Unduh Aplikasi QuBisa
3 Formula Membangun Branding untuk Raih Kesuksesan
Artikel
Career Development

3 Formula Membangun Branding untuk Raih Kesuksesan

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Semua orang memiliki personal brand atau branding masing-masing, baik karena Anda sengaja membangunnya atau tidak. Branding bisa membantu Anda mengembangkan diri sembari mengukuhkan posisi yang berkaitan dengan karir di suatu bidang atau industri. Ketika orang-orang mengetahui bahwa Anda memiliki karakter dan keahlian yang kuat dalam suatu bidang, maka akan terbuka banyak peluang. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana formula membangun branding untuk meraih kesuksesan yang perlu Anda lakukan?

3 Formula Membangun Branding: Talenta dan Kerja Keras

Talenta Diri

Setiap orang diciptakan memiliki hal spesial. Namun, kadang ada perasaan rendah diri karena masing-masing dari Anda merasa orang lain lebih luar biasa. Di saat yang sama, Anda perlu menyadari bahwa setiap manusia diciptakan ke dunia dengan maksud dan tujuan tersendiri. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Tuhan memberi karunia berupa talenta di dalam diri manusia.

Artinya, di dalam diri Anda sudah ada modal dasar untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan, yaitu talenta. Tinggal bagaimana cara Anda memanfaatkan talenta dan bakat yang diberikan Tuhan. Nah, apakah Anda sudah memahami bakat dan bagaimana memanfaatkan talenta dengan semaksimal mungkin?

Pengertian bakat adalah perilaku alami yang  berulang dan berhubungan dengan semua pikiran dan perasaan yang Anda rasakan, seperti bahagia, nyaman, dan berguna. Memaksimalkan potensi dan talenta yang Anda miliki akan membantu Anda untuk melakukan banyak hal, dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk menghasilkan uang. Dengan menyadari talenta diri ini, Anda bisa memperkuat branding sesuai dengan hal-hal yang memang Anda kuasai dan Anda sukai.

formula sukses membangun branding dengan mengetahui talenta diri

Bekerja Keras

Formula membangun diri yang sangat penting berikutnya adalah bekerja keras. Formula ini sebenarnya selalu dibutuhkan untuk meraih sesuatu, termasuk mendapatkan branding yang Anda inginkan.

Ingin menjadi YouTuber, influencer, penjual, dokter, guru, dan pekerja hebat lainnya? Tentu saja Anda butuh usaha lebih. Jika area yang ingin Anda pilih sebagai branding bertentangan dengan minat terpendam dalam diri, tentu Anda membutuhkan upaya keras untuk melakukannya. Sebaliknya, kalau Anda berkarya dan bekerja di bidang yang memang sesuai dengan talenta, minat, dan passion, Anda bisa bekerja dengan sepenuh hati tanpa merasa terbebani. Dengan cara ini, proses membangun branding juga akan berjalan lebih mudah dan lebih cepat.

Ada banyak pelatihan di berbagai bidang yang tersedia di internet. Anda tinggal memilih mau belajar apa sesuai dengan kebutuhan. Bahkan di aplikasi siap kerja QuBisa, ada banyak materi pembelajaran daring yang memungkinkan Anda bisa belajar online dari mana saja dan kapan saja.

Jangan lupa, bangun jejaring dan networking dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk saling bertukar informasi, bertukar peluang, sekaligus bisa berbagi pengetahuan. Sisanya, tinggal bagaimana cara Anda bekerja keras sehingga branding Anda semakin kuat. Kerja keras bahkan bisa membuat Anda menjadi lebih unggul dari apa yang Anda ekspektasikan.

Semangat Membangun Branding

Inti dari formula dalam membangun branding adalah menyadari bakat dan terus bekerja keras. Namun untuk mencapainya, Anda juga butuh semangat yang tinggi agar setiap usaha Anda membangun branding tidak sia-sia dan terus mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik.

mengembangkan diri sebagai bagian dari semangat membangun branding

Tips Membangun Branding

Terdapat beberapa tips membangun branding berdasarkan talenta dan kerja keras yang bisa Anda terapkan, yaitu:

Kenali Diri Sendiri

Branding Anda harus mencerminkan diri Anda sendiri, bukan apa yang ingin dilihat  orang lain. Apa yang Anda yakini? Apa yang Anda perjuangkan? Apa kekuatan dan kelemahan Anda? Ini adalah topik pertama yang perlu Anda pahami paling awal.

Berbicara dengan Orang Lain

Bicara tentang keahlian Anda dengan orang lain untuk menemukan perspektif lain. Beberapa orang  mengkritik Anda atau memberikan saran kepada Anda. Tidak masalah. Hal paling penting, Anda perlu membangun sikap terbuka terhadap reaksi orang lain, mau menerima kritik, saran, dan masukan, dan menjadikannya pembelajaran untuk kemudian Anda lakukan perbaikan. Jangan lupa berterima kasih kepada orang-orang yang berbagi pandangan mereka tentang Anda.

Terus Belajar

Tidak peduli seberapa baik Anda menguasai suatu bidang, bijaksana untuk mengingat bahwa kini segala sesuatunya bergerak sangat cepat dan berubah lebih cepat dari yang Anda kira. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan pengetahuan tentang bidang atau industri tertentu yang berhubungan dengan bidang pekerjaan Anda. Terus belajar dan gali sebanyak mungkin potensi diri sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan zaman.

Branding yang Anda bangun akan menjadi cara dalam memberi tahu keahlian Anda kepada orang lain. Maka lakukan secara maksimalkan formula membangun branding yang sudah Anda baca pada artikel QuBisa ini, kemudian tingkatkan potensi diri dan lakukan eksplorasi diri untuk menemukan bakat terpendam yang mungkin masih banyak di dalam diri Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua