Unduh Aplikasi QuBisa
Mengelola Emosi secara Cerdas di Semua Kondisi
Psychology

Mengelola Emosi secara Cerdas di Semua Kondisi

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Kemampuan mengelola emosi bukan hanya untuk orang tertentu dan dalam kondisi khusus saja. Namun perlu miliki oleh semua orang. Emosi negatif yang tidak dikelola dengan baik dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan mempengaruhi kinerja serta produktivitas. Bahkan dapat memberi pengaruh pula dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengeluarkan emosi negatif dengan positif.

Emosi Dasar Manusia

Dilansir dari Psychology Today, psikolog Paul Ekman pada tahun 1970-an mengidentifikasi ada enam emosi dasar yang secara universal dialami manusia, yakni marah, takut, kaget, jijik, sedih, dan bahagia. Selanjutnya perasaan sombong, malu, dan gembira juga ditambahkan ke daftar emosi dasar tersebut.

Secara umum, emosi dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu emosi positif dan emosi negatif. Perasaan yang menyenangkan seperti bahagia dan gembira termasuk sebagai emosi positif. Sedangkan contoh emosi negatif paling umum adalah perasaan marah atau perasaan tidak menyenangkan. Jika perasaan negatif ini tidak dikendalikan dapat menyebabkan perbuatan destruktif

Walaupun termasuk emosi negatif, marah merupakan salah satu emosi dasar manusia. Misalnya saja marah karena kekasih ghosting, mengalami mom shaming, dan sebagainya, Ekspresi kemarahan setiap orang berbeda-beda, ada marah yang sehat dan marah yang tidak sehat. Demi kesehatan mental, Anda perlu mengelola setiap perasaan yang muncul dengan baik.

Marah yang sehat merupakan kemarahan yang dilandasi alasan tepat dan diekspresikan secara proporsional. Sedangkan marah yang tidak sehat tidak dilandasi alasan kuat dan diekspresikan dalam tindakan destruktif. Dari sini terlihat, penting bagi Anda untuk memahami faktor yang mempengaruhi kondisi emosi.

Anda harus mampu mengelola emosi di setiap kondisi

Mengelola Emosi secara Cerdas di Semua Kondisi

Apa yang harus dilakukan ketika sedang marah dan bagaimana cara melepaskan emosi negatif? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar lebih terlatih dalam mengelola emosi di semua kondisi.

Pejamkan Mata dan Tarik Napas yang Dalam

Saat ada kejadian yang tiba-tiba membuat marah, sebaiknya Anda langsung mengambil jeda beberapa detik untuk menenangkan diri. Pejamkan mata dan tarik napas yang dalam secara perlahan. Ini dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Kemampuan untuk melakukan self hypnosis akan sangat membantu Anda dalam hal ini.

Menulis Kalimat Positif

Untuk melepaskan emosi yang sedang melanda di dalam hati, Anda juga bisa melakukan self healing dengan menulis kalimat positif, menulis jurnal harian, atau mengalihkan perhatian Anda pada kegiatan positif dan produktif. Tujuannya untuk meningkatkan self awareness atau kesadaran diri.

Relaksasi Otot dan Olahraga

Salah satu cara melepaskan emosi negatif yang efektif adalah melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang mendorong munculnya paradigma positif. Anda juga dapat melakukan relaksasi otot, seperti peregangan otot leher, bahu, tangan, dan lainnya agar lebih rileks.

Mendengarkan Musik

Cara mengelola emosi selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik yang Anda sukai. Carilah tempat yang tenang dan gunakan earphone untuk mendengarkan lagu favorit. Biarkan alunan lagu mengikis emosi negatif yang sedang Anda rasakan. 

Lakukan Hal Menyenangkan

Selain mendengarkan musik, ketahui aktivitas apa yang dapat membuat Anda bahagia. Lakukan hal menyenangkan yang menjadi kegemaran Anda, misalnya melukis, memasak, merawat tanaman, dan sebagainya.

Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan menyenangkan

Atau coba isi hari Anda dengan mengikuti webinar gratis yang diselenggarakan QuBisa. Ada banyak materi yang menyenangkan, bermanfaat, dan bisa menginspirasi Anda di platform belajar online ini.

Beberapa materi menarik yang bisa Anda ikut, antara lain:

Mencurahkan perasaan dalam tulisan di buku harian juga bagus dilakukan dan termasuk efektif untuk mengelola emosi. Anda dapat mengeluarkan emosi negatif dengan cara lebih positif melalui tulisan. Curahkan saja semuanya sampai lega di buku harian. Sesudahnya, perasaan akan terasa jadi lebih baik.

Jika dibutuhkan, Anda dapat melakukan konseling kepada ahlinya, yakni psikolog maupun psikiater. Psikolog dan psikiater dapat membantu menemukan penyebab dari masalah dan melatih Anda mengelola emosi.

Emosi negatif seperti kemarahan pasti dimiliki oleh semua manusia. Rasa marah ini dapat muncul kapan saja sesuai dengan kejadian yang dialami masing-masing orang. Dengan menguasai cara mengelola emosi secara cerdas, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai kondisi yang harus dihadapi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua