Unduh Aplikasi QuBisa
Ini Etika Bekerja di Dunia Kerja yang Wajib Kamu Tahu
Artikel
Career Development

Ini Etika Bekerja di Dunia Kerja yang Wajib Kamu Tahu

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Etika dalam bekerja merupakan aturan normatif yang berisi prinsip moral dan sistem nilai yang menjadi pedoman ketika bekerja. Aturan ini dibuat untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu individu lainnya di lingkungan kerja. 

Etika karyawan atau etika di tempat kerja dapat menjadi rambu-rambu bagi karyawan dalam bersikap dan berinteraksi satu dengan yang lainnya. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan diri dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Etika Bekerja dalam Dunia kerja

Anda perlu mematuhi aturan normatif yang berlaku agar dapat menyikapi dan memaknai pekerjaan dengan baik sehingga Anda bisa terlihat jauh lebih profesional. Apa saja etika dalam bekerja yang berlaku umum di hampir semua perusahaan? Simak uraian berikut!

Tidak Membuat Kebisingan

Berbicara dan tertawa terlalu keras dapat mengganggu rekan kerja di sekitar Anda. Meskipun tidak ada larangan untuk mengobrol dan tertawa, namun sebaiknya Anda menjaga volume suara agar tidak mengganggu yang lain. Selain itu, hindari kebiasaan bergosip di tempat kerja. Ini merupakan salah satu etika di tempat kerja.

Anda juga sebaiknya tidak menyetel musik dengan volume yang besar. Hindari membuat kebisingan dengan mengetuk-ngetukkan sepatu maupun melempar buku ke meja dengan keras. Ketika sedang marah, mungkin Anda terpikir untuk berteriak atau menggebrak meja. Sebaiknya Anda menahan diri dan tetap bersikap tenang selama di tempat kerja.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

Ada atau tidak adanya petugas kebersihan di kantor, setiap karyawan wajib menjaga kebersihan. Ada rasa memiliki yang tumbuh sehingga dapat mencintai tempat kerja seperti rumah sendiri. Jangan mengotori meja kerja serta lantai di ruangan dan lingkungan kantor. Pastikan juga Anda tidak membuang sampah sembarangan. 

Petugas kebersihan memiliki deskripsi pekerjaan masing-masing dengan target yang harus dicapai. Mereka ditugaskan membersihkan area tertentu secara urut dengan waktu dan durasi yang telah ditentukan. Jika Anda menumpahkan minuman ke lantai, sebaiknya Anda membersihkannya sendiri. Menjaga kebersihan termasuk salah satu etika dalam bekerja. 

Jangan menggunakan toilet kantor terlalu lama

Tidak Menggunakan Toilet Terlalu Lama

Jika jabatan Anda belum tinggi sehingga kantor tidak menyediakan toilet khusus untuk Anda sendiri, maka artinya toilet yang tersedia akan digunakan oleh orang lain juga. Usahakan untuk menggunakan toilet seperlunya, tidak berlama-lama.

Mungkin di rumah Anda terbiasa menggunakan toilet sambil membaca novel, menonton video TikTok, atau melamunkan masa depan, maka kebiasaan tersebut sebaiknya tidak dibawa ke kantor. Hargai rekan-rekan Anda yang ingin menggunakan toilet juga.

Tidak Suka Mengadu

Sesama rekan kerja sering kali butuh curhat atau sekadar berkeluh kesah tentang masalah yang sedang dihadapi di kantor. Jika Anda mendengar keluh kesah seseorang, jangan mengadukannya ke orang lain. Apalagi mengadu ke atasan atau orang yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Anda dapat memberi saran atau solusi yang menentramkan jika dibutuhkan. Namun, hindari mengadu dan menceritakannya ke orang lain tanpa persetujuan. Anda perlu berhati-hati dalam bersikap dan berinteraksi di tempat kerja.

Tidak Melemparkan Kesalahan

Setiap karyawan memiliki tugas masing-masing. Sering kali tugas-tugas tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Jika satu orang melakukan kesalahan, maka orang lain juga bisa terkena imbasnya. Untuk bisa menyelesaikan tugas dengan baik, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

Bekerja dalam tim dan tidak melempar kesalahan kepada rekan lain

Jika terjadi kesalahan dalam bekerja bersama tim, sebaiknya Anda tidak menyalahkan rekan Anda atas dampak yang mengakibatkan terjadinya kesalahan pada tugas Anda sendiri. Jangan melemparkan kesalahan kepada orang lain. Jika diperlukan, kemukakan saja permasalahan yang terjadi tanpa harus menunjukkan kesalahan secara personal.

Beberapa perusahaan mungkin menerapkan etika dalam bekerja selain dari yang telah disebutkan di atas. Maka penting bagi Anda untuk memahami aturan normatif yang berlaku pada perusahaan tempat Anda bekerja. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua