Unduh Aplikasi QuBisa
7 Formula Copywriting yang Wajib Kamu Tahu
Artikel
Content Marketing

7 Formula Copywriting yang Wajib Kamu Tahu

Punto Wicaksono17 Jan 238 menit membaca

Formula copywriting apa saja? Nah, pada artikel ini kamu bisa mengenal 15 formula copywriting, seperti BAB, AIDA, QUEST, FAB, dan sebagainya. Kalau ingin tahu semua formula copywriting beserta penjelasannya, baca artikel ini sampai selesai ya.

7 Formula Copywriting yang Wajib Kamu Tahu

Copywriting adalah teknik membuat tulisan iklan persuasif. Tujuannya agar pelanggan melakukan tindakan seperti yang kamu sarankan, seperti membeli produk, berkunjung ke website, sign up, hingga melakukan like, share, maupun berkomentar di konten yang ada di media sosial bisnis. Untuk itu, kamu memerlukan formula copywriting yang tepat

Formula Copywriting Before-After Bridge (BAB)

Formula Before-After Bridge (BAB) adalah salah satu formula copywriting yang berguna untuk membantu calon pelanggan mengidentifikasi masalah mereka. Kemudian, menunjukkan peran produk atau layanan suatu bisnis yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cara tertentu. Formula ini terdiri dari tiga bagian:

  • Before (sebelum): Berisikan keadaan sekarang, misalnya masalah yang sedang terjadi, situasi saat ini, hingga keadaan sebelum menggunakan produk tertentu.
  • After (sesudah): penjelasan tentang perubahan apa yang akan pelanggan alami jika menggunakan produk yang sesuai. Kamu juga bisa menceritakan tentang kondisi ideal yang seharusnya bisa pelanggan dapatkan kalau menemukan produk yang tepat.
  • Bridge (penghubung antara before - after): membahas tentang bagaimana produk atau layanan akan membantu pelanggan atau calon pembeli untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Bisa juga, cara mengubah kondisi dari before menjadi after menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Contoh, sebelum menggunakan produk pencuci piring otomatis, kamu harus mencuci piring secara manual. Ini tentu memakan waktu dan membuat kamu kelelahan. Setelah menggunakan produk, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Nah, produk ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah mencuci piring yang sering menghabiskan banyak waktu dan melelahkan.

menggunakan formula AIDA pada copywriting

Formula AIDA

AIDA adalah singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat/keinginan), dan Action (tindakan). Jika dijabarkan lebih lanjut, maka penggunaan formula copywriting ini, sebagai berikut:

  • Attention: menarik perhatian pelanggan, misalnya dengan judul iklan yang menarik.
  • Interest: berisi penjelasan tentang masalah yang banyak dihadapi pelanggan sehingga mereka merasa terhubung, sehingga lanjut mencari tahu.
  • Desire: menyentuh sisi emosi pelanggan dan membuat mereka menginginkan produk yang kamu tawarkan. 
  • Action: kamu bisa mencantumkan call to action secara jelas sesuai pelanggan melakukan tindakan yang kamu sarankan. Misalnya membeli produk atau melakukan pendaftaran.

Bisa dikatakan, formula AIDA berguna untuk membuat iklan yang efektif dan persuasif. Cara kerjanya dengan menarik perhatian pelanggan, meningkatkan minat mereka, menciptakan keinginan untuk produk atau layanan, dan mendorong tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengunjungi situs web. Ini tahu lebih banyak mengenai formula ini? Langsung pelajari di artikel ini ya: Cara Menerapkan Teknik AIDA dalam Copywriting.

Menggunakan Formula Copywriting QUEST

Menerapkan formula ini memiliki 5 tahapan, mulai dari menjelaskan fakta terkait masalah yang banyak pelanggan hadapi, memahami kebutuhan pelanggan, memberikan informasi tentang solusi yang bisa pelanggan dapatkan, mempengaruhi pelanggan dengan keunggulan dan keampuhan solusi yang kamu berikan, dan akhirnya membuat pelanggan melakukan tindakan sesuai saran yang kamu berikan. Lihat penjelasan berikut:

  • Qualify: menjelaskan masalah yang banyak dihadapi pelanggan dan membuat pelanggan yang membaca iklan merasa terhubung.
  • Understand: menunjukkan kalau kamu paham dan mengerti kesulitan yang pelanggan hadapi dan menunjukkan empati melalui tulisan copy yang kamu buat.
  • Educate: berikan informasi dan edukasi kepada pelanggan bahwa ada solusi terbaik yang bisa mereka ambil. 
  • Stimulate: tulisan copywriting yang kamu buat harus bisa mempengaruhi pelanggan pada tahap ini. Tunjukkan keunggulan dari solusi yang kamu tawarkan. Dalam hal ini, kamu mengulas berbagai keunggulan produkmu, tanpa perlu menyebutkan produknya. 
  • Transition: pada tahap ini gunakan CTA atau call to action yang mengarahkan pelanggan untuk segera mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah. Misalnya dengan langsung membeli produk atau klik tombol Whatsapp untuk berkonsultasi lebih dulu dengan tim marketing.

PAS

PAS adalah singkatan dari Problem, Agitate, dan Solution. Formula copywriting ini dapat menarik perhatian pelanggan karena mereka mengharapkan masalah yang mereka hadapi bisa segera selesai. Ada tiga tahap dalam penerapannya, yaitu: 

  • Problem: memberi tahu pelanggan tentang masalah atau pain point yang sedang terjadi.
  • Agitate: berisi penjabaran bahwa masalah tersebut bisa semakin buruk jika mereka tidak segera mengambil tindakan untuk menyelesaikannya.
  • Solution: kamu menyediakan solusi untuk masalah yang pelanggan hadapi. Bisa dengan menunjukkan keunggulan produk atau layanan bisnis. Lalu yakinkan bahwa inilah solusi yang terbaik bagi pelanggan.

Formula PAS cocok digunakan pada jenis copy yang singkat dan padat, sehingga pelanggan lebih mudah menangkap maksud iklan kamu. Dengan cara ini, iklan maupun promosimu akan berfokus pada masalah dan solusi yang paling baik bagi pelanggan.

menggunakan formula SELL pada copywriting

SELL

Pernah dengar tidak ada formula copywriting yang disebut SELL. Meski dalam bahasa Inggris, sell berarti membeli, namun bukan itu lho ya pengertiannya. Jadi, SELL singkatan dari Situation, Problem, Implication, Solution, dan Link. Untuk menerapkan formula ini dalam penulisan copy iklan, maka berikut tahapannya:

  • Situation: deskripsikan situasi atau kondisi saat ini yang banyak dihadapi pelanggan. Tujuannya, untuk menarik perhatian dan membuat mereka merasa terhubung dengan iklan atau konten yang pelanggan baca.
  • Problem: tunjukkan masalah tersebut sejelas mungkin untuk mempengaruhi emosi pelanggan, sekaligus mendorong mereka untuk mencari solusi.
  • Implication: beri penjelasan mengenai akibat dari masalah yang dibiarkan dan tak segera diselesaikan. Dengan cara ini, tulisanmu seharusnya bisa meningkatkan keinginan pelanggan untuk sesegera mungkin menemukan solusi.
  • Solution: pada tahap ini, kamu sudah siap dengan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang pelanggan hadapi. Misalnya dengan memberi penjelasan mengenai keunggulan produk atau layanan bisnis. Sebaiknya tidak menyebutkan nama produknya ya.
  • Link: berik tautan menuju ke solusi yang kamu tawarkan dan minta pelanggan untuk segera mengunjungi tautan tersebut. 

Awareness Pattern

Awareness Pattern adalah formula dalam copywriting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang suatu produk atau layanan. Selain itu, formula ini juga bisa kamu gunakan untuk mengubah persepsi atau keyakinan pelanggan sebelumnya tentang produk atau layanan.

Cara penerapannya, bisa dengan menggunakan kata kunci menyadari, memahami, menemukan, mengerti, dan sejenisnya. Kemudian arahkan pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut dan menyadari permasalahan yang menjadi paint point. Baru kemudian, beri solusi dalam bentuk produk atau layanan bisnis yang bisa kamu tawarkan.

Kombinasi Formula 4C dengan Storytelling

Formula 4C adalah singkatan dari Clarity, Credibility, Consistency, dan Calls to Action yang merupakan prinsip dasar copywriting. Clarity berarti menyampaikan pesan yang jelas dan mudah dipahami, Credibility berarti bisa dipercaya. Lalu, Consistency artinya tetap konsisten dengan pesan yang disampaikan, dan Calls to Action adalah memberikan arahan yang jelas kepada pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu.

Ada versi lain dari formula 4C dalam copywriting, yaitu:

  • Clear: penggunaan kalimat pendek berbentuk poin sangat penting agar audiens dapat langsung paham tentang maksud Anda.
  • Conscience: fokus pada poin yang ingin kamu sampaikan dan bisa mempengaruhi pelanggan. Hindari menuliskan kalimat-kalimat panjang ya. 
  • Compelling: gunakan storytelling untuk menyampaikan masalah dan solusi. Cara ini sangat efektif untuk membuat pelanggan merasa dekat, dan mungkin malah pernah mengalami masalah yang sama.
  • Credible: beritahu pelanggan bahwa ada solusi yang baik untuk mendukung solusi yang sudah tersedia dengan cara menuliskan benefit apa yang mereka dapatkan dari menggunakan produk yang kamu tawarkan. 

Versi 4C mana pun sebenarnya bisa kamu kombinasikan dengan teknik storytelling supaya tulisan copy iklan lebih menarik, mengalir apa adanya, dan membangkitkan emosi pelanggan. Mereka jadi mereka terhubung dan dekat dengan brand kamu. Inilah yang kemudian bisa meningkatkan brand awareness sekaligus branding usahamu.

Karena teknik copywriting banyak jenisnya, kamu tidak perlu menggunakan semuanya. Cukup pilih formula yang paling cocok dengan jenis iklan yang mau kamu buat. Perhatikan pula penulisan headline menarik, permasalahan umum pelanggan, solusi yang bisa kamu tawarkan, dan jangan lupa cantumkan call to action atau ajakan agar pelanggan segera bertindak. Setelahnya, terapkan 7 Rekomendasi Teknik Copywriting Jitu untuk Promosi Bisnis.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua