Unduh Aplikasi QuBisa
7 Tips Melatih Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja
Artikel
Career Development

7 Tips Melatih Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Apakah Anda baru lulus kuliah dan baru saja masuk ke dunia kerja? Sebagai fresh graduate yang memasuki dunia kerja, tentunya Anda butuh beradaptasi di tempat kerja agar bisa langsung menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan suasana kerja. Semakin cepat Anda bisa beradaptasi, akan semakin baik performa kerja Anda. Di saat yang sama, Anda juga bisa lebih fokus pada prinsip kerja yang dianut perusahaan.

Pertama kali memasuki dunia kerja atau pindah ke tempat kerja baru menjadi tantangan yang harus dihadapi. Awalnya mungkin akan terasa tidak nyaman karena perubahan suasana kerja, lingkungan, dan teman-teman baru. Oleh karena itu, kemampuan adaptasi sangat penting untuk dilatih.

Begini Cara Agar Pandai Beradaptasi di Tempat Kerja

Adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang baru. Anda dapat melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja dengan mengikuti 7 tips berikut ini.

Menjaga Penampilan Diri

Tips beradaptasi di dunia kerja yang pertama adalah menjaga penampilan diri. Perhatikan kebersihan dan kerapian busana kerja yang Anda kenakan. Sebaiknya Anda tidak berpenampilan terlalu mencolok pada hari pertama bekerja. 

Dengan berpenampilan yang baik, Anda dapat lebih mudah diterima di tempat baru. Rekan-rekan kerja Anda yang baru akan lebih ramah dan bisa menerima kehadiran Anda. Hal ini akan mendukung langkah Anda selanjutnya dalam beradaptasi di tempat kerja. 

Beberapa hal terkait penampilan yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda lebih cepat beradaptasi di tempat kerja, misalnya:

Berkenalan dengan Ramah

Tak kenal maka tak sayang. Maka sebaiknya Anda tidak sungkan untuk memulai memperkenalkan diri dan membangun hubungan yang baik rekan-rekan di tempat kerja. Miliki keterampilan berkomunikasi dan gunakan bahasa yang mudah dipahami disertai sikap yang ramah. 

Saat berkenalan dengan orang lain, fokuskan perhatian Anda. Usahakan untuk mengingat nama dan jabatan setiap orang yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Nantinya Anda akan banyak berhubungan dengan orang-orang tersebut.

Bekerja sama dan ramah pada anggota tim di dunia kerja

Sikap Sopan

Sebagai pendatang baru, tuntutan pada Anda akan lebih besar untuk bersikap sopan. Jagalah selalu sikap Anda agar tetap sopan dan tidak memancing masalah dengan orang lain. Dengan bersikap sopan, Anda akan lebih mudah mendapatkan teman-teman baru.

Pelajari Detail Perusahaan

Tips kerja berikutnya untuk melatih kemampuan beradaptasi adalah jangan malas untuk pelajari detail perusahaan. Pengetahuan ini dapat menjadi bekal bagi Anda dalam memulai percakapan dengan rekan kerja dan relasi bisnis.

Anda juga perlu mengamati budaya perusahaan dan kebiasaan para karyawan. Semakin banyak informasi yang Anda kumpulkan, maka semakin banyak pula bekal Anda untuk beradaptasi di tempat kerja baru.

Tips lain agar lebih mudah beradaptasi di tempat kerja yang tersedia dalam bentuk microlearning di QuBisa.com, antara lain:

Kolaborasi

Setiap orang memiliki jalan hidup dan rezeki masing-masing. Tidak harus berkompetisi dengan rekan kerja Anda untuk mencapai suatu tujuan. Alih-alih berkompetisi, Anda dapat melakukan kolaborasi serta bekerja sama dalam tim dengan rekan kerja Anda untuk mencapai tujuan bersama.

Melakukan kolaborasi bersama rekan kerja

Tidak Mengeluh

Mungkin akan ada banyak hal yang membuat Anda terkejut di tempat kerja yang baru. Hal ini wajar karena Anda masih dalam masa adaptasi. Tentu Anda belum terbiasa dengan peraturan khusus perusahaan, sistem kerja, rekan-rekan, dan lain sebagainya.

Hindari membanding-bandingkan situasi saat ini dengan tempat kerja Anda sebelumnya. Sebaiknya Anda menahan diri dan tidak mengeluh dengan kondisi yang dirasakan pada masa awal bekerja. 

Buat Perencanaan

Beradaptasi bukan hanya terhadap rekan-rekan kerja di tempat baru, namun juga terkait detail pekerjaan yang harus Anda selesaikan, juga beradaptasi dengan gaya kepemimpinan atasan. Jangan sampai Anda terlalu sibuk berkenalan dan menjalin pertemanan dengan rekan kerja baru, namun mengabaikan pekerjaan Anda, atau malah tidak menjalin hubungan baik dengan atasan. 

Jangan lupa, buat rencana kerja dan rencana mingguan yang sistematis dan membuat Anda bisa bekerja produktif. Hal ini membantu Anda tetap fokus pada tugas yang harus diselesaikan. Selain itu, Anda juga perlu membuat perencanaan karir sedini mungkin sehingga Anda sudah punya tujuan yang ingin Anda capai selama bekerja.

Adaptasi di tempat kerja sangat penting agar Anda bisa bekerja dengan optimal. Dengan mengetahui 7 tips melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja tersebut, Anda akan merasa lebih nyaman selama di tempat kerja dan melakukan kolaborasi dengan rekan-rekan Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua