Unduh Aplikasi QuBisa
Inilah Manfaat Strategi Komunikasi Efektif di Dalam Perusahaan
Artikel
HR Management

Inilah Manfaat Strategi Komunikasi Efektif di Dalam Perusahaan

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Pemimpin maupun seluruh jajaran pemangku jabatan dan pengambil keputusan di perusahaan sudah seharusnya menerapkan strategi komunikasi yang efektif di dalam perusahaan. Hal ini terkait dengan banyaknya manfaat strategi komunikasi efektif yang bisa didapatkan perusahaan itu sendiri. 

Maksudnya, pemimpin di dalam perusahaan perlu memiliki kepiawaian dalam hal berkomunikasi, karena dengan cara inilah Anda sebagai pemimpin menyampaikan sesuatu atau mengomunikasikan pekerjaan kepada karyawan. 

Komunikasi efektif dapat diartikan sebagai komunikasi antara dua orang atau lebih di mana pesan yang dimaksud berhasil disampaikan, diterima, dipahami, dan hasilnya adalah pencapaian target atau tujuan yang ditetapkan. Tak hanya mengurangi dampak konflik, komunikasi efektif juga menjadi faktor penting dalam menciptakan hubungan internal dan eksternal perusahaan, serta membangun suasana kerja yang kondusif dan nyaman bagi setiap individu di dalamnya.  

Manfaat Penerapan  Strategi Komunikasi Efektif

Karyawan Bisa Mendapatkan Informasi secara Langsung yang Meningkatkan Loyalitas

Tidak ada seorang pun yang merasa nyaman ketika menyadari kalau ada hal-hal tertentu yang dirahasiakan darinya, termasuk setiap individu di dalam perusahaan. Untuk itu, penerapan strategi komunikasi yang efektif, yang memungkinkan setiap karyawan mendapatkan informasi secara langsung, bukan dari pihak-pihak tertentu saja, maka mereka akan merasa dihargai karena bisa memperoleh hak atas informasi terbaru dari perusahaan secara langsung, mulai dari kebijakan, perubahan formasi karyawan, hingga tujuan bisnis.

Loyalitas Strategi Komunikasi Efektif

Dengan komunikasi yang seperti ini, karyawan pun merasa dilibatkan dalam keberlangsungan perusahaan, makin menghormati perusahaan, dan dapat meningkatkan loyalitas mereka. Apalagi kalau komunikasi yang dilakukan secara dua arah, para pegawai bisa menyampaikan ide dan kritik mereka untuk diskusi bersama dengan petinggi perusahaan.

Kolaborasi komunikasi ini jelas akan menciptakan saluran balik yang berdampak positif ke perusahaan. Seluruh pihak yang ada di dalam perusahaan akan tahu apa kesalahan mereka dan koreksi yang bisa dilakukan, agar bersama-sama terlibat aktif dalam kemajuan perusahaan.

Membangun Budaya Perusahaan dan Menciptakan Dimensi Baru

Setiap perusahaan tentu punya tradisi dan budaya sesuai aturan masing-masing. Agar bisa mewujudkannya, tentu komunikasi yang terjalin antar pegawai dan direksi haruslah tepat. Melalui pesan yang dikirimkan oleh direksi, karyawan akan tahu seperti apa aturan kerja dan akhirnya menciptakan situasi budaya yang baik di perusahaan.

Percayalah, tak selamanya karyawan itu senang disuruh dan diperintah. Mereka juga ingin didengarkan supaya pemikirannya berkembang dengan cara perusahaan menerapkan komunikasi dengan pendekatan mendengar secara aktif. Untuk itulah dengan komunikasi yang tepat, para pegawai ini bisa menciptakan dimensi baru atas pemahamannya pada perusahaan. Mereka akan yakin kalau kantor bukan hanya tempat bekerja, tapi juga berbagi pemikiran.

Mengurangi Konflik di Dalam Perusahaan

Komunikasi yang efektif dapat mengurangi dampak konflik dan kesalahpahaman antar karyawan, manajer dan karyawan, atau antara karyawan dan pelanggan. Konflik atau kesalahpahaman bisa terjadi karena ketidakmampuan dalam menerima dan memahami informasi yang disampaikan, atau bisa pula karena komunikasi yang buruk.

Penyebab lain terjadinya konflik, misalnya karena kegagalan untuk memahami kondisi atau kebutuhan emosi orang lain. Bisa jadi, mereka dalam kondisi merasa diabaikan atau tak didengar. Dampak konflik harus segera ditangani dengan menggunakan manajemen konflik yang tepat.

Itu sebabnya, penerapan strategi komunikasi yang efektif penting dilakukan di dalam perusahaan. Tujuannya, agar tiap-tiap orang dapat belajar mengidentifikasi situasi dan tahu caranya berkomunikasi untuk saling memahami, memiliki empati, dan mengenali kebutuhan emosional rekan kerja. Dengan pemahaman yang lebih baik, komunikasi dua arah dapat berjalan lebih efektif.

Konflik dalam Perusahaan

Menenangkan Karyawan

Ada kalanya perusahaan menghadapi masa sulit, seperti krisis yang berkepanjangan, produktivitas menurun, kerugian yang memberi dampak besar, dan sebagainya. Dalam kondisi ini, biasanya pegawai langsung bingung dan membicarakan nasib mereka. Contohnya seperti saat pandemi Covid-19 ini, banyak perusahaan yang gulung tikar karena kapasitas produksi berkurang.

Tentu sebelum ada keputusan apa pun dari pihak perusahaan terkait kondisi yang dihadapi, para pegawai perusahaan menjadi tidak tenang yang berakibat semakin menurunnya produktivitas kerja. Di sinilah letak pentingnya komunikasi di dalam perusahaan, karena bisa membuat para pegawai tetap tenang dan percaya apa yang dilakukan direksi akan tetap memberi kebaikan kepada mereka. 

Masih ada banyak sekali manfaat strategi komunikasi efektif di dalam perusahaan yang jika dilakukan dengan baik dan benar bisa memberi dampak positif bagi setiap individu maupun perusahaan sendiri. Untuk itulah, bangun komunikasi yang efektif di dalam perusahaan sehingga apa pun kondisi yang sedang dihadapi, bisa dikomunikasikan dengan baik, dan siapa tahu bisa sama-sama mencari solusi yang terbaik pula bagi semua pihak. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua