Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Fitur pada Search Engine
Artikel
Web Development

Mengenal Fitur pada Search Engine

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Berkat adanya mesin pencari alias search engine secanggih Google, pencarian informasi bahkan dari ujung pelosok dunia pun bisa didapat dalam hitungan detik. Hanya saja, masih banyak di antara kita yang belum benar-benar paham cara kerja search engine secara keseluruhan.

Padahal pemahaman akan cara kerja search engine ini sangat penting, lebih-lebih kalau Anda adalah pemilik website bisnis. Karena bagaimanapun, tinggi rendahnya traffic organik yang datang ke website, begitu dipengaruhi berbagai teknik SEO atau Search Engine Optimization.

Seperti Inilah Cara Kerja Search Engine

Jika disuruh menjelaskan seperti apa sih cara kerja mesin pencari internet? Tentu jawabannya adalah luar biasa rumit. Karena mesin pencari internet seperti halnya Google, menggunakan seluruh aspek SEO entah on page, off page, algoritma Google, dan faktor lainnya dalam menentukan konten-konten terbaik yang relevan dengan kata kunci pencarian.

Mulai dari penggunakan dan pengulangan keyword yang tepat, pengisian metadata hingga deskripsi, struktur konten, tampilan, bahkan kecepatan website. Konten-konten yang sudah memenuhi algoritma Google ini jelas akan muncul di halaman pertama mesin pencari.

Lantaran penentuan page rank di search engine dipengaruhi berbagai hal yang disebabkan kinerja mesin pencarian itu sendiri, tentu setiap pemilik dan pengelola website harus mulai mempelajarinya. Apalagi Google selalu melakukan pembaruan algoritma yang bertujuan memudahkan pencarian informasi bagi pengguna internet. Sebagai penyedia search engine terbesar di dunia, kebijakan Google dalam hal penentuan algoritma jelas menjadi kunci dalam melakukan SEO.

Fitur-Fitur yang Ada Dalam Search Engine

Dari tahun ke tahun, tampilan search engine jelas makin lengkap berkat berbagai fitur SERP (Search Engine Result Pages) seperti gambar-gambar, video, bahkan cuplikan singkat dari isi konten yang tentunya relevan dengan keyword. Berbagai fitur SERP ini tentu menjadi indikator baru dalam teknik SEO. Namun sebelum mempelajari teknik SEO secara lengkap, ada baiknya Anda memahami fitur penting yang ada pada search engine, yaitu:

Rich Snippet

Rich snippet adalah cuplikan beberapa baris tulisan dari sebuah artikel yang dianggap mesin pencari punya informasi tambahan dan penting bagi pengguna internet. Sudah pasti rich snippet ini memuat kata kunci yang diketikkan pengguna internet di kolom search engine.

Misalnya saja Anda menuliskan kata kunci “restoran termurah di Bandung”, maka fitur rich snippet bakal menampilkan beberapa baris ulasan, skor rating restoran, atau harga menu makanan dan minuman.

cara kerja search engine dengan fitur rich snippet dan featured snippet

Featured Snippet

Berbeda dengan rich snippet, featured snippet merupakan ringkasan tampilan atau jawaban dari kata kunci yang ditulis di kolom search engine. Featured snippet bisa muncul di bagian teratas dari halaman hasil penelusuran Google.

Misalnya, Anda menulis kata kunci “hotel termurah di Bali”, maka Google akan menampilkan featured snippet berupa daftar hotel paling relevan dengan keyword lengkap disertai tautan ke website, tarif hotel, sampai beberapa heading atau subheading konten.

People Also Ask

Fitur people also ask bermakna Orang Juga Bertanya. Maksudnya adalah berupa sejumlah pertanyaan sejenis yang tentunya masih berhubungan dengan kata kunci yang ditelusuri. Biasanya tampilan people also ask terdapat pada kolom khusus yang berbentuk blok dan fitur drop down ke website yang direkomendasikan Google.

Contohnya Anda menulis kata kunci “wisata pantai di Surabaya”, mesin pencari akan menampilkan kolom people also Ask yang berisi beberapa pertanyaan, seperti “apa nama pantai di Surabaya”, “apakah Surabaya ada pantai”, hingga “jarak kota Surabaya ke pantai”.

Knowledge Cards

Kembali lagi pada fakta bahwa cara kerja search engine itu luar biasa rumit demi memenuhi kebutuhan pengguna internet, Google kini memberikan fitur knowledge cards atau Kartu Pengetahuan yang diharapkan makin membantu user mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Knowledge Cards bisa muncul seperti saat Anda menuliskan kata kunci “serial Netflix Squid Game”. Kemudian di panel sebelah kanan mesin penelusuran akan memperlihatkan informasi penting dari kata kunci itu, seperti sinopsis hingga daftar pemain Korean series ‘SQUID GAME’ yang merupakan Knowledge Cards.

knowledge cards adalah salah satu fitur di search engine untuk meningkatkan kinerja situs

Image Packs

Dalam sebuah halaman hasil pencarian tidak hanya berupa cuplikan tulisan atau daftar tautan saja. Google juga menyematkan fitur Image Packs yang merupakan sejumlah gambar secara horizontal. Tentu saja bukan gambar biasa. Karena yang tampil di Image Packs adalah gambar-gambar sesuai dengan kata kunci yang dicari pengguna.

Instant Answer

Adakalanya Anda ingin tahu berapa suhu di Ranu Kumbolo. Tak perlu mendaki ke Semeru, Google bisa memberikan jawaban cepat lewat fitur Instant Answer. Dalam fitur ini, jawaban yang ditampilkan Google biasanya cuma berupa tulisan tanpa tautan ke sebuah situs. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna internet yang butuh informasi cepat.

Jika Anda sudah cukup paham bagaimana cara kerja search engine dan mengenal fitur pada search engine, tentu tak akan mengalami kesulitan berarti dalam membuat konten berkualitas. Dengan cara ini, konten-konten yang Anda buat bisa ditangkap berbagai fitur dalam mesin pencarian. Hasilnya pun akan membuat traffic organic ke website semakin meningkat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua