Unduh Aplikasi QuBisa
Mengelola Penjualan dengan Virtual Telesales
Artikel
Product Marketing

Mengelola Penjualan dengan Virtual Telesales

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Di zaman yang serba modern ini membuat banyak aspek kehidupan berkembang pesat. Salah satunya, proses mengelola penjualan online. Kini sudah banyak perusahaan yang menggunakan inovasi terbaru berupa virtual telesales dalam proses pekerjaannya. Virtual telesales tentunya menjadi inovasi yang tidak boleh dianggap remeh, apalagi dengan fungsi dan manfaatnya yang sangat membantu.

Apa Itu Virtual Telesales?

Telesales adalah suatu layanan dalam penjualan sebuah produk ataupun jasa yang secara langsung ditujukan kepada target konsumen dengan cara offering, prospecting, dan berbagai aktivitas promosi lain. Kegiatan ini banyak dilakukan melalui media telepon, atau di masa sekarang bisa pula melalui live chat di website dan media sosial. Telesales sangat berperan penting dalam mengelola penjualan online sehingga dalam proses perekrutan SDM-nya membutuhkan skill yang matang.

Jadi secara ringkas, telesales adalah semua kegiatan yang dilakukan dalam rangka menjual produk dan jasa secara langsung kepada konsumen melalui media telepon. Sedangkan virtual telesales adalah kegiatan telesales yang dilakukan secara virtual, bisa melalui media audio, visual, ataupun audio-visual.

Meningkatkan Penjualan dengan Virtual Telesales

Nah, setelah mengetahui apa itu telesales dan virtual telesales dalam meningkatkan penjualan, Anda juga perlu memahami tugas virtual telesales. Tugas utama dari seorang telesales dalam mengelola penjualan online adalah menciptakan konversi dari berbagai peluang yang ada untuk meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan. Adapun beberapa aktivitas yang dilakukan untuk mengelola penjualan dengan telesales, antara lain:

  • Merespons data pelanggan dari telemarketing, kemudian mengolahnya untuk menjadikan mereka pelanggan potensial yang akan melakukan transaksi secara rutin. 
  • Menaikkan tingkat penjualan sebagai cara menyeimbangkan biaya pengeluaran usaha.
  • Menekan semua biaya pemasaran terlebih dalam post transportasi karena semua interaksi penjualan dilakukan dengan media telepon, yang tentunya lebih hemat biaya dan cepat

Dalam mengelola penjualan online, telesales sering disamakan dengan telemarketing. Padahal sebenarnya keduanya memiliki karakteristik dan tugas yang berbeda. Tapi pada prinsipnya sebenarnya sama saja, dan Anda tetap bisa mempraktekkan The Secret of Sales Champion. Meski begitu, tak ada salahnya, Anda juga mengetahui perbedaan antara telesales dengan telemarketing.

Perbedaan Telesales dan Telemarketing

Beberapa informasi di bawah ini wajib Anda ketahui agar tidak salah dalam menilai apa itu telesales dan telemarketing, karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Telesales adalah kegiatan untuk menjual produk ataupun jasa dalam mengelola penjualan online dengan menggunakan media telepon.

Virtual Telesales Mengelola Penjualan Produk

Sementara, telemarketing memiliki tugas menciptakan peluang penjualan yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim sales. Dengan kata lain, telemarketing merupakan kegiatan yang mendukung minat dari konsumen, memberikan informasi, membuka sebuah peluang, dan mendapatkan masukan dari setiap pelanggan, terkait produk, jasa, maupun layanan perusahaan.

Keduanya saling bersinergi, yang satu mengumpulkan data dan peluang, kemudian seluruh data dianalisis terlebih dahulu untuk mengelompokkan mana pelanggan potensial dan mana yang tidak. Setelahnya, data ini diserahkan kepada tim telesales untuk melakukan tindak lanjut yang diperlukan agar bisa menciptakan peluang pembelian. 

Ikuti pelatihan Mengelola Penjualan Dengan Virtual Telesales Skill, untuk peningkatan skill penjualan yang lebih baik. Dalam pelatihan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai materi penting, seperti:

  • Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keahlian dalam menawarkan produk melalui telepon serta memahami bagaimana mengembangkan kompetensi telesales agar dapat mendukung penjualan online.
  • Memahami cara mengembangkan kompetensi telesales agar dapat memberi pelayanan dan penawaran online di era digital.
  • Mempelajari faktor-faktor keberhasilan telesales dalam menawarkan produk kepada pelanggan.
  • Mempelajari metode kalimat persuasif yang dapat digunakan untuk closing penjualan terhadap konsumen ataupun calon pelanggan.
No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua