Unduh Aplikasi QuBisa
Pentingnya Halaman Landing Page untuk Jualan Online
Artikel
Web Development

Pentingnya Halaman Landing Page untuk Jualan Online

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Landing page adalah halaman situs web atau blog yang didesain khusus untuk keperluan digital marketing. Biasanya, pengunjung akan mengakses landing page karena tertarik dengan penawaran di email, media sosial, maupun iklan berbayar yang muncul di hasil pencarian. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan landing page, terutama untuk jualan online. Mengapa landing page penting? Apa fungsi, jenis, dan perbedaan landing page dengan homepage? Simak selengkapnya di sini, yuk.

Pentingnya Halaman Landing Page untuk Jualan Online

Halaman landing page merupakan halaman website toko online yang pertama kali muncul pada hasil pencarian ketika audiens mengetikkan kata kunci tertentu. Apalagi jika Anda memberikan informasi dan call to action yang menarik, sehingga audiens mau mengunjungi halaman lain, kemudian membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Dengan kata lain, landing page bisa dijadikan sebagai salah satu strategi marketing yang menghasilkan konversi untuk perusahaan skala besar maupun UMKM. Landing page juga akan membantu mengoptimalkan iklan berbayar atau Google Ads. Bahkan Anda bisa berjualan langsung melalui landing page.

Fungsi Utama Landing Page

Fungsi Utama Landing Page

Landing page memiliki dua fungsi utama, yaitu:

  1. Mengumpulkan data audiens dengan menyediakan form yang bisa diisi oleh audiens. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan data pelanggan potensial dan untuk mendapatkan leads. Tinggal bagaimana selanjutnya Anda melakukan follow up agar pelanggan berminat melakukan pembelian, misalnya dengan menyediakan promo, diskon, atau penawaran menarik lainnya.
  2. Landing page dapat berfungsi mempercepat proses transaksi karena ada tombol navigasi dan menu yang mengarahkan audiens untuk mengakses produk maupun layanan yang tersedia.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

  • Landing page bertujuan mendorong terjadinya konversi ketika calon konsumen mengunjungi halaman tersebut. Sementara tujuan homepage bisa berbeda-beda, tergantung audiensnya. Misalnya, mengetahui tentang perusahaan, testimoni, dan lainnya.
  • Landing page berisi informasi yang fokus pada penawaran produk, promosi, dan strategi marketing lainnya. Berbeda dengan homepage yang kontennya beragam.
  • Landing page harus memiliki call to action khusus. Sementara homepage biasanya tidak memerlukan CTA, pengunjung akan berpindah halaman sesuai kebutuhannya.
Jenis Landing Page yang Cocok untuk Jualan Online

Jenis Landing Page yang Cocok untuk Jualan Online

Click Through

Click through adalah jenis landing page yang banyak digunakan e-commerce, marketplace, atau perusahaan B2C. Landing page jenis click through berisi informasi seputar produk atau layanan yang bertujuan meyakinkan pengunjung untuk melihat halaman lain. Di dalam landing page dilengkapi tombol berisi CTA, seperti "Beli Sekarang", "Pilih Sekarang", dan lainnya.

Lead Generation

Lead generation merupakan landing page yang bertujuan mengumpulkan data pelanggan melalui penawaran menarik. Misalnya diskon, e-book gratis, free trial, sampel produk gratis, daftar webinar, dan lainnya. Pada landing page terdapat tombol call to action, seperti "Subscribe Now", "Register Now", dan lainnya. Tombol tersebut mengarahkan konsumen untuk mengisi data diri berupa nama, email, nomor telepon, data lainnya. Anda bisa menggunakan data-data tersebut untuk memberikan informasi terbaru hingga penawaran menarik melalui email marketing.

Product Detail

Landing page jenis ini mengedepankan informasi menarik dari produk atau layanan, mulai dari spesifikasi, harga, jenis, gambar, dan informasi pendukung lainnya.

Apakah toko online Anda sudah memiliki landing page? Jika belum, coba buat landing page yang menarik  untuk meningkatkan konversi pada toko online Anda. Atau Anda bisa Belajar Membuat Desain Landing Page dan Website Tanpa Coding di QuBisa. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua