tips meningkatkan efektivitas dan loyalitas pelanggan yang perlu Anda coba terapkan. Semua komponen tersebut perlu ditingkatkan secara menyeluruh untuk mencapai target yang diharapkan. Ingatlah bahwa membangun loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara instan, Anda harus konsisten dalam menerapkan strategi yang dirancang.

Untuk mengukur customer satisfaction dan peningkatan loyalitas pelanggan, buatlah survey kepuasan pelanggan serta berikan ruang untuk penyampaian kritik dan saran dari pelanggan. Berikan bonus poin reward untuk pelanggan yang bersedia berpartisipasi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua