Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
Artikel
Career Development

Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Cepat beradaptasi umumnya menjadi tuntutan untuk dapat bekerja dengan baik dan bisa membantu dalam mencapai kesuksesan karir. Mengingat meniti karir di tempat kerja yang baru kerap membuat Anda khawatir dan merasa tidak nyaman. Mengapa? Karena Anda harus mempersiapkan diri untuk memulai segalanya dari nol.

Berdasarkan pandangan Ilmu Psikologi, adaptasi adalah kemampuan diri menyesuaikan dengan suatu lingkungan. Anda dituntut peka mempelajari tindakan dan sikap baru yang mungkin belum pernah didapatkan sebelumnya. Hubungan Anda dengan orang lain dan lingkungan sekitar akan membuat pekerjaan Anda sesuai dengan output kerja yang ditargetkan.

Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Baru

Apa saja hal-hal penting yang harus dilakukan di tempat kerja baru? Ikuti cara cepat beradaptasi berikut ini.

Adaptasi dengan Benar 

Anda tidak perlu was-was berlebihan karena faktanya orang yang berada di sekeliling Anda juga berusaha beradaptasi dengan Anda. Lakukan adaptasi dengan benar dan belajar menguasai tanggung jawab pekerjaan secara cermat. Ingatlah tujuan Anda adalah bekerja. 

Cara cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru bisa dimulai dengan membuat diri Anda merasa nyaman pada pola kerja, serta jalinlah koordinasi yang baik dengan rekan kerja, juga atasan atau pimpinan Anda.

Memperkenalkan Diri secara Santun

Sekalipun Anda telah memiliki pengalaman di tempat kerja lama, ingatlah bahwa di lingkungan kerja baru belum tentu memiliki pola kerja yang sama. Perkenalkan diri Anda secara santun dan bersikaplah profesional. Jalinlah komunikasi yang baik, seperti bertanya dan berdiskusi tentang proyek bersama rekan kerja secara hangat, menyenangkan.

Coba juga mengambil kursus online gratis di QuBisa aplikasi belajar online untuk mempelajari Trik Bagi Karyawan Baru Agar Mudah Berbaur dengan Rekan Kerja dan Tips Sukses Masa Probation Agar Dinilai Terbaik Oleh Atasan dan Rekan Kerja.

Memperkenalkan diri secara sopan adalah salah satu cara agar cepat beradaptasi di tempat kerja baru

Pahami Budaya Kerja

Ada peraturan secara tertulis yang dapat dibaca dan dipahami. Walaupun demikian peraturan tidak tertulis yang menjadi budaya kerja di kantor juga perlu Anda cermati. Tidak ada salahnya Anda melihat bagaimana cara berkomunikasi di lingkungan kerja atau memahami gaya berbusana (personal grooming) pada saat rapat maupun kegiatan resmi lainnya. Pendekatan ini akan membuat Anda dan rekan kerja menjadi lebih akrab.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Apabila Anda memiliki kebiasaan datang terlambat di kantor lama, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Mulailah dengan sikap yang lebih positif. Pindah di lingkungan kerja baru adalah momentum bagi Anda untuk berbenah diri. Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai sukses, menjadi diri yang lebih disiplin, dan menghargai waktu.

Jangan Menutup Diri 

Sekalipun Anda bukan orang yang mudah bergaul, cobalah untuk menyapa rekan kerja terlebih dahulu. Suasana yang nyaman dan hangat akan membuat Anda semakin semangat dalam bekerja. Tanyakan kabar mereka hari itu atau keluarga mereka. Kemudian sapalah dengan penuh perhatian dan tidak berlebihan. 

Kedekatan ini termasuk hal-hal penting yang harus dilakukan di tempat kerja baru karena akan membuat Anda tidak lagi canggung bertanya apabila ada proyek pekerjaan yang membutuhkan bantuan rekan kerja.

cara cepat beradaptasi di tempat kerja bisa dengan membangun suasana hangat dan nyaman melalui senyum serta sapaan Anda pada rekan kerja

Hindari Konflik

Kedekatan dengan rekan kerja atau tim membuat Anda terlihat solid. Namun, percikan konflik antar tim pasti terjadi dan kerap membuat suasana kantor menjadi kurang nyaman. Tak perlu membela ataupun berada pada kubu yang sedang berkonflik, tetaplah bersikap profesional pada pekerjaan Anda.

Jika Anda ingin cepat beradaptasi di lingkungan kerja baru, sebaiknya Anda tak perlu terlampau memaksakan diri. Tetaplah menjadi diri sendiri dan pahami pola kerja serta aturan yang berlaku di kantor. Adaptasi bisa dilakukan secara natural, sehingga Anda merasa nyaman dan bekerja secara produktif di suasana kerja yang baru.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua