webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Contoh Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Psychology | 06 Feb 6 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
Contoh Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan komunikasi intrapersonal dan interpersonal pada pembahasan sebelumnya? Jika belum, Anda perlu membaca terlebih dahulu bahasan tersebut, kemudian baru kembali membaca artikel ini. Tujuannya, agar Anda tidak bingung untuk memahami contoh komunikasi intrapersonal dan interpersonal dalam bahasan kali ini. 

4 Teori yang Meneliti Aspek Komunikasi Intrapersonal

Sebelum membahas lebih lanjut terkait contoh komunikasi intrapribadi dan interpersonal, mari pahami dulu teori yang meneliti aspek komunikasi intrapersonal. Komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi merupakan komunikasi yang terjadi dalam diri Anda sendiri. Setidaknya ada 4 (empat) teori yang meneliti aspek komunikasi intrapersonal, yaitu:

Teori Message Design Logic

Setiap orang atau individu tentu memiliki pemikiran berbeda-beda terhadap suatu hal, sehingga pada teori ini terdapat 3 jenis logika perancangan, yaitu: expressive message logic, conventional design logic, dan rhetorical message design logic.

Teori Akomodasi Komunikasi

Menurut teori ini, saat proses berkomunikasi berlangsung, umumnya individu berupaya untuk mengurangi dan meningkatkan perbedaan diri mereka dengan orang lain. Teori akomodasi mengacu pada pertanyaan, bagaimana dan mengapa orang memodifikasi atau mengubah perilaku komunikasi di situasi yang berbeda. 

Teori ini dikembangkan oleh Howard Giles dan teman lainnya untuk memahami perbedaan dan kesamaan budaya yang biasanya berkaitan dengan bahasa dan tutur kata

contoh komunikasi intrapersonal dan interpersonal

Teori Pengurangan Ketidakpastian

Teori yang dirumuskan oleh Charles Berger dan Richard Calabrese ini menjelaskan dan memprediksi mengapa, kapan, dan bagaimana individu akan berkomunikasi untuk meminimalisir keraguan saat berinteraksi dengan orang lain. Pada teori terdapat beberapa asumsi yang digunakan yaitu:

  • Tujuan utama komunikasi adalah meminimalisir ketidakpastian yang dirasakan individu terhadap sekitarnya.
  • Setiap individu mengalami ketidakpastian, sehingga akhirnya bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam diri mereka.
  • Komunikasi dijadikan alat untuk mengurangi ketidakpastian yang terjadi.

Teori Pelanggaran Harapan

Teori ini memiliki asumsi bahwa manusia memiliki kebutuhan akan ruang pribadi dan juga afiliasi. Saat menerima satu kebutuhan yang sudah dikompromi atau terdapat persetujuan, maka teori ini memprediksi bahwa Anda akan mencoba melakukan sesuatu terkait hal tersebut. Pada teori ini juga terdapat 3 konsep pelanggaran harapan yaitu:

  • Pengharapan merujuk pada apa yang menjadi antisipasi oleh seorang individu  dalam suatu situasi yang berdasarkan pada hubungan, konteks, dan juga karakteristik komunikator.
  • Pelanggaran valensi merupakan evaluasi, baik positif maupun negatif yang dibuat tentang perilaku yang tidak Anda antisipasi atau perhitungkan sebelumnya .
  • Komunikator menghargai valensi yang merupakan evaluasi tentang seseorang yang berkomitmen terhadap pelanggaran.

Teori pelanggaran harapan ini dicetuskan oleh Judee Burgoon beserta rekannya yang ditujukan untuk menjelaskan berbagai perilaku manusia ketika ruang pribadinya mengalami pelanggaran atau gangguan. 

Contoh Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Seperti yang sudah ada pada pembahasan sebelumnya, komunikasi intrapersonal ini merupakan komunikasi yang banyak dilakukan untuk lebih mengenal ataupun memahami diri sendiri. Di bawah ini ada beberapa contoh komunikasi intrapersonal yang biasa dilakukan yaitu:

  • Diri sendiri dengan Tuhan Yang Maha Esa. Komunikasi ini digolongkan ke dalam komunikasi intrapersonal karena komunikasi yang dilakukan berupa doa yang diucapkan oleh diri sendiri dan untuk diri sendiri.
  • Adaptasi dan sosialisasi di masyarakat, berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan pada saat berinteraksi bersama orang baru. Biasanya cenderung berpikir dan berdialog di dalam hati dan memikirkan apakah dirinya dapat beradaptasi dengan lingkungan dan juga karakteristik masyarakat tertentu. Di sini penting untuk memahami rantai pikiran, perasaan, dan perilaku.
  • Komunikasi media sosial umumnya dilakukan ketika menulis status di media sosial. Meskipun tujuannya untuk dilihat orang lain, namun yang ditulis justru mengenai perasaan sendiri, yang cenderung lebih memamerkan emosional diri sendiri untuk menceritakan kehidupan diri sendiri.
Perbedaan komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal juga contohnya
  • Keberadaan persepsi, karena setiap orang biasanya memiliki sudut pandang atau persepsi yang berbeda. Persepsi merupakan sebuah tindakan saat menafsirkan suatu informasi dengan memberikan pemahaman pada sebuah permasalahan.
  • Pencarian jati diri, sebab setiap individu itu unik, memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga untuk membangun karakter yang ada diperlukan pencarian jati diri. Pencarian jati diri biasanya terfokus pada hal yang mengandalkan diri sendiri, membangun kepercayaan diri, menenangkan diri, dan hal –hal lain yang berkaitan dengan personal, termasuk di dalamnya paradigma positif tentang diri sendiri.
  • Intropeksi diri mengenai berbagai masalah atau kesalahan yang dilakukan Komunikasi ini biasanya dilakukan untuk merenungkan diri, memaafkan dan melupakan masa lalu dirinya, serta mendorong individu untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Jatuh cinta. Orang yang sedang mengalami kasmaran akan cenderung membayangkan sesuatu yang indah tentang dirinya bersama orang yang disukainya. Proses mengkhayal ini biasanya berhubungan dengan proses berpikir, sehingga dinamakan komunikasi intrapersonal.

Sementara untuk contoh komunikasi interpersonal atau antarpribadi berbeda dengan komunikasi intrapersonal yang lebih melibatkan diri sendiri. Komunikasi interpersonal akan melibatkan orang lain di dalamnya. 

Seperti pada saat Anda berpidato di depan khalayak umum, melakukan public speaking, rapat atau meeting, berbicara dengan orang lain, kegiatan video call, ataupun hal-hal lain yang dilakukan oleh diri sendiri bersama sang lawan bicara.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami perbedaan komunikasi intrapersonal dan interpersonal berdasarkan contoh di atas. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan Anda pengetahuan tentang komunikasi intrapersonal dan interpersonal.

Artikel Terkait

Ke Atas