Unduh Aplikasi QuBisa
Long Tail Keyword dalam Teknik SEO
Web Development

Long Tail Keyword dalam Teknik SEO

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Bagi pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan kata kunci atau keyword, yang merupakan sebuah kata atau frasa yang akan diketikkan di search bar Google, Yahoo, atau berbagai mesin pencari lainnya. Tahukah Anda, bahwa ketika Anda menemukan website dari kata kunci yang Anda masukkan, itu tandanya situs tersebut berhasil menjalankan teknik SEO?

Ada tiga kategori kata kunci menurut para praktisi SEO. Adapun kategori tersebut adalah keyword, body keyword, dan juga LTK. Yang dimaksud sebagai head keyword adalah satu kata yang berupa kata kunci. Contohnya semangka.

Kemudian body keyword, merupakan dua atau tiga kata yang menjadi kata kunci, misalnya: semangka manis atau memilih semangka manis. Kemudian yang terakhir adalah  LTK atau long tail keyword yang terdiri dari empat kata atau lebih. Contohnya: cara memilih semangka manis, dan lain sebagainya.

Cara Mencari Long Tail Keyword

Bagi Anda yang sedang mempelajari teknik SEO, wajib untuk mengetahui cara mencari LTK dan juga LSI atau Latent Semantic Indexing. Adapun LSI adalah faktor penting untuk dipertimbangkan oleh Google supaya bisa tentukan di mana peringkat situs tersebut dalam pencarian.

Anda bisa juga berkonsentrasi pada kata kunci semantik, yang masih satu tema dengan kata kunci yang Anda gunakan. Begini cara mudah untuk menemukan long tail keyword.

cara mencari long tail keyword bisa dengan Google Adwords

Cek Keyword di GAKP Terlebih Dahulu 

Cobalah untuk mengecek kata kunci Anda di Google AdWords Keyword Planner (GAKP) terlebih dahulu. Adapun GAKP merupakan perangkat gratis yang Google sediakan untuk Anda yang sedang mempelajari teknik SEO. Di sini, Anda bisa mendapatkan ide keyword yang sudah lengkap dengan jumlah rata-rata pencarian tiap bulan.

Cara menggunakannya, cukup login dengan menggunakan akun email Google. Kemudian, silahkan ketik head keyword maupun body keyword. Jika sudah, maka tinggal tekan tombol Get Ideas dan Keyword Ideas. Jika hasilnya dirasa kurang memuaskan, Anda bisa melanjutkan pencarian kata kunci panjang atau LTK.

Lakukan Pengamatan pada Google Suggest

Bukan hanya sekadar mencari ide kata kunci yang akan digunakan, namun Anda juga bisa menggunakan Google Suggest untuk melihat saran kata kunci yang akan muncul. Supaya bisa menemukan kata kunci yang disarankan, Anda tinggal mengetik kata kuncinya terlebih dahulu di mesin pencari, lalu biarkan Google menyarankan kata kunci lainnya.

riset kata kunci dengan teknik seo bisa memperhatikan google suggest atau suggestion

Contohnya, Anda bisa mencari kata kunci “cara memelihara” kolom pencarian di Google, lalu mesin pencari cerdas tersebut pun akan langsung memunculkan beberapa kata kunci lainnya yang berhubungan dengan kata kunci awal. Semua kata kunci yang disarankan biasanya merupakan LTK atau long tail keyword.

Lihatlah Searches Related to untuk Menemukan Lebih Banyak Kata Kunci yang Berkaitan 

Langkah terakhir, untuk menemukan long tail keyword yang sesuai dengan teknik SEO adalah dengan melihat Searches Related to. Tidak sulit, karena cukup melihatnya di hasil penelusuran Google Anda. Jadi jika Anda mengecek bagian ini, maka Anda bisa melihat beberapa kumpulan keyword yang masih ada hubungannya dengan kata kunci yang Anda cari, dan semuanya berkaitan dengan kata kunci yang pernah digunakan oleh pengguna internet lainnya. 

Setelah Anda mengetikkan kata kunci di beranda mesin pencari, dan Google telah memuat hasil penelusuran, Anda bisa scroll ke bawah untuk melihat bagian Searches related to. Kumpulan kata kunci yang related ini bisa Anda manfaatkan sebagai LSI. Jika Anda bisa memasukkannya ke dalam blog, tentunya bisa memberikan manfaat yang lebih besar.

Pada prinsipnya, cara mendapatkan long time keyword dalam teknik SEO yang paling sesuai untuk keperluan website Anda, cukup dengan melakukan latihan sesering mungkin, melakukan analisis, dan rajin riset beragam kata kunci.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua