Unduh Aplikasi QuBisa
Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kepercayaan Diri
Artikel
Psychology

Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kepercayaan Diri

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Percaya diri bisa diartikan sebagai perasaan yakin dengan diri sendiri atas kemampuan yang dimiliki dan dengan cara yang realistis. Anda merasa berharga dan pantas mendapatkan perlakuan yang baik, dicintai, juga dihormati dalam artian positif. Anda akan dikatakan sebagai orang yang percaya diri jika Anda merasa aman dan nyaman dengan diri sendiri, bisa mengandalkan keterampilan yang Anda miliki, siap menghadapi tantangan hidup, dan selalu berpikir positif.

Keyakinan dalam diri menjadi hal yang esensial karena Anda akan mampu bergerak maju dan berani mengambil peluang baik, yang akan mengantarkan taraf hidup Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Kepercayaan diri juga menjadi modal besar bagi Anda untuk kembali bangkit dari kegagalan.

Sebaliknya, kepercayaan diri yang rendah akan menghambat jalan hidup Anda karena Anda tidak punya keberanian untuk menerima tantangan. Tidak ada orang yang menginginkan itu terjadi. Hilangnya rasa percaya diri disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor ini mengubah cara pandang Anda terhadap diri Anda sendiri, serta mempengaruhi cara orang lain memandang diri Anda. Jika hal ini yang sekarang terjadi, Anda perlu segera memperbaiki rasa percaya diri sebelum terlambat.

Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Seseorang

Faktor yang mempengaruhi rendahnya kepercayaan diri terbagi menjadi dua kategori, internal dan eksternal. Faktor internal adalah hal-hal yang bersumber dari diri Anda sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah pengaruh dari luar yang berdampak pada tingkat kepercayaan diri Anda.

Trauma

Trauma merupakan salah satu faktor internal yang dapat menghapus rasa percaya diri. Trauma bisa terbentuk dari kenangan buruk yang masih membekas di alam bawah sadar tentang suatu peristiwa yang pernah Anda alami, misalnya pelecehan, sexual harassment, perundungan atau hal-hal lain yang menyakiti fisik dan mental Anda. Dampak dari trauma dapat mempengaruhi cara Anda menilai diri sendiri. Jika mengalami hal ini, sebaiknya Anda melakukan terapi trauma healing atau self healing yang bisa membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri kembali.

Keluarga

Keluarga bisa jadi faktor eksternal yang berkontribusi besar pada hilangnya keyakinan diri dan menjadi sumber stres yang Anda alami. Hal ini dibentuk melalui tidak adanya dukungan keluarga terhadap apa yang Anda lakukan, orang tua yang membandingkan pencapaian Anda dengan kerabat lain yang dianggap lebih sukses, atau mengkritik penampilan Anda. Walaupun ini berpengaruh pada persepsi Anda pada diri sendiri, Anda sebaiknya tidak menghakimi atau menyalahkan keluarga Anda. Cari jalan keluar untuk membantu diri Anda sendiri dan segera atasi stres, misalnya dengan menulis bebas.

Gen

Banyak hal yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Namun, mungkin Anda tidak percaya bahwa gen bisa berdampak pada tingkat kepercayaan diri. Nyatanya, sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah oleh Profesor Plomin dan rekannya Corina Greven dari Radboud University, Belanda, menemukan bahwa genetik mempengaruhi cara pandang siswa terhadap dirinya dan berdampak pada pencapaian mereka.

Media Sosial

Media sosial cenderung menampilkan kesempurnaan yang membuat Anda selalu merasa kurang dalam banyak hal, bahkan dapat menciptakan stigma bahwa Anda bisa bahagia jika memenuhi standar yang ditentukan oleh konten-konten tentang bahagia di media sosial.

Bagaimanapun, Anda tidak akan pernah bisa memenuhi ekspektasi orang lain tentang cara hidup yang sesuai standar orang lain. Ada baiknya, Anda lebih fokus pada diri sendiri dan abaikan saja gambaran tidak realistis tentang hidup ideal yang diberikan oleh masyarakat atau bentuk tubuh yang ideal.

Faktor Lain

Faktor lainnya yang dapat berdampak pada rasa percaya diri Anda adalah penampilan Anda, status sosial dan ekonomi, masalah kesehatan mental, hubungan percintaan yang tidak berhasil, hingga ketidaksempurnaan fisik yang Anda miliki. Hal yang harus Anda lakukan adalah fokus pada pencapaian bukan pada apa yang tidak Anda miliki.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jika Anda ingin memiliki kepercayaan diri yang baik sehingga bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, maka mulailah fokus pada kemampuan dan kelebihan yang Anda miliki, kemudian dengan sebaik mungkin. Di saat yang sama, Anda bisa terus menambah keahlian Anda dengan mengikuti berbagai pelatihan, webinar gratis atau kursus online. Semakin meningkat kemampuan dan keahlian yang Anda miliki, Anda pun bisa jadi lebih percaya diri dalam menjalani hidup, meningkatkan karir, bahkan merencanakan masa depan yang lebih baik. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua