Unduh Aplikasi QuBisa
Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing
Digital Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Johana Novianti Hestriana12 Feb 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Digital marketing di masa sekarang menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan. Namun sebagai pebisnis, kamu juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan digital marketing agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Keuntungan dari Digital Marketing?.

1. Jangkauan Luas.

Menerapkan digital marketing memungkinkan kamu menjangkau pasar yang lebih luas dan target audiens yang lebih beragam. 

Bahkan tak hanya audiens yang berdomisili di sekitar lokasi usaha, namun juga bisa menjangkau ke luar daerah hingga ke luar negeri.

2. Pemasaran Terukur dan Analitis.

Kelebihan lain dari digital marketing, kamu bisa melakukan mengukur hasilnya secara akurat, sehingga memiliki data yang bisa kamu analisis dan evaluasi.

Kamu cukup menggunakan alat analitik, seperti Google Analytics, Ahrefs, atau tools digital marketing lainnya untuk melacak setiap kampanye pemasaran.

Bahkan dari data analitik tersebut, kamu bisa mengidentifikasi tren, memahami perilaku, hingga mengukur ROI kampanye dengan tepat. Hasil analisis tersebut kemudian bisa kamu gunakan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih baik.

3. Biaya Lebih Efektif dibandingkan Pemasaran Tradisional.

Digital marketing seringkali lebih terjangkau daripada metode pemasaran tradisional. Contohnya, kamu mau menyelenggarakan kampanye dengan iklan berbayar di media sosial, maka anggaran biaya iklannya bisa kamu sesuaikan dengan dana yang tersedia.

Keberhasilan strategi ini juga cukup besar, asalkan kamu menerapkan social media marketing yang tepat sasaran. Artinya, cukup dengan keterampilan SMM ditambah adanya budget untuk iklan, walau kecil, kamu tetap bisa menargetkan iklan pada audiens yang lebih efektif.

4. Mudah Dipelajari.

Memang, ada trik-trik pemasaran digital yang perlu kamu kulik dan pelajari, namun sebenarnya relatif mudah. 

Apalagi sekarang banyak kursus digital marketing bersertifikat yang bisa kamu ikuti. Kuncinya hanya bagaimana menemukan strategi yang tepat dan relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

5. Dapat Membidik Target Audiens yang Tepat.

Digital marketing memungkinkan penargetan yang sangat spesifik, misalnya berdasarkan demografi, perilaku online, dan preferensi pengguna. Hal ini membantu kamu mengoptimalkan pengeluaran iklan dan meningkatkan konversi.

Untuk hasil yang sesuai harapn, jangan lupa pastikan menggunakan kata kunci yang tepat sehingga bisnis kamu juga mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

6. Interaksi Real-time dengan Pelanggan.

Kelebihan lain dari digital marketing adalah kemampuannya untuk berinteraksi secara real-time dengan pelanggan. 

Melalui media sosial, obrolan langsung maupun memberi kritik dan saran, memungkinkan kamu menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan. Semakin solid hubungan yang kamu bangun, bisa meningkatkan reputasi dan loyalitas pelanggan. 

7. Konten Beragam.

Ada banyak format konten yang bisa kamu pilih saat menerapkan digital marketing, seperti blog, podcast, infografis, konten media sosial, webinar, dan sebagainya. 

Kamu juga bisa mengukur analitik dari konten-konten yang kamu buat untuk mengetahui interaksi yang tercipta dan konten mana saja yang memiliki performa terbaik.

Sementara untuk lebih memahami digital marketing, termasuk pembuatan content marketing, penerapan SEO, SEM, dan lainnya, ikuti saja bootcamp digital marketing di QuBisa.

8. Meningkatkan Kesadaran Merek.

Menggunakan berbagai saluran digital, seperti media sosial, konten pemasaran, dan kampanye email marketing dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. 

Apalagi kalau kamu konsisten dengan pesan pemasaran dan visual yang unik dan memiliki ciri khas, pastinya brand awareness akan lebih mudah dicapai dan brand identity pun semakin kuat.

9. Keterlibatan Sosial.

Keterlibatan sosial adalah elemen penting dari digital marketing. Membangun komunitas online melalui media sosial dan platform lainnya tidak hanya meningkatkan eksposur bisnis, tetapi juga menciptakan peluang untuk mendengar umpan balik langsung dari pelanggan. 

Keterlibatan ini menciptakan hubungan yang lebih kuat dan membantu membangun reputasi positif. Pada akhirnya, strategi digital marketing bisa berdampak besar bagi kemajuan bisnis.

Ingin lebih paham mengenai digital marketing dan sedang mencari kursus digital marketing bersertifikat? Klik banner di bawah ini deh:

7 Kekurangan Digital Marketing yang Perlu Diwaspadai.

Selain kelebihan, ada pula kekurangan digital marketing yang perlu kamu waspadai dan antisipasi agar tidak menyebabkan kegagalan dalam penerapan strategi pemasaran, antara lain:

1. Keamanan Data dan Privasi.

Keamanan data menjadi isu yang sangat penting. Berkembangnya kejahatan siber membuat orang khawatir membagi data pribadinya di dunia maya. 

Karena itu, ketika menjalankan strategi pemasaran digital, pastikan kamu bisa menjamin keamanan data audiens atau pelanggan. 

2. Banyak Kompetitor.

Karena jangkauan pemasaran tidak hanya lokal, namun juga global, maka sudah pasti kamu harus berhadapan dengan begitu banyak kompetitor. 

Jadi, apa yang harus dilakukan? Ya, kamu perlu mempelajari dan melakukan riset terkait strategi yang kompetitor terapkan, kemudian buatlah strategi pemasaran yang lebih baik. 

3. Umpan Balik dan Ulasan Negatif.

Kekurangan digital marketing lainnya, kamu harus siap berhadapan dengan umpan balik, review atau ulasan negatif, hingga komentar yang kadang menjatuhkan kredibilitas bisnis.

Apalagi di zaman ini, berita-berita buruk pasti cepat menjadi viral dan dengan sekejap bisa merusak citra yang sudah susah payah kamu bangun. 

4. Akses Tidak Merata.

Karena pemasaran digital sangat mengandalkan jaringan internet, maka ada wilayah yang sulit terjangkau. Apalagi di wilayah yang koneksi internetnya buruk. 

Belum lagi tidak semua orang akrab dengan perkembangan teknologi dan internet. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri. 

5. Isu Teknologi.

Berbagai masalah bisa saja terjadi karena keterbatasan kendali yang kamu miliki. Misalnya server website down, sehingga tidak bisa diakses, optimasi teknik SEO tidak maksimal, kalah persaingan di SERP, dan sebagainya. 

6. Perubahan Tren yang Cepat.

Digital marketing terus berkembang, dan strategi yang efektif kemarin mungkin tidak berlaku lagi hari ini. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu menyesuaikan strategi pemasaran yang kamu terapkan dengan perubahan tren dan perilaku konsumen. 

Di saat yang sama, pastikan kamu selalu up to date dengan perkembangan terbaru untuk memastikan bisnis tetap relevan dan kompetitif.

7. Ketidakmampuan Membangun Brand Image yang Kuat.

Digital marketing tidak hanya tentang penjualan, tetapi juga tentang membangun citra merek yang kuat. Nah, kekurangan yang satu ini sering terjadi karena bisnis kurang fokus pada branding. 

Lalu, apa yang harus dilakukan? Ya, Identifikasi nilai inti bisnis kamu dan komunikasikan dengan jelas melalui semua platform digital.

Logo yang kuat, pesan konsisten, dan kehadiran merek yang kohesif dapat menciptakan identitas yang mengesankan di benak pelanggan.

Kelebihan dan kekurangan digital marketing di atas bisa menjadi bekal bagi kamu yang mau mulai menerapkan strategi pemasaran digital. Selain itu, pelajari juga mengenai Konsep Digital Marketing dan Cara Menerapkannya agar strategi pemasaran yang kamu gunakan bisa mencapai hasil sesuai harapan. 

Kamu juga bisa lho membaca artikel QuBisa lainnya untuk mendapatkan insight seputar digital marketing seperti artikel berjudul: Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua