Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat E-learning untuk Milenial di Zaman Teknologi Digital
Artikel
Motivation

Manfaat E-learning untuk Milenial di Zaman Teknologi Digital

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Di era digital industri 4.0 dan society 5.0, generasi milenial dan generasi Z semakin dimudahkan dalam banyak hal, termasuk peningkatan hard skill, juga soft skill. Hal ini karena tersedia banyak media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan diri. Salah satu media pembelajaran tersebut, ada yang namanya e-learning

E-learning adalah bukti bahwa teknologi terus berkembang dan menciptakan inovasi sesuai kebutuhan masyarakat. Tidak dapat dipungkiri jika milenial semakin mahir dalam menggunakan e-learning. Apalagi saat pandemi global menuntut Anda melakukan aktivitas secara remote. Para milenial harus mengikuti sesi kelas melalui platform e-learning.

Pembelajaran elektronik tidak hanya untuk pendidikan formal, namun juga dimanfaatkan pada pendidikan informal. Misalnya saja, kursus, seminar, atau workshop. Pemanfaatan e-learning sangat berguna untuk mengisi waktu selama work from home (WFH). Lantas apa itu e-learning dan manfaatnya bagi milenial di zaman teknologi digital ini?

Pengertian E-learning

E-learning merupakan singkatan dari electronic learning, atau pembelajaran elektronik, yang menggunakan perangkat elektronik dan biasanya memerlukan koneksi internet. Mark Bullen & Diana P Janes, dalam buku Making the Transition to E-Learning Strategies and Issues, mendefinisikan e-learning sebagai metode pembelajaran online yang berfungsi memfasilitasi proses belajar mengajar jarak jauh.

Ada banyak aplikasi pembelajaran online atau situs yang bisa dimanfaatkan. Salah satu contoh e-learning adalah website QuBisa. Platform belajar online Indonesia ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui iOS atau Android. Anda jadi lebih dimudahkan dalam mengakses materi belajar cukup dengan menggunakan ponsel.

belajar online gratis bersama Qubisa

Manfaat E-learning Bagi Milenial

E-learning menawarkan banyak sekali manfaat bagi Anda. Selain memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat belajar, masih ada banyak lagi kelebihan e-learning, seperti berikut ini.

Meningkatkan Kemandirian

Menggunakan e-learning memberikan Anda berkesempatan untuk memegang kendali atas proses pembelajaran. Anda dituntut untuk mandiri, baik dalam mengatur waktu, meningkatkan motivasi belajar, dan hal lainnya, yang menunjang kesuksesan belajar. 

Hemat Waktu dan Biaya

Pembelajaran elektronik membantu Anda dalam menghemat biaya administratif dan operasional. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk berangkat ke tempat belajar, seperti kampus atau sekolah. Bahkan di QuBisa, program KSM, program KDM, webinar online, dan kursus online, bisa diakses secara gratis. Untuk yang berbayar pun harganya terjangkau.

Materi Belajar Lebih Interaktif

E-learning memungkinkan Anda mengakses materi ajar yang profesional, lebih kreatif, dan interaktif, seperti dalam bentuk gambar, video, atau video animasi.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Pembelajaran daring membuat Anda tidak bisa melakukan tatap muka dengan pengajar. Hal ini akan sedikit menyulitkan Anda berdiskusi dengan coach, sekiranya ada materi yang tidak dipahami. Namun di saat yang sama, Anda jadi terlatih untuk mencari informasi tambahan secara mandiri dan melakukan self-study. Nah, self-study akan meningkatkan kemampuan belajar sekaligus meningkatkan konsentrasi Anda.

Pendekatan Belajar yang Santai

Pendekatan pembelajaran secara daring lebih sesuai untuk para milenial dibandingkan proses pembelajaran konservatif. Cara menyampaikan materi juga biasanya lebih santai dan informal. Pendekatan ini akan memudahkan Anda untuk menerima dan memahami materi yang diajarkan.

edukasi online menjadi pilihan saat masa pandemi

Mudah untuk Didokumentasikan

Belajar online tidak mengharuskan Anda mencatat semua materi dengan detail. Anda bisa menuliskan poin penting saja. Selain itu, Anda juga bisa merekam dan menyimpan materi yang disampaikan dalam bentuk digital. Belajar dengan menggunakan teknologi teleconference memungkinkan Anda merekam sesi pembelajaran dan menangkap layar slide yang dianggap penting.

Ramah Lingkungan

E-learning berkontribusi banyak bagi lingkungan. Karena tidak ada perjalanan menggunakan kendaraan bermotor menuju tempat belajar, setidaknya Anda turut mengurangi polusi udara dan suara. Selain itu, pembelajaran elektronik tidak mengharuskan Anda menggunakan banyak kertas, karena materi ajar disampaikan secara virtual. Hal ini tentu baik bagi kelestarian hutan dan mengurangi limbah kertas.

Melibatkan Partisipasi Anda

Walaupun dilakukan secara jarak jauh, bukan berarti pembelajaran online tidak bisa dilakukan secara interaktif. Dengan kata lain, Anda tetap harus terlibat secara aktif selama proses belajar mengajar. Beberapa teknik dapat diterapkan agar komunikasi dua arah dapat terjalin dengan baik, seperti teknik tanya jawab atau games, yang melibatkan semua pihak. Anda juga bisa mendiskusikan bagian yang belum dipahami dengan pengajar Anda atau dibantu oleh teman-teman lainnya.

Pilihan Selama Pandemi

Karena arahan untuk menjaga jarak atau physical distancing untuk memutus mata rantai COVID-19, e-learning merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk terus melanjutkan proses belajar mengajar. Materi ajar harus diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Hal ini berlaku bagi lembaga pendidikan formal maupun non formal. Secara formal, Anda bisa lulus tepat waktu dan tidak harus memperpanjang masa sekolah. 

Saat ini, e-learning diterapkan oleh institusi pendidikan hampir di seluruh negara. E-learning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui perangkat elektronik. Banyak manfaat yang didapatkan dari belajar menggunakan e-learning. Pembelajaran daring ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan generasi milenial dengan kemampuan autonomous learning yang baik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua