Unduh Aplikasi QuBisa
Ide Konten Instagram Supaya Dapat Banyak Save
Artikel
Social Media Marketing

Ide Konten Instagram Supaya Dapat Banyak Save

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Instagram adalah media sosial yang banyak digunakan generasi milenial. Menurut riset Statista, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia tahun 2022 mencapai 99,1 juta orang. Selain itu, Instagram juga memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk berpromosi. 

Supaya bisa menarik calon pelanggan potensial bahkan customer loyal, Anda harus memperhatikan strategi social media marketing yang dijalankan. Pastikan konten berupa gambar dan video yang diunggah menarik, serta dilengkapi copywriting yang efektif. 

Konten yang menarik dan bermanfaat akan mendorong audiens untuk berinteraksi. Interaksinya pun bermacam-macam, bisa berupa like, komen, share, remix untuk IG Reels, dan save. Ya, fitur save di Instagram tak hanya berguna sebagai bookmark bagi followers Instagram bisnis Anda, namun juga mempengaruhi engagement akun.

Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Disimpan Oleh Audiens

Ingin menaikkan interaksi konten di Instagram Anda supaya konten banyak di-save? Mari mencoba ide konten berikut ini!

Membuat Konten Lucu dan Provokatif

Buat Konten Lucu dan Provokatif

Konten yang bisa melibatkan emosi pengguna media sosial biasanya lebih mudah mendapatkan like, komentar, respost, dan save. Untuk itu, Anda bisa membuat konten yang lucu, provokatif, sekaligus membuat audiens terkejut. Jenis konten ini umumnya menjadi konten evergreen atau relevan dari waktu ke waktu. Pilihlah topik yang umum, bisa dari realita kehidupan sehari-hari. Kemudian kontennya cocok untuk semua kalangan (tidak menyudutkan pihak-pihak, agama, ras, dan suku tertentu).

Konten Berupa Quotes Motivasi

Tidak dimungkiri jika konten motivasi berupa quotes selalu memiliki penggemarnya sendiri, terutama saat audiens Anda di Instagram merasa kutipan yang dibagikan sesuai dengan diri mereka. Anda bisa membuat konten kutipan yang berasal dari quotes tokoh-tokoh terkenal, kutipan film, novel, hingga lirik lagu. Sisipkan quotes dalam gambar maupun video klip. Kutipan positif akan mendapat banyak respons dan disimpan oleh pengguna Instagram untuk kembali dilihat.

Konten Edukasi dan Informatif

Microblog adalah konten yang beberapa tahun terakhir ramai digunakan konten kreator Instagram dan banyak disimpan oleh pengguna karena bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam membuat atau melakukan suatu kegiatan. Contoh cara mengatur keuangan, tips desain gambar menggunakan Canva, rekomendasi tempat untuk healing di Bogor, 9 buku yang mengubah hidup Anda, dan lainnya.

Membuat Konten Momen Spesial

Konten Tutorial

Konten tutorial adalah konten yang berisi langkah-langkah dalam membuat sesuatu. Misalnya tutorial membuat IG Reels menggunakan foto yang disusun sesuai musiknya, tutorial resep masakan, hingga tutorial makeup. Konten tutorial berpotensi mendapatkan banyak save pengguna karena biasanya akan dilihat kembali step by step ketika pengguna Instagram akan mencoba melakukan hal yang sama.

Konten Momen Spesial

Momen spesial biasanya tak terlupakan dalam hidup seseorang. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan momen spesial, seperti hari raya, valentine, tahun baru, natal, liburan akhir tahun, liburan sekolah menjadi bagian dari konten Anda. Konten seperti ini bisa membuat audiens merasa gembira, apalagi jika Anda menambahkan promo harga spesial untuk pembelian produk bisnis Anda. Namun, pastikan Anda mengunggahnya di waktu yang tepat.

Itulah 5 jenis konten Instagram yang bisa menggerakan pengguna untuk menggunakan fitur save konten. Save adalah salah satu fitur Instagram yang masuk dalam matrik engagement selain like, komen, dan share. Ide konten yang menarik bisa dipadukan dengan jenis produk yang Anda tawarkan. Saat bisnis Anda menjual paket skincare routine, Anda bisa mencoba membuat konten tutorial supaya wajah tidak kusam dan bisa glowing seketika.

Ingin menambah ilmu terkait digital marketing di Instagram dan cara membuat konten viral? Yuk coba pelajari berbagai materi kursus online gratis yang ada di aplikasi belajar online QuBisa di bawah ini:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua