webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

LIHAT DETAIL

5 Manfaat Penting Sertifikasi BNSP

HR Management | 10 Mar 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
5 Manfaat Penting Sertifikasi BNSP

Setiap perusahaan selalu membutuhkan karyawan yang mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan tepat. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan kompetensi calon karyawan yang profesional dan mampu melakukan job desc-nya sesuai dengan indikator kompetensi karyawan yang diharapkan, maka beberapa lembaga sertifikasi pun menerbitkan sertifikat kompetensi bagi karyawan. Dalam hal ini, sertifikasi BNSP adalah salah satu yang paling dicari.

Sertifikat BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi dinilai terpercaya. Ini karena BNSP merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di semua bidang profesi. Mendapatkan sertifikat BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai pelaksananya. 

Dengan dukungan dari pemerintah, bidang ketenagakerjaan jadi semakin berkembang berkat adanya pelaksanaan sertifikasi kompetensi tenaga kerja yang dilakukan untuk masing-masing sektor. Dampak positif yang terjadi, antara lain daya saing dan produktivitas para tenaga kerja menjadi makin meningkat.

5 Manfaat Penting Sertifikasi BNSP

Tahapan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP ini diawali dengan cara mengerjakan uji kompetensi standar BNSP terlebih dahulu. Seluruh proses ujian, dilakukan secara objektif, sistematik, dan juga terukur berdasarkan standar kompetensi khusus.

Jangan khawatir, para calon peserta akan diberikan beberapa latihan dulu sebelum diadakan uji kompetensi. Tujuannya, agar hasilnya maksimal. Pelatihan yang dilakukan pun mengacu pada standar kompetensi yang ada sehingga gap kompetensi yang dimiliki bisa terukur dan mendapatkan pelatihan yang pas.

Ada beberapa keuntungan bagi Anda jika telah mengikuti sertifikasi BNSP, antara lain sebagai berikut:

Meningkatkan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan yang Dimiliki

Untuk Anda yang masih fresh graduate, adanya sertifikasi profesi ini bisa membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri ketika melamar pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat BNSP, Anda bisa memberikan pembuktian bahwa kemampuan yang Anda miliki telah diakui oleh para penguji yang kompeten. Ini juga menjadi nilai tambah di mata perusahaan, sekalipun Anda masih fresh graduate.

Untuk karyawan tetap yang mengikuti sertifikasi BNSP, hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri saat menjalankan tugas yang diamanahkan kantor. Dengan kemampuan yang telah diuji, karyawan menjadi merasa bangga bahwa kemampuannya sudah diakui dan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Mampu Mengetahui Tingkat Kemampuan Masing-Masing

Dengan adanya sertifikasi profesi, Anda bisa mengukur tingkat kemampuan dalam bidang tersebut.Dengan melihat hasil ujian, Anda juga bisa mengetahui sejauh mana kecakapan yang dimiliki, lalu bisa menilai sendiri apa saja yang harus ditingkatkan dan apa yang harus Anda pertahankan.

Membantu Meningkatkan Akses dalam Mengembangkan Diri

Apabila memiliki sertifikat kompetensi BNSP, kemampuan Anda bisa diakui secara global dan hal itu membuat Anda bisa mengembangkan kemampuan jauh lebih tinggi lagi. Bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafit pun terbuka, sebab Anda dinilai lebih unggul berkat sertifikasi tersebut.

Lebih Mudah bagi Perusahaan untuk Menyaring Calon Karyawan yang Kompeten

Berkat adanya sertifikasi profesi, perusahaan menjadi lebih mudah dalam menyaring calon karyawan yang kompeten sesuai dengan indikator kompetensi karyawan. Selain itu, HRD akan lebih mudah menemukan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan.

Selain itu, calon karyawan yang sudah tersertifikasi, karyawan tersebut jadi semakin mengenal bidang kerjanya, dan bisa menunjukkan bahwa keahlian yang ia miliki sudah sesuai standar. Jadi, nanti tinggal mengasah kemampuannya agar makin menonjol di perusahaan.

Produktivitas Kerja Meningkat

Apabila Anda ingin menjadi seorang profesional, maka berjuanglah untuk sampai ke level tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi dan mendapatkan sertifikat BNSP. Biasanya sebelum ujian dilaksanakan akan dilakukan pelatihan terlebih dahulu untuk para peserta oleh lembaga sertifikasi tersebut. Adapun pelatihan yang dilakukan bermanfaat untuk memberikan pengetahuan mengenai standar pekerjaan yang paling baik. 

Sementara itu bagi perusahaan, dengan memiliki staf yang telah teruji oleh lembaga profesional tentunya memiliki produktivitas kerja yang bisa diandalkan. Bahkan karyawan tersebut diharapkan lebih terampil dan telaten dalam bekerja, sehingga memberikan benefit untuk perusahaan.

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, Anda harus mengajukan beberapa macam dokumen supaya bisa mengikuti uji kompetensi dari lembaga sertifikasi. Pahami alur dan tahapan sertifikasi BNSP dan siapkan dokumen yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Fotokopi KTP atau kartu identitas yang Anda miliki.
  2. Pas foto ukuran 3x4 dengan background bebas sebanyak 2 lembar.
  3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir.
  4. Surat keterangan keaslian dokumen.
  5. Contoh laporan pekerjaan yang disertai dengan portofolio.
  6. Curriculum vitae atau riwayat hidup.
  7. Surat referensi perusahaan.
  8. Deskripsi pekerjaan atau job description Anda.
  9. Fotokopi sertifikat yang telah expired.
  10. Demonstrasi pekerjaan.
  11. Pengalaman industri.

Anda bisa mengunjungi website resmi BNSP untuk mengunggah semua dokumen kelengkapan tersebut, dan menunggu jadwal tes dilaksanakan. Uji kompetensi mungkin tidak akan semudah yang dibayangkan, tetapi sudah tentu sebanding dengan kemampuan Anda yang akan meningkat dan layak untuk mendapatkan sertifikat BNSP.

Itulah beberapa macam manfaat yang akan Anda dapatkan bila mengikuti sertifikasi BNSP. Lakukan persiapan dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Anda juga bisa mempelajari hal-hal terkait sertifikasi BNSP di Qubisa platform belajar online Indonesia. Tinggal masuk saja ke bagian Human Resource

Namun kalau Anda butuh pembelajaran lain melalui kursus online gratis yang tersedia, Anda juga bisa mempelajari tentang pengembangan diri atau personal development, career development, bisnis, dan sebagainya di Qubisa.

Artikel Terkait

Ke Atas