Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membangun Brand Awareness untuk Mendapatkan Lebih Banyak New User
Artikel
Digital Marketing

Cara Membangun Brand Awareness untuk Mendapatkan Lebih Banyak New User

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Brand awareness merupakan kesadaran konsumen akan suatu merek, di mana konsumen akan langsung mengenali brand saat mendengar atau melihat ciri tertentu atau keunikan dari brand tersebut, seperti nama, tagline, logo, atau simbol brand. Semakin tinggi brand awareness yang bisnis Anda miliki, maka akan semakin bagus efeknya bagi perkembangan bisnis, bahkan bisa meningkatkan jumlah pelanggan baru. 

Bagaimana cara membangun brand awareness yang tepat? Simak tulisan ini sampai selesai yang akan membahas secara lengkap mengenai cara untuk membangun tingkatan brand awareness

5 Tips Membangun Brand Awareness untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan Baru

Jalin Kerja Sama dengan Para Influencer 

Pada era digital seperti sekarang, tak bisa dipungkiri kalau popularitas influencer di dunia maya sangatlah luas. Anda bisa lihat betapa sering suatu produk laku terjual atau sold out, karena sang pemilik produk atau brand menjalin kerja sama dengan influencer, seperti selebgram, selebtweet, TikToker viral, untuk mempromosikan produk miliknya. 

Melihat dari kesuksesan cara promosi dengan menggunakan jasa influencer ini, tak ada salahnya Anda mencoba cara yang sama untuk meningkatkan kesadaran merek bagi produk, layanan bisnis maupun jasa, yang Anda jual. Jika misalnya target pasar yang Anda lirik adalah para remaja, Anda bisa gunakan jasa influencer yang memiliki banyak penggemar dari kalangan usia tersebut.   

Agar tak salah pilih saat hendak menjalin kerja sama dengan influencer, ikuti beberapa tips yang telah disediakan aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

Bangun Networking untuk Bisa Bekerja Sama dengan Brand Ternama

Tak cukup hanya dengan menjalin kerjasama dengan influencer saja, Anda juga bisa mencoba membangun networking dan bekerja sama dengan brand lain yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat. Baiknya citra yang dimiliki oleh brand ternama tersebut akan memberi imbas positif bagi brand Anda, sehingga akan banyak orang mencari tahu tentang brand atau produk Anda.

contoh brand awareness dengan membuat ciri khas brand

Bangun Ciri Khas dari Brand Anda dengan Unik dan Menarik

Anda tentu sudah paham apa itu brand awareness? Salah satu langkah untuk bisa membangun branding bisnis adalah dengan memberikan ciri khas tersendiri bagi brand yang Anda bangun. Dengan kata lain, brand milik Anda harus punya personality yang unik, menarik, dan mudah dikenali, yang kemudian membedakan brand Anda dengan brand lainnya.

Misalnya saja, Anda ingin masyarakat luas mengenal brand Anda sebagai brand pilihan anak muda. Nah, Anda bisa tonjolkan ciri brand anak muda tersebut dari pilihan warna atau desain produk yang gayanya khas anak muda banget. Dengan begini, saat orang membicarakan tentang produk anak muda, maka yang terlintas di benak mereka otomatis merujuk pada brand milik Anda.

Untuk lebih memahami mengenai brand, branding, dan brand awareness, coba pelajari lebih lanjut dari microlearning berikut ini:

Manfaatkan Media Sosial secara Efektif

Meningkatkan keberadaan produk dan bisnis Anda sehingga membuat konsumen menyadari kalau produk Anda hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, bisa pula Anda lakukan melalui media sosial. Untuk itu, Anda perlu menyediakan konten-konten yang menarik pada tayangan media sosial demi menarik perhatian calon konsumen. Pastikan konten di media sosial bisnis Anda memiliki kualitas yang jempolan, serta perhatikan juga keaktifan dalam menghadirkan konten secara konsisten.

cara membangun brand awareness melalui media sosial

Semakin menarik konten yang Anda sediakan, maka akan semakin bisa menarik minat banyak orang. Ketika banyak orang menyukai konten Anda, bahkan mereka sudah pula mencoba produk yang Anda jual, mereka tak akan segan merekomendasikan bisnis Anda kepada relasi, keluarga, maupun teman di jaringan mereka. Dengan cara inilah engagement rate di media sosial brand Anda akan meningkat, yang kemudian berefek pada makin meningkatnya brand awareness, bahkan penjualan produk.

Gunakan secara Optimal Strategi Promosi Offline

Jangan hanya terpaku pada pemasaran secara online saja. Anda juga perlu memanfaatkan offline campaign atau promosi secara offline untuk membuat lebih banyak orang kenal dengan brand Anda. Offline campaign bisa dilakukan dengan cara mengiklankan produk lewat billboard, poster, brosur, dan media offline lainnya. Bukankah semakin banyak yang melihat iklan produk dan bisnis Anda, maka akan semakin banyak pula orang mengenal brand Anda?

Memaksimalkan berbagai cara membangun brand awareness memang bukan perkara gampang, namun bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sebagai pelaku bisnis melakukan berbagai strategi yang tepat untuk promosi demi peningkatan brand awareness ke arah yang lebih baik. Jadi, tunggu apa lagi? Aplikasikan cara meningkatkan brand awareness dalam artikel ini agar brand Anda makin banyak dikenal orang.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua