Unduh Aplikasi QuBisa
Pemanfaatan FGD untuk Pengembangan Bisnis
Strategy

Pemanfaatan FGD untuk Pengembangan Bisnis

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Pernahkah Anda mendengar soal FGD? FGD adalah kependekan dari Focus Group Discussion. Cara melakukan FGD tidak sulit, namun tetap membutuhkan langkah yang benar supaya bisa mencapai tujuan. FGD dan manfaatnya ada banyak, terutama untuk pengembangan bisnis. Dalam pelaksanaannya, teknik diskusi ini harus melibatkan sejumlah profesional dalam bidang masing-masing, seperti tim operasional, tim marketing, dan pihak-pihak lain yang punya tanggung jawab memastikan bisnis berjalan lancar.

FGD untuk pengembangan bisnis biasanya dilakukan saat ada kebutuhan ide baru, perlu melakukan inovasi, pengumpulan data lapangan, atau saat butuh riset pasar demi mempersiapkan strategi marketing yang baru. Selain itu, penyelenggaraan FGD akan sangat berguna ketika perusahaan hendak mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Jika dilaksanakan dalam dunia profesional, FGD biasa dilakukan oleh team HRD dalam rangka memutuskan calon karyawan yang akan direkrut. Jadi memang adanya FGD ini untuk diskusi profesional demi proses pengambilan keputusan terbaik. 

Cara Melakukan FGD

Lalu apa keistimewaan FGD dan manfaatnya? Bagaimana cara melakukan FGD yang benar? Pertama, Anda harus tahu pengertian FGD adalah sebuah teknik diskusi yang dilakukan untuk membahas topik spesifik. Anda perlu mengumpulkan sekelompok orang yang akan melakukan diskusi dan mengumpulkan pendapat atas suatu permasalahan yang sedang dicarikan solusinya. 

Dalam setiap pelaksanaan FGD, hanya boleh ada satu pemimpin diskusi yang akan mengawal jalannya diskusi, baik berupa diskusi formal maupun diskusi santai, supaya jalannya diskusi tidak monoton dan para peserta lebih terbuka dalam menyampaikan pendapat atau gagasan.

Tujuan FGD berbeda-beda. Jika diselenggarakan dalam dunia bisnis, maka sudah tentu bertujuan untuk survei, riset, pengumpulan data, pendapat, feedback, yang nanti hasil diskusi bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. 

dalam melakukan focus group discussion untuk pengembangan bisnis maka lakukan mendesain riset

Langkah-langkah yang biasanya dilakukan dalam forum diskusi grup ini, antara lain:

Mendesain Riset

Pada tahap ini, Anda perlu menentukan objek atau tujuan pelaksanaan FGD terlebih dahulu. Misalnya, fokus pembentukan grup diskusi untuk apa? Permasalahan apa yang sedang dicarikan jalan keluarnya? Solusi atau ide baru seperti apa yang dibutuhkan untuk merancang produk inovatif, dan sebagainya.

Dalam hal ini, Anda sebagai penyelenggara FGD bisa menunjuk satu orang fasilitator atau pemimpin FGD, kemudian memintanya mendesain riset yang dilakukan di dalam FGD, juga menyusun sejumlah pertanyaan yang masih relevan dengan tujuan diskusi diadakan. Untuk jumlah peserta FGD juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan, bisa antara 10-15 orang saja.

Mengumpulkan Data Selama Diskusi

Langkah melakukan FGD untuk pengembangan bisnis berikutnya adalah mengambil kesimpulan dari semua pendapat para peserta diskusi. Adapun langkah FGD dimulai dengan fasilitator memberitahu apa saja peraturan diskusi, dan kemudian menyampaikan salah satu contoh kasus yang akan dibahas, atau pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah itu, para peserta diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat masing-masing satu persatu atau langsung saling berdiskusi. Umumnya waktu yang diberikan sekitar 10 hingga 20 menit sesuai dengan jumlah peserta diskusi. Di akhir tahap ini, pemimpin atau fasilitator FGD akan melakukan pengumpulan data hasil dari diskusi yang telah dilakukan.

Setelah selesai melakukan FGD maka lakukan juga analisis dan evaluasi agar manfaat FGD bisa dirasakan

Analisis dan Evaluasi Wajib Dilakukan

Setelah mendapatkan data dari semua pendapat yang telah disampaikan oleh para peserta diskusi, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah analisis dan evaluasi dari diskusi tersebut. Jika dilakukan dengan benar dan semua anggota berpartisipasi aktif, maka akan banyak sekali ide-ide brilian yang bisa disaring untuk dijadikan ide produk baru, atau strategi bisnis yang akan dilaksanakan kedepannya.

Manfaat Focus Group Discussion adalah menemukan solusi untuk suatu masalah, mendapatkan wawasan atau insight baru mengenai suatu topik, menemukan strategi usaha yang paling terkini, dan masih banyak lagi. 

Sebagai pemilik usaha atau pebisnis yang hendak melakukan pengembangan bisnis, tidak ada salahnya Anda menyelenggarakan FGD dengan peserta diambil dari pelanggan atau pengguna produk dan layanan bisnis mereka, dan coba dengarkan masukan dari mereka untuk menentukan strategi bisnis baru yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua