Unduh Aplikasi QuBisa
Metode Mengatur Keuangan Perusahaan
Artikel
Finance

Metode Mengatur Keuangan Perusahaan

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Menjelang akhir bulan keadaan dompet menipis bahkan kosong menjadi hal yang tidak diinginkan semua orang. Karena saat hal itu terjadi, akhirnya harus memotong jatah keuangan pos lain. Yang mana akan berpengaruh di bulan berikutnya. Keadaan seperti ini apabila berlanjut terus, dapat mengakibatkan keuangan berantakan. 

Sebetulnya, bukan hanya Anda ataupun keluarga yang membutuhkan pengaturan keuangan yang baik. Perusahaan pun harus mengatur keuangan secara tepat, disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan pemasukan yang ada. Di sinilah pentingnya pemikiran cerdas dan tangkas. Keliru dalam memperhitungkan pengeluaran, bisa berakibat fatal pada keberlangsungan perusahaan.

Pentingnya Mengatur Keuangan Perusahaan

Keuangan menjadi hal penting dalam perusahaan, karena menjadi salah satu pondasi kuat dalam bergerak dan berkembang. Bayangkan apabila suatu bisnis administrasi keuangannya tidak berjalan dengan baik. Alih-alih perusahaan berkembang, hasilnya malah gaji karyawan tak terbayarkan, tidak mampu membeli bahan baku, atau terjadi pemutusan hubungan kerja. 

Dibutuhkan teknik manajemen keuangan yang rapi, benar-benar terpercaya dan bertanggung jawab. Berikut ruang lingkup manajemen keuangan dan metode mengatur keuangan untuk perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Secara garis besar, ada dua pendekatan dalam ruang lingkup manajemen keuangan ini. Pendekatan konvensional, sistem yang diterapkan dalam pendekatan ini seputar pengelolaan uang saja.

Kemudian ada pendekatan modern, pendekatan ini lebih luas cakupannya dibandingkan pendekatan konvensional. Manajemen keuangan dengan pendekatan modern mencakup keputusan strategis keuangan, investasi dan dividen.

Berkaitan dengan alokasi dana perusahaan, baik pemasukan dan pengeluaran. Supaya menjadi efisien guna mendapatkan keuntungan yang lebih, maka ruang lingkup manajemen keuangan bisa ditarik sebagai berikut.

Keputusan Investasi

Keputusan investasi berhubungan erat dengan aset. Termasuk di dalamnya adalah bangunan, tanah atau tempat perusahaan tersebut berdiri serta alat-alat produksi. Selain itu bisa juga berupa surat berharga. Keputusan investasi menjadi salah satu hal penting karena dari situ aset perusahaan bisa menjadi aset yang bernilai lebih. Investasi dana yang baik akan diperoleh hasil investasi jangka panjang untuk perusahaan. Tentunya demi keuntungan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Menentukan keputusan pendanaan yang tepat untuk perusahaan

Keputusan Pendanaan

Pendanaan umumnya terkait dari mana perusahaan mendapatkan dana atau modal, baik dari dalam atau luar perusahaan. Dana yang ada akan digunakan untuk biaya operasional hingga ekspansi anak perusahaan. Kebijakan di sini tentunya harus dipertimbangan secara matang dialokasikan untuk apa.

Kemudian untuk mendapatkan modal baru apakah dengan hutang atau cara lain. Keputusan pendanaan ini harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, sehingga tidak sampai merugikan di kemudian hari.

Manajemen Aset

Hal tak kalah penting dalam perusahaan dan tidak bisa diabaikan begitu saja adalah manajemen aset. Baik aset terlihat maupun intangible assets yang berhubungan dengan human capital. Tanpa adanya kebijakan matang terkait aset, perusahaan bisa saja tidak kuat pada sektor keuangan.

Metode Mengatur Keuangan untuk Perusahaan

Adapun metode dan fungsi keuangan itu sendiri mencakup beberapa hal, yaitu:

Perencanaan yang Rapi

Perencanaan keuangan menjadi pilar utama dalam mengelola keuangan. Adanya rencana yang baik, akan meminimalkan pengeluaran yang tidak penting. Kemampuan kas perusahaan harus benar-benar diketahui secara detail, sehingga rencana yang dibuat sesuai kebutuhan perusahaan. Perencanaan yang rapi, mempermudah kinerja perusahaan.

Anggaran Keuangan

Dari perencanaan yang baik dan rapi tersebut, Anda bisa membuat anggaran keuangan agar sesuai kebutuhan, efisien dan efektif. Namun sebelumnya harus dicek terlebih dulu, apa saja yang perusahaan butuhkan agar anggaran benar-benar tepat guna.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan sangat penting agar rencana dan anggaran yang dikeluarkan sesuai dan tidak melenceng dari rencana. Untuk mendapatkan keuntungan besar, laporan keuangan harus dibuat secara benar dan rutin. Dari laporan keuangan ini bisa dilihat naik turunnya laju dana dalam perusahaan. Dengan begitu bisa dicari solusi tepat agar mendapatkan keuntungan maksimal.

Anda bisa mempelajari tentang cara Tepat Mengambil Keputusan Melalui Analisis Laporan Keuangan dari kursus online di QuBisa. Platform belajar online yang menyediakan berbagai kursus online gratis maupun berbayar, hingga webinar gratis. Yang mana bisa membantu Anda untuk memahami lebih banyak tentang pengelolaan keuangan, business, leadership, human resource, dan keterampilan digital milenial.

Di QuBisa, Anda juga dapat mencoba untuk bagi ilmu dapat hadiah. Caranya dengan mengikuti lomba video microlearning festival yang hadiahnya jutaan rupiah. 

Mengurangi Risiko

Memang tidak mudah dalam mengurangi risiko ini. Karena perencanaan keuangan yang bagus bukan berarti tanpa risiko. Namun, dengan pengaturan yang jelas dan baik, tentu akan meminimalkan risiko. 

Kadang, di awal membuka bisnis, berani mengambil hutang dalam jumlah besar, belum tentu hasilnya sesuai harapan. Inilah risiko yang mau tidak mau dapat terjadi dan harus dihadapi. Misalnya saja dengan tawaran kerja sama usaha yang menguntungkan. Tentunya dengan perjanjian yang jelas, supaya pembagian keuntungan tidak menjadi kendala kedepannya.

Manajemen keuangan dalam perusahaan harus mempertimbangkan segala risiko yang ada selama kegiatan operasinal perusahaan

Pengawasan dan Audit Keuangan

Setelah semua proses dilakukan dengan baik, selanjutnya perlu adanya pengawasan dan audit keuangan secara rutin. Manfaat dari pengawasan serta audit ini untuk melihat apakah sesuai dengan prosedur yang diterapkan perusahaan atau belum. 

Dengan adanya pengawasan, sesuatu yang kelihatan melenceng akan bisa dikembalikan ke aturan yang berlaku. Anda juga bisa menghindari fraud. Di sini Anda harus mengetahui terlebih dahulu terkait perbedaan antara auditor Internal dengan auditor eksternal, hingga tugas auditor

Dengan metode dan strategi mengatur keuangan yang baik, perusahaan akan berjalan dengan aturan dan sesuai harapan. Keuntungan yang didapat bisa optimal dan otomatis kesejahteraan karyawan bisa ditingkatkan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua