Unduh Aplikasi QuBisa
Fungsi LMS bagi Perusahaan dan Bagi Karyawan
Human Resource

Fungsi LMS bagi Perusahaan dan Bagi Karyawan

Punto Wicaksono09 Oct 234 menit membaca

Learning Management System (LMS) merupakan media yang efektif untuk pelatihan karyawan, termasuk dalam program pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan. 

Tak hanya memudahkan instruktur pelatihan membuat, mengunggah, dan mengelola materi pelatihan, pembuatan soal ujian atau kuis, bahkan menyimpan data lain terkait proses pembelajaran dalam satu platform, namun masih banyak fungsi LMS lainnya. 

Cek di sini fungsi LMS bagi perusahaan dan bagi karyawan, yuk.

7 Fungsi LMS bagi Bisnis dan Perusahaan

1. Efisiensi Waktu dan Biaya Pelatihan Karyawan

Penggunaan LMS dalam pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan membawa manfaat besar dalam hal efisiensi. 

Perusahaan dapat mengurangi biaya pelatihan konvensional yang melibatkan biaya transportasi, penginapan, dan materi cetak. 

Pelatihan karyawan yang menggunakan LMS bahkan memiliki fleksibilitas dan skalabilitas tinggi sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, sekaligus menghemat anggaran yang berkaitan dengan pengembangan SDM.

2. Peningkatan Keterlibatan dan Motivasi Karyawan

LMS memungkinkan perusahaan menyajikan materi pelatihan dengan cara yang menarik dan interaktif. Karyawan dapat belajar dalam format yang sesuai dengan gaya belajar mereka, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan motivasi.

3. Lebih Mudah Melakukan Pelacakan dan Pelaporan

Pada platform Learning Management System yang bagus biasanya sudah menyediakan alat pelacakan sehingga bisa mengontrol dan mendata progress peserta pelatihan dalam proses pembelajaran. 

Dengan cara ini, perusahaan dapat dengan mudah melihat kemajuan pelatihan karyawan, mengevaluasi hasil, dan mengidentifikasi area di mana karyawan perlu perbaikan.

4. Materi Pembelajaran Bisa Tersedia dalam Berbagai Format

LMS memungkinkan perusahaan menyajikan materi dalam berbagai format, seperti teks, video, dan gambar. 

Dengan tersedianya beragam format materi pelatihan, karyawan bisa memilih dan menentukan sendiri, materi pelatihan mana saja yang sesuai dengan gaya belajar mereka sehingga hasil pembelajaran jadi lebih optimal.

5. Pemberian Tugas dan Evaluasi Lebih Praktis dan Efektif

Saat ini sudah banyak platform pelatihan SDM yang memiliki fitur otomatisasi dalam pemberian tugas. Adanya fitur ini sudah tentu mengurangi beban administratif dan memastikan setiap karyawan mendapatkan umpan balik yang sesuai.

6. Semua Hal Terkait Proses Pembelajaran Terdokumentasi Rapi

Semua informasi, data, dan catatan terkait pembelajaran tersimpan dalam LMS dengan cara yang terstruktur, mudah diakses, dan teratur. 

Ini memudahkan pengguna, baik pengajar maupun peserta didik, untuk melacak, memahami, dan mengelola semua informasi pembelajaran.

Di saat yang sama, data ini juga berguna bagi perusahaan dalam memenuhi persyaratan peraturan dan memantau perkembangan karyawan.

7. Lebih Mudah Melakukan Analisis Hasil

Dengan data yang terdokumentasi dengan baik, perusahaan dapat melakukan analisis mendalam tentang hasil pelatihan. Di kemudian hari, data ini bisa digunakan untuk merancang metode pelatihan karyawan yang lebih baik dan berkelanjutan.

7 Fungsi LMS Bagi Karyawan

1. Kelas Virtual & Bisa Diakses Fleksibel

Karyawan dapat mengakses pelatihan dari mana saja dan kapan saja. Aksesibilitas yang tinggi seperti ini sudah tentu memudahkan karyawan dalam mengatur waktu belajar tanpa harus mengganggu waktu kerja.

2. Konten dan Materi Belajar Lebih Bervariasi

LMS menawarkan beragam materi pelatihan, termasuk video, modul interaktif, dan ujian. Karyawan dapat memilih materi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Materi Pembelajaran Bisa Dipelajari Berulang

Dengan LMS, materi pelatihan dapat dipelajari ulang sesuai kebutuhan. Artinya, ketika ada materi yang belum dikuasai dengan baik, karyawan bisa mengulangi lagi materi tersebut sampai mereka benar-benar paham, bahkan bisa mengimplementasikannya dalam pekerjaan. 

4. Membantu Proses Orientasi Karyawan

Karena perusahaan menggunakan Learning Management System yang terstruktur, tentu karyawan baru, terutama fresh graduate yang baru gabung di perusahaan, lebih mudah memahami budaya dan nilai perusahaan. 

Mereka juga akan terbantu dengan materi-materi yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka di perusahaan.

5. Tersedia Tes, Ujian, dan Penilaian

Karyawan dapat mengukur kemajuan melalui ujian dan penilaian yang terintegrasi dalam LMS. Ini membantu untuk memahami di bagian mana mereka sudah menguasai materi, perlu meningkatkan diri, atau perlu mengulang materi agar bisa lebih memahami.

6. Membuat Karyawan Bisa Belajar secara Konsisten

LMS memungkinkan karyawan untuk belajar secara konsisten, yang pada akhirnya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

7. Grup Diskusi dan Networking

LMS memfasilitasi pembelajaran berbasis komunitas. Jadi, karyawan dapat berpartisipasi dalam diskusi dan kolaborasi dengan sesama karyawan.

Learning Management System (LMS) memang memiliki banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Supaya tak salah pilih Learning Management System (LMS), sebaiknya ikuti saja: 9 Panduan dan Cara Memilih LMS Sesuai Kebutuhan Pelatihan Karyawan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua