Unduh Aplikasi QuBisa
Critical Thinking dan Problem Solving untuk Milenial
Artikel
Personal Development

Critical Thinking dan Problem Solving untuk Milenial

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Hidup di tengah perkembangan teknologi serta persaingan global yang sedemikian tinggi dan dengan gerak yang cepat, menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang, termasuk bagi generasi milenial. Critical thinking dan problem solving menjadi kemampuan yang harus dimiliki agar dapat bersaing. Kedua softskill tersebut tentu tidak didapatkan begitu saja, melainkan perlu dilatih.

Sudah bukan zamannya mengikuti arus, waktunya bagi generasi milenial meraih suksesnya sendiri. Caranya, adalah dengan meng-upgrade kemampuan diri agar tidak kalah bersaing dan dapat memiliki pencapaian yang diinginkan.

Memahami Critical Thinking dan Problem Solving

Apa sebenarnya yang dimaksud critical thinking dan problem solving? Satu persatu akan dibahas agar dapat lebih dipahami.

Critical Thinking

Critical thinking atau keterampilan berpikir kritis, artinya tidak begitu saja menerima informasi yang datang. Kita perlu mencari kebenaran dari informasi tersebut, melihat dari berbagai perspektif, atau jika perlu berpikirkan dengan menggunakan 6 Topi Berpikir

Teknik critical thinking adalah kemampuan berpikir secara rasional dan melibatkan diri dalam pemikiran reflektif. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, Anda lebih mudah memahami sudut pandang orang lain, tidak terlalu terpaku pada pendapat Anda sendiri, dan lebih terbuka terhadap pemikiran, ide, atau pendapat orang lain, serta bisa mulai mendorong munculnya innovation mindset.

Problem solving

Problem solving, atau kemampuan menyelesaikan masalah, merupakan kemampuan yang wajib dimiliki generasi milenial. Kemampuan ini berguna saat dihadapkan pada kondisi yang sulit sehingga mampu fokus pada solusi, bukan pada masalah yang dihadapi. 

Setiap masalah yang datang, memang sudah seharusnya masalah cepat diselesaikan. Masalah yang dibiarkan berlarut-larut bisa menjadi bom waktu, yang seharusnya berdampak kecil jadi memiliki dampak yang besar. Hal berikutnya, Anda juga perlu memahami perbedaan permasalahan dan persoalan demi menemukan solusi terbaik.

Globalisasi dan kemajuan teknologi telah menghancurkan batas-batas yang menimbulkan persaingan global. Tantangan yang harus dihadapi juga kian beragam, maka dari itu kemampuan problem solving harus dimiliki agar tidak mudah kalah dengan keadaan.

Menumbuhkan Kemampuan Critical Thinking dan Problem Solving

Kemampuan critical thinking dan problem solving tidak dapat begitu saja dimiliki seseorang. Butuh cara untuk menumbuhkan kemampuan ini. 

Identifikasi Masalah

Setiap sisi kehidupan akan selalu menghadirkan tantangan tersendiri, entah dalam kehidupan sehari-hari, dalam pekerjaan, dalam rumah tangga, bahkan urusan anak. Ketika terjadi masalah, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan identifikasi terhadap permasalahan tersebut. 

Untuk itu, Anda perlu memiliki kemampuan analisa masalah, melihat dari berbagai sudut pandang, kemudian memikirkan solusi yang bisa memecahkan masalah, bahkan jika perlu memikirkan beberapa solusi sekaligus. Selanjutnya, baru Anda mengambil keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah itu. 

Agar bisa melakukannya, Anda perlu memahami teknik pengambilan keputusan yang didasari oleh data dan fakta, sehingga keputusan yang diambil dapat lebih akurat serta tepat sasaran. Cerdas menganalisis permasalahan dan jitu dalam pengambilan keputusan akan mengantarkan Anda pada solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah, atau bisa jadi malah bisa memanfaatkan peluang yang datang bersamaan dengan kehadiran masalah tadi. 

Pahami Kebutuhan dan Minat Orang Lain

Kemampuan untuk mengakomodir kebutuhan dan minat setiap orang yang terlibat dalam suatu masalah juga perlu Anda miliki. Tujuannya, agar bisa mengambil keputusan terbaik yang mampu menguntungkan semua pihak atau minimal tidak ada yang dirugikan. Dalam hal ini, critical thinking dan problem solving berperan penting.

Hadapi Setiap Masalah yang Datang dengan Tenang

Menghadapi masalah hingga bisa menemukan solusi terbaik membutuhkan kemampuan berpikir yang baik, juga pengendalian diri. Dengan kata lain, Anda perlu kemampuan untuk menghadapi masalah dengan tenang. Ketenangan ini nantinya membuat Anda mampu berpikir dengan jernih, bahkan bisa melihat hal-hal yang sebelumnya mungkin terlewatkan. 

Artikel critical thinking dan problem solving untuk milenial ini sebenarnya bisa pula berlaku bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Tidak ada salahnya mempelajari kedua softskill ini karena keduanya akan sangat membantu Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari di bidang apa pun yang saat ini Anda tekuni. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua