Unduh Aplikasi QuBisa
Memahami Karakteristik Konsumen untuk Meningkatkan Penjualan
Artikel
Sales & Marketing

Memahami Karakteristik Konsumen untuk Meningkatkan Penjualan

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 237 menit membaca

Pembeli adalah raja. Slogan yang sudah familier ini menjadi pengingat untuk para pebisnis bahwa menangani konsumen dengan baik menjadi hal yang wajib dilakukan. Tidak boleh terkesan memaksa calon pelanggan untuk membeli barang yang dijual. Apalagi sampai menimbulkan rasa tidak nyaman dari calon konsumen. 

Karakteristik konsumen dalam memandang suatu produk yang dijual itu berbeda. Dari cara pandang yang berbeda inilah, mereka akan mengambil keputusan. Apakah akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan, atau hanya melihat untuk membandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Apabila Anda seorang pebisnis, Anda harus tahu bagaimana cara alami dan menarik untuk meningkatkan minat konsumen, hingga akhirnya terjadi peningkatan penjualan. Selain itu, pastikan calon pelanggan tidak hanya satu kali membeli produk, tetapi mau pula menjadi pelanggan tetap.

Karakter Pelanggan dan Cara Pendekatan yang Mudah

Ketika bisnis Anda sepi pelanggan, tentu hal tersebut bisa menimbulkan rasa sedih, menurunkan semangat, bahkan bisa menyebabkan terjadi kerugian. Namun, Anda tak boleh menyerah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami karakteristik konsumen dan melakukan pendekatan yang sesuai dengan karakter tiap-tiap konsumen. Berikut ini cara memahami karakteristik konsumen untuk meningkatkan penjualan.

Konsumen yang Mudah Dirayu

Seperti halnya orang berpasangan, jika pasangannya marah, butuh sedikit rayuan agar hubungan kembali membaik. Begitupun dengan karakter konsumen yang satu ini. Anda hanya membutuhkan sedikit trik saja. Konsumen ini sebetulnya sudah tertarik akan produk yang Anda tawarkan, hanya kurang sedikit rayuan untuk membuatnya yakin harus membeli produk Anda.

Caranya, berikan bonus kecil. Misalnya jika membeli 2 produk sekaligus akan mendapatkan mug unik karena dia adalah konsumen ke-10 di hari itu. Dengan begini, tentu konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk yang Anda jual.

Konsumen Baru Sekali Datang

Butuh trik dan tips khusus untuk konsumen yang baru pertama kali datang, entah itu melihat produk atau hanya bertanya-tanya dulu. Untuk itu berikan arahan dan penjelasan yang sopan, cukup jelas, dan apa adanya.

Apabila terjadi transaksi, periksa ulang apakah produk yang diinginkan sudah benar-benar sesuai atau belum. Lebih baik lagi, Anda perlu mencoba mengenal kepribadian pelanggan ini secara personal. 

Ketika hari raya berikan ucapan selamat. Andai Anda bisa melihat biodatanya dan mengetahui tanggal lahir konsumen tersebut, ucapkan selamat di hari ulang tahunnya. Perhatian kecil seperti ini bisa membuat mereka mengingat Anda dengan baik, termasuk produk bisnis Anda. 

Karakteristik konsume yang gila belanja

Konsumen Cepat Mengambil Keputusan

Konsumen seperti ini pasti menjadi dambaan banyak pemilik usaha. Biasanya, latar belakangnya karena memang butuh akan produknya atau suka dengan produk tersebut. Itu sebabnya, mereka hanya perlu sedikit waktu untuk memutuskan, kemudian langsung membeli. Karakter konsumen ini tidak butuh pendekatan yang rinci karena memang membutuhkan produk Anda. 

Walau begitu, jangan dianggap sepele. Tetap lakukan pelayanan konsumen yang bagus. Karena konsumen loyal kedepannya akan menjadi pelanggan tetap. Di saat yang sama, mereka tetap punya potensi berpindah ke kompetitor yang mungkin lebih memberi perhatian atau sering kasih diskon. Jadi, sangat penting menjalin hubungan yang baik antar pebisnis dan konsumen.

Strategi Penjualan yang Mudah Agar Konsumen Tertarik

Supaya bisnis berjalan dengan baik dibutuhkan strategi penjualan yang tepat agar konsumen tertarik dengan produk yang dijual. Strategi marketing merupakan cara menarik konsumen agar penjualan meningkat. Tidak perlu strategi rumit dan membingungkan, lakukan saja strategi penjualan yang mudah, yaitu:

Promosi Media Sosial

Tidak perlu bingung dan mengeluarkan banyak dana, promosi melalui media sosial sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mempelajari berbagai strategi digital marketing melalui kursus online gratis, dan webinar online.

Misalnya tentang Konten yang Cocok Diposting di Instagram, Waktu Terbaik Berjualan di Facebook, atau bahkan kursus Strategi Digital Marketing untuk Memaksimalkan Penjualan. Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer supaya produk yang dijual lebih dikenal publik. Selain itu, review di blog atau website pun bisa meningkatkan daya beli dari berbagai kalangan.

Kualitas Terbaik

Berani melakukan promosi yang bagus di media sosial, tentu harus didukung dengan kualitas produk terbaik, sehingga konsumen merasa puas. Anda harus jujur dengan kualitas produk agar konsumen tidak kecewa ketika memutuskan untuk membelinya. Mengapa begitu? Karena sekali dikecewakan, konsumen tidak mudah untuk kembali lagi.

Mendengarkan dan Mengenal Karakteristik Konsumen

Mendengarkan apa kemauan konsumen dan menerima feedback dari konsumen membutuhkan kesabaran. Siapa tahu dari kritik dan saran tersebut justru terpikir inovasi cemerlang. Konsumen sangat senang didengarkan keluh kesahnya. Oleh sebab itu, menjadi pendengar setia sangat disarankan, sehingga konsumen merasa dipedulikan.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan dan memberikan Pelayanan Terbaik

Mengenal bahkan hafal nama pelanggan menjadi salah satu nilai lebih. Pelanggan khusus akan memilih tempat khusus juga. Sangat wajar apabila sampai tahu dan hafal namanya. Pelayanan adalah kunci sukses dalam meningkatkan bisnis. Jangan lupa, pelajari dan terapkan pula cara membangun hubungan industrial yang akan membantu Anda mengembangkan usaha.

Memenuhi kebutuhan pelanggan agar memiliki hubungan yang baik

Ada banyak strategi pelayanan yang bisa membantu Anda untuk membangun bisnis Anda. Di antaranya dengan berlaku ramah, sopan, dan sabar dengan berbagai karakter konsumen. Sediakan juga nomor layanan yang bisa dihubungi agar konsumen bisa memberitahukan Anda masalah terkait produk yang dibeli.

Strategi yang jitu dengan mengenal konsumen dalam dunia bisnis memang sangat penting guna meningkatkan penjualan. Selalu bersikap ramah dan jujur dalam hal jual beli ini membuat konsumen lambat laun menjadi pelanggan setia. Dari pelanggan setia, biasanya timbul hubungan marketing dari mulut ke mulut terjadi. Dari merekalah bisnis Anda akan dipromosikan dengan baik.

Agar semakin memahami tentang konsumen dan sukses berjualan, Anda bisa mengikuti berbagai kursus online di QuBisa platform belajar online. Misalnya saja Teknik Match dan Mirroring dalam Melakukan Penjualan. Platform belajar jarak jauh QuBisa juga memiliki program KSM, program KDM, QuBisa Goes to Campus, hingga paket kursus pengembangan diri.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua