Unduh Aplikasi QuBisa
Job Desc Utama Sales dan Telemarketing
Artikel
Sales & Marketing

Job Desc Utama Sales dan Telemarketing

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Sales dan telemarketing merupakan profesi yang sudah familiar di dunia kerja. Bahkan mungkin saat ini Anda sedang berkarir di bidang ini. Untuk artikel kali ini, Qubisa akan berbagi tips mengenai job desc utama sales dan telemarketing.  

Pengertian Telemarketing

Sebelum melamar pekerjaan, tentu Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa saja tugas yang harus dikerjakan sebagai sales dan telemarketing. Tujuannya, agar begitu diterima bekerja Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dalam menjalankan pekerjaan tersebut. 

Telemarketing adalah kegiatan untuk menawarkan, mengenalkan, dan memasarkan jasa maupun produk menggunakan media telepon sebagai perantaranya. Artinya, telemarketing menjadi upaya menawarkan produk yang efektif tanpa menggunakan iklan di media umum. 

Jangan salah, meskipun tanpa iklan, strategi telemarketing profesional banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk mensosialisasikan produk maupun jasa dengan lebih baik kepada calon konsumen. Bahkan cukup banyak brand yang memiliki dua divisi sekaligus, yaitu sales dan telemarketing, dan keduanya saling mendukung dalam upaya meningkatkan penjualan.

Agar lebih fokus, pembahasan kali ini akan lebih banyak mengenai tugas atau job desc telemarketing, sementara mengenai tugas sales dan bagaimana menjadi sales sukses, Anda bisa mempelajari The Secret of Sales Champion.

Tugas Seorang Telemarketing

Setelah mengetahui apa itu telemarketing, mungkin Anda memiliki ketertarikan yang lebih besar lagi dengan pekerjaan ini dan mencoba belajar mengiklankan produk atau jasa. Pasalnya, jobdesc telemarketing ini cenderung lebih mudah menarik pelanggan, apalagi jika Anda mengetahui strateginya. 

Berikut ini merupakan tugas yang harus dilakukan, jika Anda berada di posisi atau pekerjaan sebagai telemarketing, di antaranya:

Menjual Lebih Banyak Melalui Tips Telemarketing

Pada dasarnya telemarketing merupakan teknik penjualan yang efektif dan mudah, asalkan Anda sudah mengetahui hambatan yang biasa dihadapi telemarketing dan tahu cara menciptakan first impression kepada konsumen. Selanjutnya, Anda juga sudah mengetahui tugas utama Anda, yaitu menawarkan dan menjual jasa atau produk dari perusahaan. 

Memang, ada target yang harus Anda penuhi setiap bulan. Di saat yang sama, Anda juga wajib siap untuk menghadapi penolakan. Ini memang menjadi tekanan dan tantangan besar yang harus Anda hadapi. Namun, selama Anda tidak menyerah, tetap positif, dan terus menerapkan berbagai tips telemarketing, niscaya Anda akan tetap bisa mendapatkan pelanggan dan meraih angka penjualan yang tinggi.

Follow Up Pelanggan

Tugas dari telemarketing selanjutnya yaitu follow up calon pelanggan atau pelanggan yang sudah menggunakan produk maupun jasa perusahaan yang Anda tawarkan. Hal tersebut berguna untuk menanyakan lebih lanjut, apakah mereka jadi menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan atau tidak, sehingga pencapaian penjualan Anda jelas dan diketahui.

Mengumpulkan Informasi Terkait Produk atau Jasa

Sebelum menawarkan produk atau jasa ke orang lain, Anda harus memiliki pengetahuan terkait produk atau jasanya. Pengetahuan ini nantinya akan sangat membantu Anda dalam menjawab semua pertanyaan calon pelanggan.

Oleh sebab itu, kumpulkan dan pelajari informasi terkait produk atau jasa yang menjadi fokus penjualan Anda, bahkan jika perlu Anda coba gunakan dan ketahui pula berbagai masalah yang bisa timbul dalam penggunaan produk tersebut. Setelah mengetahui dan memahaminya, Anda bisa langsung melakukan pekerjaan berikutnya, yaitu menelpon atau menghubungi konsumen untuk menawarkan produk atau jasa perusahaan.

Jangan lupa untuk menggunakan komunikasi persuasif atau bersifat ajakan agar calon pelanggan semakin tertarik untuk membeli. Jika Anda masih pemula, Anda bisa mencari contoh sales script telemarketing di internet. Selain itu, hindari 5 hal dalam telemarketing yang tidak boleh Anda lakukan.

Melayani Pelanggan atau Customer

Karena tugas utama Anda sebagai telemarketing adalah berjualan, maka pembeli yang datang adalah raja. Dengan kata lain, Anda perlu melayani pelanggan atau customer dengan baik. Anda dapat memberikan jawaban yang tepat ketika mereka bertanya mengenai produk atau jasa perusahaan, juga melayani keluhan yang disampaikan oleh customer serta memberikan solusi atas keluhan tersebut. Cara ini akan membuat konsumen jadi menyukai Anda.

Dengan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, Anda bisa meningkatkan jumlah pelanggan yang berpotensi melakukan konversi dari penawaran ke pembelian, serta melakukan kerja sama dengan pihak terkait. 

Maksimalkan kinerja Anda dengan membuat daftar pelanggan serta pengunjung sesuai dengan segmentasi pasar. Selain itu, Anda juga bisa mengasah skill dengan mempelajari cara Mengelola Penjualan dengan Virtual Telesales Skill.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua