webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Fitria Handayani, Chintya Kiswandini :

LinkedIn Job Search & Career Shifting Strategies

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Fitria Handayani, Chintya Kiswandini :

LinkedIn Job Search & Career Shifting Strategies

LIHAT DETAIL

Melatih Berpikir Kritis dan Manfaatnya

Personal Development | 19 Feb 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Melatih Berpikir Kritis dan Manfaatnya

Berpikir kritis merupakan salah satu soft-skill yang diperlukan dalam peningkatan karir atau dalam memimpin tim. Manfaat berpikir kritis sering kali dikaitkan dengan kepemimpinan yang sukses. Berpikir kritis adalah berpikir logis dan sistematis dalam membuat keputusan atau menyelesaikan suatu permasalahan. Pada artikel kali ini, Anda bisa mempelajari cara melatih berpikir kritis dan manfaatnya.

Berpikir Kritis

Robert Ennis menyimpulkan, berpikir kritis adalah penalaran tentang keyakinan dan tindakan yang masuk akal, yang berfokus pada memutuskan apa yang dipercaya atau dilakukan. 

Dengan kata lain, berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir secara rasional dan melihat permasalahan secara objektif sehingga hasil yang didapatkan tidak bias dan sesuai dengan fakta yang ada. 

Seorang pemimpin dengan keterampilan berpikir kritis dapat memahami hubungan logis antara ide, argumen, atau kesalahan dalam penalaran, sehingga bisa membuat keputusan yang tepat. Asalkan, pemimpin juga memahami perspektif berpikir sistematis.

Contoh berpikir kritis dapat ditemukan pada diskusi yang dilakukan oleh sebuah tim. Misalnya, dalam mengidentifikasi masalah, anggota tim mampu menentukan mana informasi yang relevan dengan isu yang sedang dibahas atau tidak, mengenali bias dan propaganda, dan faktor emosional. 

Selain itu, juga ada kemampuan memprediksi kemungkinan risiko yang akan terjadi, serta mampu membedakan antara fakta dan opini. Ini adalah contoh logika yang sering kali digunakan dalam berpikir kritis.

Manfaat Berpikir Kritis

Mengapa berpikir kritis sering kali dikaitkan dengan sebuah kesuksesan? Berikut manfaat berpikir kritis bagi Anda dalam meningkatkan kepemimpinan Anda.

Dapat Melihat Masalah dari Berbagai Perspektif

Dalam hal ini, penting untuk memahami perbedaan permasalahan dan persoalan. Dari sini, Anda akan mudah menghargai sudut pandang orang lain dalam menanggapi suatu isu. Kemudian, menjadi lebih mudah pula dalam mengambil keputusan yang bijak karena telah menganalisis berbagai sudut pandang.

Dapat Diandalkan

Manfaat berpikir kritis, logis dan sistematis berikutnya, Anda dapat diandalkan oleh tim Anda karena mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Selain itu, Anda memiliki kemampuan untuk mengajak anggota tim Anda bekerja dengan maksimal.

Jika Anda adalah seorang pemimpin, tentunya penting untuk memberikan kursus online dan pelatihan bagi karyawan atau anggota tim untuk berpikir lebih kritis dan obyektif. Memiliki tim yang mampu berpikir kritis akan membuat mereka lebih efektif. Mengajari keterampilan orang lain juga akan membuat Anda lebih kuat dalam keterampilan itu sendiri. 

Mandiri dalam Menghadapi Permasalahan

Berpikir kritis adalah berpikir secara mandiri, sehingga Anda mampu mengatasi permasalahan dengan cepat. Anda mampu melihat apa yang terjadi lebih dewasa dan dengan pandangan terbuka.

Menemukan Ide dan Peluang Baru

Manfaat berpikir kritis lainnya adalah Anda dapat dengan mudah menghasilkan ide brilian yang inovatif dan mampu mencari peluang untuk mewujudkannya. Kemampuan untuk menemukan ide baru dengan mudah, akan melepaskan diri Anda akan rasa khawatir ide Anda dicuri. Meski begitu, Anda tetap perlu memiliki sikap antisipatif menghadapi si pencuri ide.

Ada banyak cara dalam melatih pola pikir atau cara berpikir kritis. Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan, webinar gratis, atau kursus online di platform belajar online Indonesia. Ada banyak pilihan materi kepemimpinan dan pola pikir yang bisa dipelajari di sana, antara lain Tips Berpikir Lebih Kreatif dan Penuh dengan Inovasi, 10 Keahlian Pemimpin Masa Depan, berbagai materi tentang Leadership, dan sebagainya. 

Artikel Terkait

Ke Atas