Unduh Aplikasi QuBisa
Mahir dan Cerdas Saat Presentasi
Artikel
Creativity

Mahir dan Cerdas Saat Presentasi

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Tahukah Anda bahwa skill yang paling banyak dicari oleh suatu perusahaan adalah public speaking. Karyawan hingga manajer membutuhkan kemampuan yang satu ini demi bisa menyampaikan ide dan gagasan dalam suatu forum, ketika meeting, atau bahkan ketika berkomunikasi antar personal. 

Kunci sukses public speaking bukan hanya keberanian untuk tampil di depan banyak orang, atau hanya bisa menayangkan slide demi slide materi presentasi, tetapi bagaimana cara Anda menyampaikan informasi, ide, gagasan, pemikiran, serta menerangkan materi sehingga bisa dipahami lawan bicara. 

Mahir dan Cerdas Saat Presentasi

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Presentasi

Agar semua materi yang Anda sampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh lawan bicara, Anda perlu menguasai berbagai teknik presentasi yang baik dan benar. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini akan kami berikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan presentasi. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib diperhatikan saat presentasi: 

Visual Slide yang Menarik

Hal pertama yang wajib diperhatikan sebelum melakukan presentasi adalah melakukan persiapan presentasi secara psikologis terlebih dahulu. Kemudian, buatlah materi presentasi dengan tampilkan visual slide yang menarik. Tujuannya, untuk membuat audiens semakin penasaran dengan materi yang akan Anda sampaikan. Pastikan untuk tidak mencantumkan banyak teks di dalamnya, namun utamakan tampilan menggunakan infografis, image, foto, dan sebagainya. 

Bahasa Tubuh

Ada baiknya sebelum Anda lanjut membaca, tontonlah video Body Language yang Baik saat Public Speaking. Dari video tersebut, Anda akan lebih bisa memahami bahwa bahasa tubuh memegang peranan penting saat Anda melakukan presentasi. Gunakan bahasa tubuh yang santai dan rileks sehingga audiens juga lebih merasa nyaman. Sesekali, selipkan humor yang mengundang tawa kecil yang biasanya bisa menghilangkan kebosanan atau rasa mengantuk. Selain itu, perhatikan pemilihan kata dan kalimat yang lebih ringkas dan mudah dipahami. 

Penguasaan Materi

Introduction Public Speaking atau pembukaan presentasi memang memberi pengaruh besar untuk jalannya presentasi secara keseluruhan. Namun, jauh lebih penting jika Anda menguasai materi yang akan disampaikan. Alangkah baiknya, Anda berlatih dulu membawakan presentasi dan mempelajari materi beberapa hari sebelumnya. Semakin Anda menguasai keseluruhan materi, semakin mudah Anda menyampaikan informasi, sekaligus saat harus menjawab pertanyaan dari audiens. 

Melakukan Presentasi

Penampilan Diri dan Kemampuan Membangun Interaksi

Tampilan Anda sebagai pemateri dalam presentasi juga tidak kalah pentingnya. Pastikan Anda menggunakan setelan formal yang sesuai dengan kegiatan presentasi yang akan Anda hadiri. Visual Anda akan menjadi citra utama dan penilaian audiens kepada Anda sebagai pembawa materi.

Agar Anda semakin sukses dalam membawakan presentasi, jangan lupa untuk mengajak audiens berinteraksi sesekali di tengah-tengah presentasi. Hal ini juga bertujuan agar pendengar bisa lebih fokus dalam menyimak materi yang Anda sampaikan. 

Suara yang Jelas dan Penguasaan Panggung

Selain gaya bahasa yang harus diperhatikan sebagai cara presentasi yang baik, Anda juga harus menggunakan suara yang jelas dan lantang. Hal ini akan membuat Anda terlihat lebih berwibawa dan elegan saat menyampaikan materi di depan audiens. Dengan suara yang lantang, akan membuat pendengar lebih jelas mendengar semua materi yang berikan.

Penguasaan panggung adalah salah satu presentasi skill yang bisa berperan besar atas kesuksesan presentasi Anda. Audiens akan lebih tertarik jika Anda tidak hanya diam di tempat, malah itu akan membuat Anda terkesan monoton dan terlihat gugup. Oleh karena itu, Anda bisa memaksimalkan panggung untuk menyampaikan informasi dengan baik.

Nah itulah 5 cara melakukan presentasi yang harus Anda ketahui dan pahami. Jika Anda ingin semakin mahir dan cerdas saat presentasi, coba pelajari pula materi Mahir dan Cerdas dalam Presentasi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua