Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli
Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Punto Wicaksono01 Feb 244 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Apa itu digital marketing? Secara sederhana, digital marketing adalah cara memasarkan produk (baik barang dan jasa) dengan memanfaatkan berbagai platform digital sebagai medianya. Kalau kamu juga ingin menerapkan digital marketing,  pahami dulu yuk pengertian digital marketing menurut para ahli di artikel ini.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Para ahli dalam bidang digital marketing tentu memiliki banyak pertimbangan dan latar belakang dalam mendefinisikan digital marketing. 

Dari cara mereka menjelaskan apa itu digital marketing, kamu bisa mengambil inti penting mengenai pemasaran digital yang sesungguhnya. Jadi, apa itu digital marketing?

1. Digital Marketing Menurut Dibussi Tande (2018)

Menurut Dibussi Tande, digital marketing adalah teknik pemasaran produk atau jasa yang menggunakan media digital. Termasuk internet, perangkat seluler, dan perangkat lunak. Tujuannya untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

2. Coviello, Milley, dan Marcolin (2001)

Menurut ketiga ahli, yaitu Coviello, Milley, dan Marcolin, pengertian digital marketing adalah pemanfaatan teknologi dengan gaya yang interaktif, dalam rangka membuat ruang komunikasi yang tepat antara target pasar dengan perusahaan.

Fakta yang tak bisa dipungkiri digital marketing memang unggul dalam membangun interaksi. Sentuhan personal dan visual menjadi daya tarik tersendiri yang membuat audiens lebih mudah terpancing untuk saling berinteraksi.

3. Ryan Deiss (2016)

Menurut Ryan Deiss, pemasaran digital adalah proses mendapatkan pengunjung atau pelanggan baru melalui media digital, seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web.

4. Urban (2004)

Definisi digital marketing, menurut Urban, adalah kombinasi antara penggunaan teknologi informasi dengan internet untuk meningkatkan jangkauan pemasaran konvensional.

5. Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)

Sementara berdasarkan pendapat dari Ridwan dan Josua, definisi digital marketing adalah rangkaian pemasaran yang menggunakan situs atau website dan media lainnya. Media yang dimaksud di sini, antara lain adalah blog, surat elektronik, dan berbagai jaringan informasi lainnya.

6. Dave Chaffey dan PR Smith (2017)

Menurut Dave Chaffey dan PR Smith, arti digital marketing adalah penerapan teknologi digital dan media digital untuk menciptakan, mempromosikan, dan mendistribusikan produk serta layanan yang memberikan nilai tambah.

7. Chaffey (2009)

Chaffey berpendapat, maksud dari digital marketing merupakan penggunaan teknologi digital sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan pemasaran itu sendiri.

8. Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya (2017)

Menurut Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya, digital marketing adalah penerapan teknologi digital untuk menghubungkan, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

9. Heidrick dan Struggles (2009)

Heidrick dan Struggles mengatakan bahwa pemasaran secara digital meliputi penggunaan teknologi digital untuk kegiatan iklan. Sistemnya lebih tenang, mudah dan terencana, sehingga dapat memberikan dampak yang luar biasa. 

Yang dimaksud dengan kondisi lebih tenang adalah perusahaan tidak perlu melakukan sounding secara aktif untuk menarik konsumen. 

Inilah keistimewaan digital marketing karena kamu bisa merancang sistem promosi dan pemasaran yang tertarget untuk menjangkau pasar yang kamu inginkan. 

Apalagi ada dukungan berbagai perangkat, alat, tools digital marketing, dan aplikasi yang akan memudahkan proses  pengerjaannya. 

Ingin belajar digital marketing dan memiliki skill ini? Klik banner di bawah ini dan langsung daftarkan dirimu untuk mengikuti bootcamp digital marketing dengan jaminan kerja di QuBisa.

Apa Fungsi Utama Digital Marketing?

Fungsi utama digital marketing adalah meningkatkan penjualan secara cepat. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu produk hanya melalui internet. Cara ini sudah tentu efektif karena pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Secara umum, para ahli di atas memiliki pandangan yang sama mengenai digital marketing, yaitu penggunaan teknologi digital dan pemanfaatan media digital untuk mempromosikan produk atau jasa, meningkatkan jangkauan pasar, dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

Setelah memahami berbagai definisi digital marketing dari para ahli di atas, selanjutnya Anda juga perlu tahu jenis digital marketing yang bisa Anda gunakan. Pahami penjelasan lengkapnya di sini: 9 Jenis Digital Marketing yang Wajib Pebisnis Tahu.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua