Unduh Aplikasi QuBisa
4 Kegiatan Produktif di Rumah saat Kondisi New Normal
Artikel
Strategy

4 Kegiatan Produktif di Rumah saat Kondisi New Normal

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Walaupun pandemi global belum berakhir, pemerintah telah memberlakukan fase new normal. Pada fase ini, perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat ibadah dan tempat umum lainnya telah beroperasi seperti biasa. Namun, tetap diberlakukan pembatasan jarak dan protokol kesehatan. Jadi, tidak heran jika sebagian perusahaan masih memberlakukan work from home (WFH)

Hal ini merupakan upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat agar memutus rantai penyebaran COVID-19. Walau dalam fase new normal, Anda tetap harus membatasi diri ke luar rumah jika tidak ada hal yang mendesak, mengingat kasus positif COVID di Indonesia masih tinggi.

produktif selama di rumah saat kondisi new normal

Terlalu banyak di rumah mungkin membuat Anda kadang merasa jenuh. Anda pun akhirnya mencoba berbagai untuk mengusir stres, jenuh, dan Menjaga Kesehatan Mental. Ya, ada banyak kegiatan produktif di rumah saat kondisi new normal yang bisa dilakukan, dan tentunya menyenangkan.

Pengertian Kegiatan Produktif 

Kegiatan produktif adalah kegiatan yang diselesaikan dengan hasil maksimal dan memanfaatkan efisiensi waktu. Melakukan banyak pekerjaan seharian bukan berarti Anda produktif, tapi bagaimana Anda memberikan output terbaik dari pekerjaan itu, itulah yang disebut produktif. 

Kegiatan Produktif Selama di Rumah Saat New Normal

Selama bekerja dari rumah, Anda dapat mengasah kreativitas dan produktivitas dengan melakukan beberapa hal berikut. 

Berkebun

Berkebun adalah salah satu kegiatan yang disarankan untuk mengurangi stres selama bekerja dari rumah. Hal ini diungkapkan suatu penelitian yang dilakukan oleh Agnes E. Van Den Berg dan Mariette H.G. Custers dari Wageningen University and Research Center, Belanda tahun 2010, menemukan bahwa berkebun memberikan dampak positif untuk meredakan stres dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Tidak perlu lahan yang luas, Anda dapat berkebun di halaman belakang rumah, atau dapat memanfaatkan media tanam yang tidak membutuhkan lahan melalui teori inovasi, seperti metode hidroponik. Tak hanya menanam sayuran, Anda juga bisa menanam dan merawat bunga kesayangan agar rumah Anda tampak lebih asri.

Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran organik yang ditanam. Secara tidak langsung, Anda telah menghemat uang belanja dan menerapkan pola makan sehat. Anda disarankan untuk melakukan kegiatan berkebun selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

Melansir verywellmind.com, berkebun dapat menjadi hal menyenangkan untuk mengurangi stres selama work from home atau masa new normal. Mengapa bisa begitu? Karena Anda akan terpapar sinar ultraviolet (sinar Matahari), di mana dapat meningkatkan mood dan baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan alam, tentu akan membuat Anda menjadi lebih segar dibandingkan menonton TV atau berdiam diri di sofa. 

Mengatur Pola Hidup Sehat

Agar bisa produktif di rumah, mulailah mengatur pola hidup sehat. Mulai dari membiasakan diri berolahraga ringan, hingga pola makan bersih dengan gizi seimbang. Luangkan waktu untuk stretching atau yoga di pagi hari. Anda juga dapat melakukan olahraga kalistenik yang fokus untuk membangun massa otot 2-3 kali seminggu. 

Olahraga kalistenik bisa dilakukan melalui gerakan push up, sit up, pull up, hingga squat jump. Anda dapat mencobanya secara mandiri di rumah, tanpa harus ke gym. Dengan olahraga teratur, tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan imunitas, dan kesehatan saat WFH terjaga

Selain olahraga, Anda juga dapat mengatur pola makan sehat. Makanlah tepat waktu dengan memperhatikan keseimbangan nutrisi. Kemudian perbanyak makan buah dan sayur, serta makanan eat clean lainnya agar dapat mempertahankan berat badan ideal. 

hidup sehat selama kondisi new normal untuk tetap produktif

Mengikuti Lomba 

Kegiatan produktif menghadapi era new normal lainnya dari rumah adalah mengikuti lomba yang relevan dengan hobi dan bakat Anda. Misalnya, Anda suka menulis, ikutilah kompetisi menulis yang banyak diselenggarakan secara online. Jika Anda suka fotografi atau videografi, mulailah mengeksplorasi kemampuan Anda untuk menghasilkan karya terbaik. 

Selama new normal, banyak lomba yang digelar oleh brand tertentu. Informasi lomba dapat diakses melalui akun media sosial. Sebagian besar lomba menawarkan hadiah yang lumayan, ini bisa menjadi motivasi Anda untuk menang. Namun, terlepas dari menang atau kalah, Anda dapat menggunakan kesempatan mengikuti lomba untuk meningkatkan kemampuan dan memperkaya pengalaman. 

Belajar Keterampilan Baru

Selama fase kenormalan baru, gunakan waktu Anda untuk belajar keterampilan baru yang sangat ingin dikuasai, namun tidak ada waktu untuk melakukannya. Anda dapat belajar memasak Bistik Lidah misalnya. Kemudian fotografi, programming menggunakan bahasa Python, atau belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Untuk meningkatkan keterampilan ini Anda dapat mengikuti kursus online atau webinar melalui program keterampilan digital milenial atau keterampilan sukses milenial di QuBisa. Anda juga bisa mengeluarkan sejumlah uang untuk upgrade diri dengan mengikuti kursus berbayar, tapi terjangkau di QuBisa.

Produktif dari rumah memang menjadi tuntutan selama diberlakukan new normal di Indonesia. Tuntutan ini berfungsi agar performa kerja Anda tetap baik walaupun harus bekerja dari rumah. Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres. Mulai dari berkebun, menerapkan pola hidup sehat, mengikuti lomba, dan membuat manajemen waktu belajar untuk melatih keterampilan baru.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua