Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Memperluas Jaringan Kolega via LinkedIn untuk Personal Branding
Artikel
Personal Brand Building

Tips Memperluas Jaringan Kolega via LinkedIn untuk Personal Branding

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Media sosial memiliki peran penting dalam banyak bidang. Sekarang ini, promosi dan sejenisnya dapat dilakukan melalui media sosial dengan cara mudah. Lalu, bagaimana melakukan personal branding di media sosial? 

Salah satu platform media sosial yang berhubungan erat dengan personal branding adalah LinkedIn Indonesia. Mengapa LinkedIn? Karena melalui LinkedIn, karier Anda akan mampu berkembang secara maksimal. Nah, LinkedIn Indonesia tak hanya menguatkan personal branding dan karier Anda, tapi juga dapat memperluas jaringan untuk bekerja sama.

Memperluas Jaringan via LinkedIn untuk Personal Branding

Jadi, wajar jika banyak orang memilih untuk melakukan personal branding di LinkedIn, mungkin termasuk Anda salah satunya. Karena untuk membangun citra diri memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu trik dan tips khusus untuk melakukannya. Anda bisa mencoba tips memperluas jaringan kolega via LinkedIn untuk personal branding LinkedIn seperti di bawah ini.

Tips Memperluas Jaringan Kolega via LinkedIn untuk Personal Branding

Optimalkan Profil LinkedIn

Optimalisasi profil adalah poin penting dalam membentuk personal branding. Anda harus melengkapi profil LinkedIn dengan lengkap, sehingga pengunjung tahu siapa Anda sebenarnya. Kemudian juga apa saja pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Hingga portofolio berkualitas yang membuat profil terlihat semakin menarik. 

Lengkapnya profil Anda akan memberi efek untuk orang yang sedang kandidat yang cocok untuk perusahaannya. Dihubungi perusahaan yang sesuai minat, keahlian, bakat, dan hobi sungguh menyenangkan, bukan? Jangan lupa juga untuk mempelajari Cara Membuat Recruiter Tertarik Lewat Headline LinkedIn Anda.

Posting Secara Rutin

Selain itu, Anda harus update posting konten ke LinkedIn secara teratur. Buatlah konten yang menarik, dan memikat. Tunjukkan hal-hal positif yang akan membuat orang tertarik untuk melihat, serta membacanya. Anda pun bisa menambahkan video ketika tengah bekerja, atau sesuatu yang mendukung pekerjaan Anda. Konten berkualitas sangat diperlukan saat Anda mengunggah sesuatu di akun LinkedIn.

Perlu diketahui, butuh waktu dan sebuah proses untuk personal branding yang bagus. Rutin mengunggah konten berkualitas membuat citra diri naik secara perlahan, tapi pasti. Jadi, jangan malas untuk posting sesuai target yang diharapkan. 

Mengubah URL LinkedIn

Mengubah URL LinkedIn menjadi lebih personal akan membuat Anda lebih mudah ditemukan, dan menonjol dibanding para profesional lain. Dengan begitu, LinkedIn job bisa meningkatkan Anda direkrut melalui koneksi. Memang URL yang diubah personal atau URL LinkedIn yang tidak panjang ini mempermudah orang menemukan Anda, tentunya sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Menghindari Penggunaan Link saat Posting

Sepertinya hal sepele, tapi ternyata memberikan link yang akan membuat pembaca keluar dari halaman profil Anda akan mengubah algoritma LinkedIn. Lebih baik update, ataupun menyebarkan konten tanpa link. Dengan begitu pembaca tidak keluar dari akun, dan melihat konten secara menyeluruh.

Rajin Berinteraksi

Mengisi profil secara lengkap, rutin posting konten ke akun LinkedIn akan lebih lengkap saat membangun jaringan untuk personal branding yang baik, jika Anda memperhatikan cara berinteraksi. 

Membalas komentar dan saling berinteraksi dengan pengguna lain akan membuat profil Anda makin terlihat bagus. Jangan lupa berkomentar, ataupun berinteraksi dengan relevan, sesuai tujuan Anda. Siapa tahu Anda akan ditemukan, atau menemukan kolega tepat untuk pengembangan diri yang lebih baik.

Bergabung di Grup LinkedIn

Bergabung grup LinkedIn membuat Anda semakin mudah bertemu, dan berinteraksi langsung dalam jaringan yang diharapkan. Personal branding akan naik dengan sendirinya. Memperluas jaringan dengan bergabung di grup LinkedIn juga dapat menonjolkan profil Anda di antara banyak orang pada industri yang sama. 

Memperluas Jaringan Untuk Personal Branding

Dengan cara menggunakan LinkedIn yang sangat mudah, tak ada lagi alasan untuk bingung mencari pekerjaan berdasarkan posisi, serta kemampuan. Anda hanya perlu membuat akun, memberikan profil terbaik, dan posting secara rutin dengan konten berkualitas sesuai bidang yang digeluti.

Selain itu, Anda bisa mempelajari hal-hal terkait personal branding, ataupun meningkatkan skill keterampilan digital milenial, dan keterampilan sukses milenial melalui kursus online dan webinar di QuBisa. Platform belajar online Indonesia yang dapat di semua perangkat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua