Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menyikapi dan Mengatasi Berita Hoax
Artikel
General Health

Cara Menyikapi dan Mengatasi Berita Hoax

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Pemerintah melalui Kominfo dan masyarakat yang peduli dengan persatuan Indonesia semakin sering menggaungkan pentingnya literasi digital, mengingat saat ini penyebaran berita hoax semakin menjadi-jadi, apalagi kalau sudah berkaitan dengan politik dan kesehatan. 

Berita hoax, atau hoaks, adalah berita bohong yang kebenarannya harus dibuktikan dan diperiksa dulu melalui data dan fakta yang ada. Melihat dampaknya yang begitu berbahaya, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk menyikapi dan mengatasi berita hoax.

Cara Menyikapi dan Mengatasi Berita Hoax

Agar dapat menyikapi dan mengatasi penyebaran berita hoax, Anda perlu mengenali ciri-ciri berita hoax terlebih dahulu. Kemudian, menerapkan dan mensosialisasikan pentingnya literasi digital agar tidak jadi netizen sesat.

Jangan Mudah Terprovokasi dengan Judul Berita 

Artikel dengan judul clickbait memiliki isi yang sama sekali tidak berhubungan dengan headline artikel. Berita semacam ini biasanya dibuat dengan tujuan tertentu, misal untuk mendongkrak jumlah visitor atau viewers, yang pada akhirnya berhubungan dengan seberapa banyak uang yang bisa didapatkan. Baca dan pahami dengan perlahan agar tidak terprovokasi. Biasanya, berita hoax menggunakan judul berita bertipe clickbait ini.

Bersikap Kritis terhadap Apapun yang Didapat

Seperti yang telah diketahui, siapapun bisa menulis berita di internet. Namun tak semua orang memiliki kapasitas serta tanggung jawab terhadap apa yang ditulis. Untuk itu Anda harus mencari tahu apakah berita tersebut valid. Cara memeriksa valid tidaknya suatu berita, Anda bisa mencari referensi lain mengenai bahasan yang sama atau masuk ke kanal cekfakta liputan6.com.

Utamakan Logika

Selanjutnya, selalu gunakan logika saat mendapati suatu berita yang belum diketahui kebenarannya. Seperti berita tentang konspirasi corona yang santer terdengar hingga broadcast yang menggiring opini agar masyarakat meninggalkan protokol kesehatan karena disebut bahwa corona hanya akal-akalan. Padukan dengan data dan jurnal ilmiah.

Sudah banyak contoh bahaya berita hoax Covid-19, sehingga Anda perlu benar-benar menyikapinya dengan bijaksana dan mencegah penyebaran berita hoax tersebut supaya tidak semakin luas.

Lakukan Konfirmasi

Selalu tanyakan kepada lembaga yang bersangkutan. Lembaga profesional tidak akan mungkin sembarangan dalam menyampaikan berita kepada masyarakat. Tak ada salahnya jika Anda mem-follow akun-akun media sosial yang memang sudah terpercaya dalam menyampaikan konten.

Menggunakan logika saat membaca berita hoax

Laporkan Konten yang Mengandung Hoax

Cara mengatasi berita hoax yang cukup efektif adalah melaporkannya kepada lembaga yang berwenang, dalam hal ini adalah Kominfo. Anda bisa mengirimkan email berisi aduan ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Jika berkaitan dengan berita tentang Covid-19, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi peduli lindungi dari Kominfo.

Jika hoax yang Anda terima berasal dari sosial media, Anda cukup laporkan konten tersebut dengan cara klik titik tiga kanan atas, pilih Laporkan. Pihak sosial media akan menindak konten yang banyak dilaporkan.

Saring Sebelum Sharing

Hoax akan menggunakan kalimat-kalimat yang bernada ancaman, semisal jika tidak dibagikan maka akan mendapat karma atau iming-iming akan memperoleh keberuntungan. Tetap tenang dan gunakan logika serta periksa kebenaran berita tersebut. Saring sebelum sharing, jika hal tersebut hoax cukup berhenti di Anda.

Jangan Mudah Percaya dengan Gambar atau Video yang Muncul di Internet

Kecanggihan dunia fotografi memungkinkan untuk menggabungkan dua gambar atau lebih dalam satu bentuk konten. Ditambah dengan kata-kata bombastis biasanya akan mengundang banyak interaksi. Jangan mudah percaya dengan apa yang Anda lihat di internet karena konten semacam ini sangat mudah dibuat oleh siapapun.

Cara Cek Berita Hoax

Tak kalah penting berikut ini cara cek kebenaran sebuah berita dengan melihat ciri-ciri berita hoax:

Perhatikan Elemen Berita

Berita hoax biasanya tidak menampilkan keterangan waktu dengan pasti, misal tanggal, waktu atau keterangan tempat. Berita hoax biasanya akan menuliskan kemarin, lusa atau besok tentang kronologi kejadian.

Cek Google

Manfaatkan Google untuk menganalisis sebuah konten. Jika Anda curiga, coba ketikkan kata kunci yang dilengkapi kata hoax di belakangnya. Google akan menampilkan referensi artikel terkait konten tersebut.

Verifikasi Data

Langkah penting lain yang bisa ditempuh untuk menganalisis hoax. Cocokkan pernyataan yang terkandung dalam konten dengan sumber yang dapat dipercaya, seperti jurnal penelitian atau situs resmi milik pemerintah.

Itulah beberapa trik yang bisa digunakan untuk menyikapi dan mengatasi berita hoax.

Melakukan pengecekan data kembali saat membaca berita hoax
No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua